Dinamo Starter Bermasalah, Lakukan Hal Ini

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/10/radrgpyy/menyalakan-mobil-1961.jpg”>

Pada mobil, dinamo stater memegang peranan sangat penting, yakni menggerakkan dinamo mobil sehingga mobil dapat hidup. Adapun dinamo starter bekerja menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil.

Maka jika dinamo starter bermasalah, hampir dipastikan mobil tidak akan bisa menyala. Jika hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat hal ini terjadi, apa saja?

1. Jangan Paksa Dinamo Bekerja

Ketika mobil Anda tidak mau menyala, sebaiknya tidak memaksanya untuk menyala. Hal tersebut dapat berpengaruh bagi dinamo starter, meaksanya untuk tetap bekerja dapat membuat dinamo starter panas dan merusak komponennya.

Idealnya, berilah waktu beberapa menit jika mobil Anda tidak bisa menyala setelah dua atau tiga kali menyalakan mobil pada percobaan pertama. Biarkan dinamo starter dingin selama beberapa menit, lalu coba nyalakan kembali mobil Anda.

2. Periksa Bagian Carbon Brush Dinamo

Bagian Brushes harus dicek saat dinamo starter mulai lemah dan muncul bunyi aneh

Hal lain yang membuat dinamo starter mobil Anda bermasalah adalah habisnya carbon brush, yang ditandai dengan putaran dinamo melemah dan munculnya bunyi-bunyian aneh saat coba menyalakan mobil.

Jika ada suara-suara tak lazim mobil saat Anda menyalakan mobil, coba cek bagian carbon brush dinamo starter, dan lakukan penggantian jika memang harus diganti.

3. Cek Aki

Aki yang lemah juga bisa menjadi penyebab dinamo stater tidak bermasalah

Seperti yang kita ketahui, Aki memiliki peranan krusial pada area kelistrikan mobil, termasuk menyalurkan listrik untuk dinamo starter menyalakan mobil. Aki yang bermasalah bisa merembet kepada sulitnya dinamo starter menyalakan mobil, hal tersebut disebabkan lemahnya suplai listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan mobil.

Nah, ini dia hal yang harus Anda lakukan saat mobil Anda tidak menyala akibat dinamo starter yang bermasalah. Ingin tahu tips seputar mobil lainnya, pantengin terus Cintamobil.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”