Dua Langkah Mudah Bersihkan Ruang Mesin Sendiri Di Rumah

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/10/13/XlYbOKmo/ruangmesin-a9aa.png”>

Kebersihan ruang mesin kerap terlupakan oleh sebagian besar pemilik mobil. Padahal dengan ruang mesin yang bersih, tak hanya lebih nyaman dilihat namun juga mempermudah saat melakukan pengecekan pada bagian komponen mesin. Kebocoran atau kerusakan sekecil apapun pada bagian komponen mesin juga akan lebih mudah terdeteksi dengan ruang mesin yang selalu terjaga kebersihannya. Sehingga memang sudah sepantasnya Anda tidak menyepelekan kebersihan ruang mesin mobil Anda.

Bersihkan ruang mesin mobil Anda secara berkala sekaligus lakukan pengecekan pada komponen mesin

Memang, banyak gerai cuci mobil yang menawarkan jasa membersihkan ruang mesin. Namun Anda perlu perhatikan dengan kualitas pengerjaannya serta pemakaian cairan dan treatment yang digunakan. Karena jika sembarangan, tak hanya kondisi komponen mesin Anda yang menjadi taruhan, namun juga faktor keselamatan Anda. “Di ruang mesin itu banyak komponen elektronik, pengapian hingga sensor-sensor. Jika membersihkannya tidak benar, takut terjadi kerusakan atau bahkan korsleting pada bagian kelistrikan,” ujar Nico Jayadikusuma dari gerai Denta Auto Detailing di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Engine detailing kit yang berkualitas memang mahal, namun lebih efektif dan aman untuk digunakan

Selain menggunakan jasa layanan car detailing, Anda juga bisa membersihkan ruang mesin sendiri dirumah. Jangan khawatir, Cintamobil.com akan berikan dua tips langkah mudah dalam membersihkan ruang mesin yang aman Berikut langkah-langkahnya.

Tips Merawat Power Window Mobil Biar Gak Seret Saat Dipakai

[Infografik] Rival Abadi Cat Mobil yang Selalu Menghantui

Langkah pertama

Hampir bisa dipastikan bahwa kotoran dan sisa pelumas atau gemuk akan mudah hinggap di ruang mesin. Namun yang perlu Anda tahu bahwa saat membersihkan ruang mesin, tidak disarankan menggunakan air dari selang. Karena, cipratan air berpotensi dapat merusak komponen mesin seperti alternator dan komponen kelistrikan lainnya. “Alternator atau sekering atau sambungan kabel jika terkena air, dapat mengakibatkan hubungan arus pendek,” tambah Nico.

Gunakan kuas untuk membersihkan di ruang yang sempit atau noda membandel

Anda disarankan untuk menggunakan uap air bertekanan plus bantuan lap bersih berbahan lembut untuk membersihkan ruang mesin dari noda dan kotoran yang membandel. Namun jika terpaksa menggunakan air, lakukan dengan sangat hati-hati dan pastikan cepat keringkan kembali dengan menggunakan kompresor udara atau lap bersih.

Langkah kedua

Hati-hati dalam menggunakan engine degreaser dan hindari pemakaiannya pada komponen berbahan karet

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan membersihkan ruang mesin dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk ruang mesin atau engine degreaser. Namun, hati-hati saat menentukan cairan pembersih, karena kandungan kimianya dapat merusak komponen yang terbuat dari plastik dan karet, seperti cover mesin, selang dan kabel-kabel. Gunakan engine degreaser bahan detergent, sehingga lebih efektif untuk membersihkan kotoran di ruang mesin. Membersihkannya bisa dengan menyemprotkan cairan pembersih di tempat yang dituju, lantas bersihkan dengan bantuan kuas. Ingat, jangan berlebihan saat menyeprotkan cairan engine degreaser dan lakukan dengan ekstra hati-hati. Setelah dirasa bersih dari kotoran dan minyak sisa pelumas atau minyak rem, bersihkan sisa-sisa engine degreaser dengan bantuan lap bersih. Mudah kan?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”