D’Orchid, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Kuningan

ulinulin.com – Bisa Anda tebak dari namanya, D’Orchid merupakan kawasan wisata yang menyuguhkan taman bunga anggrek di daerah Kuningan, Jawa Barat. Mulai banyak dikenal wisatawan walaupun tempat ini baru dibuka pada 2020 silam. Saat hari-hari libur tempat ini akan lebih ramai dengan banyak kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Berbagai pesona keindahan dan daya tarik dari taman wisata bunga ini menghadirkan destinasi wisata pilihan yang cocok untuk liburan bersama orang-orang tersayang. Tidak hanya taman bunganya saja yang mempesona, berbagai spot foto menarik juga menjadi magnet untuk para wisatawan datang.

Panorama alam di sekitar kawasan taman ini juga menjadi nilai tambah yang membuat pengunjung semakin betah. Walaupun tempat ini lebih cocok untuk liburan santai, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik di D’Orchid untuk menghabiskan waktu liburan dan berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki D’Orchid Kuningan

1. Pemandangan Pegunungan

Taman bunga anggrek yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare ini berada di ketinggian sekitar 1100mdpl. Menghadirkan pemandangan indah di ketinggian dengan view Gunung Ciremai yang berdiri gagah dengan warna hijaunya yang tampak segar dari kejauhan.

Panorama alam yang hijau dan menyejukkan mata akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Ditambah lagi dengan suasana yang tenang dan udara yang segar. Sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat refreshing di sekitar Kuningan.

2. Taman Bunga Anggrek

Suguhan utama di D’Orchid tentu saja adalah taman bunganya yang menyimpan berbagai koleksi bunga anggrek. Pecinta bunga cantik ini pasti akan betah dengan melihat ratusan bunga anggrek yang menghiasi taman. Terdiri dari berbagai jenis dan warna yang menyemarakkan suasana taman bunga ini.

Bunga anggrek yang berwarna ungu, merah muda, kuning, putih, dan lain sebagainya dapat ditemui di sini. Koleksi bunga anggrek disini sangat beragam, mulai dari anggrek yang harganya ratusan ribu hingga anggrek premium dengan harga mencapai belasan juta.

3. Spot Foto di D’Orchid

Apakah Anda termasuk yang suka memilih tempat liburan yang bagus untuk berfoto? Taman bunga anggrek ini bisa menjadi referensi liburan yang tepat. Di area taman yang asri ini menghadirkan banyak sekali spot foto yang bagus dan instagramable.

Tidak hanya pemandangan taman bunga saja, berbagai dekorasi seperti menara, bangunan miniatur, hingga guest house unik juga bagus untuk spot selfie di sini. Tempatnya yang memiliki panorama alam mempesona dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang berburu spot foto untuk prewedding, kenang-kenangan, dan lainnya.

4. Kolam Renang

Daya tarik lain yang ditawarkan wisata taman ini adalah kolam renang dengan airnya yang jernih. Kolam renang di sini memiliki air yang sangat sejuk karena diambil dari sumber mata air langsung di sekitar pegunungan. Liburan bersama anak-anak dan keluarga pun akan semakin menyenangkan.

5. Miniatur Bangunan Ikonik Dunia

Siapa sih yang tidak ingin jalan-jalan ke luar negeri dan berfoto di bangunan-bangunannya yang ikonik, sebut saja kincir angin khas Belanda, patung Singa di Singapura, dan masih banyak lagi. Jika impian tersebut belum bisa terwujud, Anda bisa kok merasakan sedikit sensasi liburan ala Eropa ini dengan mengunjungi D’Orchid di Kuningan.

Taman bunga anggrek ini memiliki beberapa area menarik seperti Rumah Belanda. Area ini memiliki bangunan dan dekorasi khas Belanda, termasuk kincir angin yang bisa menjadi spot selfie. Miniatur patung singa juga menarik untuk Anda yang ingin merasakan sensasi liburan ala wisata Marina Bay.

6. Penginapan Kekinian

Beberapa area di kawasan wisata ini dilengkapi dengan bangunan-bangunan yang terlihat unik dan menarik. Selain untuk menambah keindahan, beberapa bangunan juga difungsikan sebagai penginapan.

Area glamping juga menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini. Tempatnya nyaman dengan pemandangan indah yang bisa dinikmati di sekitar tenda. Pengunjung bisa menikmati pengalaman seru untuk bermalam dengan glamping di tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Berada di Desa Cisantana, Jawa Barat. Kuningan, D’Orchid adalah salah satu tempat wisata yang mudah untuk diakses. Anda bisa pilih, menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa turun di terminal terdekat dan kemudian naik ojek. Angkutan umum roda dua ini akan lebih efisien untuk mengantar Anda ke lokasi.

Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, ambil rute Cirebon – Kuningan. Ikuti jalan yang menuju arah Taman Cirendang. Ada persimpangan di dekat taman tersebut dan Anda bisa belok ke arah yang menuju Cigugur.

