Di Balik Manfaat Keju, Ada Bahaya Mengintai Jika Dikonsumsi Berlebihan

ulinulin.com

    47SHARES

Bahaya Mengonsumsi Keju Berlebihan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Apakah Sahabat Dream termasuk pecinta keju? Keju menjadi makanan populer yang banyak disukai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Keju kerap diolah lagi menjadi berbagai jenis hidangan lezat, seperti sup, kue, dijadikan topping pada makanan, dan masih banyak lagi.

Di balik rasanya yang lezat, manfaat keju memang istimewa. Hal ini karena keju mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan mengonsumsi keju, maka bisa membantu untuk menyehatkan dan menguatkan tulang dan menyehatkan pencernaan.

Ternyata ada juga dampak negatifnya jika berlebihan mengonsumsi keju. Apalagi jika keju tidak diolah secara benar, maka akan berbahaya bagi tubuh. Jadi, sahabat Dream harus berhati-hati ya.

Nah, berikut adalah beberapa bahaya mengonsumsi keju berlebihan di balik manfaat keju yang baik bagi tubuh sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan briliofood.net.

Bahaya Mengonsumsi Keju Berlebihan

© Unsplash.com

Menimbulkan Rasa Kembung

Bahaya mengonsumsi keju berlebihan yang pertama adalah bisa menimbulkan rasa kembung. Tak hanya pada produk keju saja, tetapi juga beberapa produk makanan lainnya yang jika dikonsumsi secara berlebihan, maka tidak akan baik, salah satunya bisa membuat perut menjadi kembung.

Oleh karena itu, bagi Sahabat Dream yang sangat menyukai keju, maka sebaiknya jumlah konsumsinya dikurangi Hal ini bisa menghindarkan kamu dari perut yang kembung.

Menimbulkan Gas

Mengonsumsi keju berlebihan bisa menimbulkan gas. Apalagi bagi seseorang yang menderita intoleransi laktosa dan mencoba untuk mengonsumsi keju dalam jumlah banyak. Hal ini akan membuat semua laktosa pindah ke usus besar.

Menurut FDA, setelah seseorang mengonsumsi produk dari susu, seperti keju bisa memunculkan gas. Di mana tanda yang umum terjadi adalah kurangnya laktase (enzim yang memecah laktosa atau gula dalam produk susu).

Bahaya Mengonsumsi Keju Berlebihan

© Freepik.com

Menyebabkan Diare

Diare tidak hanya disebabkan oleh salah memilih makanan saja. Tetapi bisa juga dikarenakan mengonsumsi keju yang berlebihan. Bagi seseorang yang tidak bisa mengonsumsi laktosa dan kemudian mengonsumsi keju, maka kandungan laktase pada keju akan terpecah dan akan difermentasi dalam usus oleh bakteri.

Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami diare. Jadi, alangkah lebih baik jika mengurangi konsumsi keju setiap harinya supaya kamu bisa terhindar dari diare.

Memicu Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi kondisi yang berbahaya. Mengingat bahwa dari obesitas inilah bisa memicu hadirnya penyakit yang lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengontrol berat badan, yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

Perlu Sahabat Dream ketahui juga bahwa mengonsumsi keju yang berlebihan bisa membuat seseorang mengalami obesitas. Keju sendiri rendah akan karbohidrat dan tinggi protein. Namun, keju biasanya ditambahkan pada makanan lain seperti salad, sandwich, kue, dan makanan lainnya.

Sedangkan dalam satu ons keju terdapat 100 kalori dan 8 gram lemak. Kondisi inilah yang kemudian bisa memicu hadirnya obesitas.

Bahaya Mengonsumsi Keju Berlebihan

© Unsplash.com

Kesehatan Jantung Terganggu

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa manfaat keju bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Namun, jika keju dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka efeknya juga berbahaya bagi tubuh, terutama untuk jantung.

Kandungan natrium di dalam keju cukup tinggi dan bisa meningkatkan tekanan darah seseorang. Hal inilah yang mampu memunculkan penyakit stroke. Oleh karena itu, keju sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah secukupnya saja. Dengan begitu tidak akan meningkatkan kolesterol dan tekanan darah secara drastic.

Risiko Terkena Kanker Prostat

Manfaat keju sebaiknya tidak membuat Sahabat Dream terlena. Karena di balik manfaatnya itu juga ada risiko jika terlalu banyak mengonsumsi keju, salah satunya bisa terkena kanker prostat. Menurut penelitian yang diterbitkan di The Journal of the American Osteopathic Association 2019, ditemukan bahwa ada hubungan antara keju dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Kandungan berupa kalsium tinggi inilah yang menjadi pemicunya. Jadi, agar lebih aman adalah membatasi jumlah konsumsi keju setiap harinya agar terhindar dari penyakit kanker prostat.

Bahaya Mengonsumsi Keju Berlebihan

© Freepik.com

Menyebabkan Dehidrasi

Selama ini jika ada seseorang yang mengalami dehidrasi, kita akan berpikiran bahwa orang tersebut mengalami kekurangan cairan. Tetapi penyebabnya tidak hanya itu saja lho, Sahabat Dream.

Dehidrasi juga bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi keju. Hal ini karena keju menjadi makanan yang tinggi akan natrium, sehingga bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Bagi Sahabat Dream yang sering mengonsumsi keju, sebaiknya mulai dibatasi jumlahnya. Hal ini akan menjauhkan kamu dari dehidrasi yang bisa saja menimbulkan masalah untuk tubuhmu sendiri.

Menimbulkan Jerawat

Perlu Sahabat Dream ketahui bahwa mengonsumsi keju berlebihan bisa menimbulkan jerawat. Terutama bagi yang memiliki jenis kulit sensitif, maka harus berhati-hati saat mengonsumsi produk olahan susu.

Penting untuk mengetahui bagaimana kondisi kulit kamu jika ingin mengonsumsi keju dalam jumlah banyak. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari munculnya jerawat yang membuat tidak nyaman. (mut)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”