Datsun Cross 2018: Lebih Gagah dari Kakaknya

ulinulin.com – Datsun Cross 2018 | Datsun Go

Datsun mengenalkan model terbaru Datsun Cross 2018 awal tahun ini. Mobil berkelamin crossover ini memang masih mirip-mirip model sebelumnya Go dan Go+. Hanya saja, ia bukan lagi LCGC (low cost green car) dan punya tongkrongan lebih gagah dengan sejumlah fitur baru di dalamnya.

Salah satu kelebihan Datsun Cross 2018 adalah tersedianya pilihan transmisi otomatis. Opsi ini tidak diberikan kepada Go dan Go+ Panca. Dengan harga 163 juta (manual) dan 175 juta (CVT), Cross juga berniat mencopot label ‘mobil murah’ yang disandang kedua kakaknya lewat sejumlah fasilitas. Apa saja? Simak ulasan berikut ini:

Eksterior

Melihat Datsun Cross 2018 Anda rasanya sulit tidak mengabaikan wajah dan bodinya. Tongkrongannya tampak lebih modern dan gagah. Terutama pada desain lampu barunya yang lebih menyipit dengan LED positioning lamp dan projector lens di dalamnya. Posisi lampu kabut memang lebih naik dari Go+ dan mungkin terkesan aneh awalnya.

Grillnya sendiri masih menggunakan desain sama dengan Go+. Namun, tambahan desain bumper silver dengan aksen ala serat karbon di sirip di sudut kiri dan kanan bawah bikin kesan gagahnya jadi lebih kuat.

Bila melihat bodi dari sisi samping, kelihatan jelas kalau Cross lebih tinggi. Itu karena jarak ke tanahnya (ground cleracence) 200 mm, lebih tinggi 30 mm dari Datsun Go. Pemilihan pelek 15 inci dan ban yang lebih tebal diklaim sebagai salah satu pendukung ketinggian. Sebagai pemanis, side skirt hitam yang memanjang dari depan ke belakang juga bikin Cross tampil beda dari pendahulunya.

Ke belakang, fitur baru yang menonjol adalah wiper untuk kaca belakang dan sepasang sensor parkir. Sementara desain buntut masih sama dengan pendahulunya, kecuali pelindung bumper berwarna silver dan hiasan aksen carbon fiber serta desain knalpotnya yang baru. Oh, iya, atap Cross juga sudah dilengkapi roof rail. Berguna buat Anda yang berniat bepergian jauh atau mudik menggunakan mobil ini dan membawa barang bawaan seberat 30 kg.

Interior

Kesan sedikit lebih mewah tampak begitu Anda memasuki kabin. Itu berkat desain dashbord-nya yang dikemas aksen karbon dan head unit berlayar sentuh 6,75 inci yang bisa tersambung ke smartphone. Corak joknya juga terlihat lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja, fitur pengatur AC masih tergolong sederhana, dua kenop pengatur dingin dan kipas.

Kelengkapan lainnya, dua buah cup holder di konsol tengah dan dua masing-masing di pintu kanan dan kiri kabin pengemudi. Sayangnya ia tidak ikut disediakan di pintu bangku kedua dan ketiga. Sama seperti di kabin, penggunaan material keras di pintu juga masih dipertahankan.Yang paling menarik dari Datsun Cross 2018 adalah ia sudah dilengkapi dengan power window dan fitur pengatur cermin spion samping secara elektrik. Fitur keamanannya juga tergolong andal, yakni dua buah airbag, ABS, dan EBD stability control.

Bicara luas kabin, baik lebar dan tingginya masih memadai untuk orang setinggi 170-an cm. Meski khusus untuk bangku belakang, orang dewasa sebaiknya tidak memaksakan, karena memang didesain untuk diduduki anak kecil saja. Ketujuh kursi penumpang juga sudah dilengkapi sabuk pengaman. Oh iya, Datsun Cross 2018 tidak memiliki ruang bagasi bila diisi tujuh penumpang. Bangku belakang harus dilipat bila ingin menaruh barang di dalam.

Mesin

Datsun Cross 2018 h mengadopsi teknologi Nissan. Tenaga yang bisa dicapai di kisaran 68 PS dan 78 PS di 5.000 rpm-6.000 rpm tergantung jenis transmisi yang digunakan. Kapasitas tangki bensinnya 35 liter.

Kesimpulan

Datsun Cross 2018 memiliki tampilan dan fitur lebih baik dari Go dan Go+ Panca. Bodi lebih tinggi membuatnya cocok diajak ke luar aspal. Fitur keamanannya lebih lengkap seperti airbags, ABS (antilock braking system, dan stability control). Fitur menonjol lain adalah desain kabin pengemudi, head unit, dan power window untuk keempat jendela.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”