Ikuti jalan lurus untuk rute Cisantana, kemudian Palutungan hingga Anda menemukan papan petunjuk arah ke wisata D’Orchid. Perjalanannya tidak memakan waktu terlalu lama setelah Anda memasuki Palutungan dan jalanan di sana pun cukup mulus tanpa melewati rute menanjak, berkelok, atau yang berbahaya lainnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket masuk pengunjung D’Orchid dipatok sebesar Rp 15.000,- untuk sekali masuk. Termasuk terjangkau untuk sebuah tempat wisata dengan fasilitas yang sangat lengkap. Wisatawan bisa mengunjungi setiap hari di jam operasional, mulai jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

Biasanya untuk akhir pekan atau hari libur nasional, jam operasional taman akan lebih panjang. Anda bisa mengecek langsung di website atau di akun media sosial resmi D’Orchid. Pastikan Anda datang dengan membawa perlengkapan yang cukup, termasuk kamera untuk Anda berfoto ria.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di D’Orchid

1. Menikmati Pemandangan Alam dan Taman Bunga

Taman bunga dengan banyak daya tarik ini merupakan salah satu destinasi pilihan untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan-pemandangan yang menyegarkan. Saat mata sudah bosan dengan pemandangan kota, Anda perlu cuci mata ke tempat ini. Pemandangan hijau pegunungan dan hutan di sekitarnya dapat Anda nikmati sepuasnya.

Taman bunganya dengan bunga anggrek yang berwarna-warni juga menawarkan keindahan yang enak untuk dipandang. Sambil berjalan-jalan menyusuri taman, melihat bunga-bunga, dan tentunya menikmati kesegaran udara yang bebas polusi. Mungkin sedikit lebih dingin karena tempat ini berada di ketinggian.

2. Glamping di D’Orchid

Glamour camping sangat cocok untuk dilakukan di wisata yang cantik ini. Apalagi disini memiliki fasilitas yang lengkap sehingga pengunjung bisa lebih nyaman. Anda bisa memilih area yang sudah disediakan untuk bermalam dengan cara yang menyenangkan.

Pengunjung bisa menginap di salah satu bangunan di tempat ini untuk glamping bersama teman-teman. Siapkan saja baju hangat dan camilan agar Anda bisa bersenang-senang saat malam tiba.

3. Berfoto-Foto

Sebelum masuk, periksa dulu apakah Anda bawa kamera atau tidak. Pasalnya di D’Orchid Kuningan banyak sekali spot foto yang kece dan tentunya instagramable. Anda yang ingin mengisi feed media sosial, bisa menggunakan beberapa area di tempat ini untuk mendapatkan jepretan yang bagus.

Anda tinggal pilih saja, ingin background yang mana. Ada pemandangan Gunung Cermai, miniatur menara Eiffel, taman bunga anggrek warna-warni, bangunan kincir angin khas Belanda, menara Apple, patung Singa, lampu-lampu megah, dan masih banyak lagi.

4. Berenang

Kegiatan liburan bersama anak-anak memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika si kecil menikmatinya dan tidak rewel selama di tempat wisata. Biasanya anak-anak lebih anteng jika bisa bermain-main dan melakukan aktivitas kesenangannya.

Salah satu aktivitas yang disenangi anak-anak adalah berenang. Anda bisa mengajak si kecil bermain di kolam renang, tentunya dengan pengawasan penuh. Selain untuk anak-anak, pengunjung dewasa juga bisa menikmati kolam renang dengan airnya yang sejuk ini.

5. Nongkrong di Cafe

Puas dengan bermain dan menikmati taman, pengunjung bisa mampir sebentar ke coffeeshop yang ada di tempat ini untuk sekadar nongkrong sambil menikmati kopi. Seduhan kopi hangat dengan aroma kopi yang kuat adalah cara untuk menghabiskan waktu dengan lebih nikmat. Anda bisa pesan gorengan untuk menemani minum kopi di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas wisata yang disediakan sangat lengkap, mulai dari taman bunga, kolam renang, spot foto, miniatur dunia, dan lain-lain. Pengunjung dapat menikmati semua fasilitas wisata ini dengan leluasa. Namun tetap jaga kebersihan dan jangan merusak keindahan yang ada.

Selain itu tempat parkir juga cukup luas untuk kendaraan pengunjung, baik sepeda motor, mobil, maupun bus pariwisata. Di dalam kawasan D’Orchid ini, beberapa fasilitas penunjang sudah disediakan seperti toilet yang bersih, musola yang nyaman, dan warung makan.

Penginapan dan villa family menjadi tambahan fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Biasanya pengunjung akan dikenai biaya tambahan jika ingin menginap atau bermalam dengan biaya sekitar 300 hingga 600 ribu per malam.

Fasilitasnya lengkap kan, pemandangannya juga indah, apalagi taman bunga anggreknya yang menawan. Langsung saja Anda datang ke wisata D’Orchid di Kuningan saat libur tiba. Jangan lupa bawa persiapan yang lengkap termasuk kamera saat Anda berencana liburan ke taman bunga anggrek ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”