Demi Supercar Listrik, Porsche Akuisisi Perusahaan Baterai Amerika

ulinulin.com – STUTTGART – Sejalan dengan rencananya memproduksi kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan, Porsche baru saja mengakuisisi saham Group14 Technologies yang merupakan produsen baterai lithium-ion asal Amerika Serikat. Pada transaksi tersebut Porsche mengumpulkan US$ 100 juta dan menjadikannya investor utama dengan pendanaan seri C di mana beberapa perusahaan menginvestasikan total 400 juta dolar AS.

Dari pendanaan tersebut nantinya Group14 Technologies akan menggunakan peningkatan modal untuk mempercepat produksi bahan anoda untuk baterai lithium-ion di seluruh dunia. Rencananya perusahaan yang berpusat di Washington juga akan mendirikan pabrik baru untuk produksi bahan aktif baterai (BAM) di AS. Group14 nantinya akan memasok baterai untuk kebutuhan kendaraan listrik Porsche melalui Cellforce Group yang merupakan anak perusahaan dari Porsche dan Customcells Holding.

Kerjasama ini juga didorong oleh permintaan pasar baterai lithium yang berkembang pesat di seluruh sektor industri termasuk perusahaan otomotif. Group14 akan memastikan bahwa Cellforce akan memproduksi teknologi baterai yang lebih efisien daripada baterai lithium-ion yang saat ini digunakan. Salah satu tekniknya ialah menggunakan kimia sel-sel baru yang bergantung pada silikon sebagai bahan anoda. Hal ini dapat secara signifikan meningkatkan kepadatan daya dibandingkan dengan baterai yang saat ini diproduksi secara seri.

Di masa depan baterai dengan teknologi tersebut didesain untuk menyimpan lebih banyak energi dalam dimensi yang sama dengan jangkauan yang lebih besar daripada baterai yang ada di pasaran saat ini. Bahan kimia yang digunakan tersebut juga mampu mengurangi hambatan internal baterai, memungkinkannya menyerap lebih banyak energi selama pemulihan, sambil mengisi daya lebih cepat.

“Sel baterai adalah ruang bakar masa depan. Tujuan kami adalah menjadi perusahaan terkemuka dalam persaingan global untuk sel baterai paling kuat. Bukan tanpa kebanggaan bahwa kami memimpin putaran pendanaan berbasis luas ini. Ini mencerminkan bahwa melalui unit modal ventura kami Porsche Ventures, kami sekarang telah memperoleh pemahaman yang mendalam tentang dunia modal ventura,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI di Porsche AG.

Menurut Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif untuk Penelitian dan Pengembangan menerangkan teknologi baterai yang digunakan memiliki sifat karakteristik kimia sel baru dengan pengisian cepat dan memiliki bobot ringan. Bahkan Porsche juga merencanakan baterai tersebut akan digunakan pada kendaraan dengan berperforma tinggi di masa depan.

Rencananya pabrik baru milik Group14 akan dioperasikan di Korea Selatan pada tahun ini dengan kerjasama dengan investor global hingga investor strategis dari industri baterai seperti OMERS Capital Markets, Decarbonization Partners, Riverstone Holdings LLC, Vsquared Ventures, Moore Strategic dan Ventures.

“Group14 berkomitmen untuk meningkatkan kinerja lithium-ion hari ini dan baterai solid-state masa depan untuk mempercepat transisi energi global. Dengan dukungan dari beragam konsorsium investor, Group14 berupaya menghadirkan teknologi baterai silikon generasi berikutnya untuk mendukung OEM visioner seperti Porsche,” kata Rick Luebbe, salah satu pendiri dan CEO Group14.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Porsche Newsroom

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”