Ditabung Selama 7 Tahun, Bitcoin Rp1,6 Miliar Raib dalam 20 Menit

ulinulin.com – Eric Savics, seorang pengusaha sekaligus pembawa acara podcast, mengaku kehilangan 12 Bitcoin senilai US$300 ribu (sekarang bernilai Rp1,6 miliar), dalam 20 menit saja. Padahal Bitcoin itu ia tabung selama 7 tahun.

Menurut Savic, Bitcoin-nya raib setelah ia mengunduh sebuah ekstensi Chrome di komputer laptopnya. Sebelumnya ia tak menaruh curiga, karena tampak normal-normal. Tetapi ekstensi itu mengandung malware yang menyusup ke laptopnya dan peretas berhasil merampas aset yang sangat bernilai itu.

“Semua Bitcoin saya dicuri melalui modus phishing. Saya perlu bantuan apa saja dari Anda untuk mengembalikannya,” katanya di Twitter, Jumat (12 Juni 2020).

https://twitter.com/ericsavics1/status/1271446842979409920

Savics mengaku menabung Bitcoin sejak tahun 2013. Ia menggunakan peranti lunak khusus yang menghubungkan hardware wallet KeepKey di komputernya. Kemarin dia pun memutuskan untuk mengunduh aplikasi lain yang dia rasa sesuai.

Tetapi, ketika dia mengunduh ekstensi itu di Google Chrome dan memasukkan seed phrase (rangkaian kata-kata untuk mengakses private key-nya), Bitcoin simpanannya dengan cepat dicuri. Kemungkinan besar ekstensi jahat itu digunakan peretas untuk mengintip aktifitas kripto Savics. Apes sekali nasibmu, Savics! [Decrypt/red]

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website blockchainmedia.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”