Ekspektasi Meleset, Apple Kurangi Produksi iPhone 14

ulinulin.com – Apple dikabarkan akan mengurangi jumlah produksi iPhone 14 series yang baru dirilis.

Mengacu pada laporan Bloomberg, pabrikan smartphone yang berbasis di Cupertino, California, AS itu dikabarkan telah memberi tahu para pemasok komponen iPhone 14 untuk menahan pengiriman pasokan.

Sebelumnya, Apple dikabarkan akan meningkatkan produksi iPhone 14 series hingga enam juta unit pada paruh kedua 2022 ini. Alih-alih, Apple menargetkan produksi 90 juta handset pada tahun ini.

Menurut sumber yang tak bersedia disebut namanya, jumlah itu kurang lebih sama dengan jumlah produksi perangkat iPhone pada tahun sebelumnya, dan sesuai dengan prediksi awal Apple.

Namun setelah beberapa minggu iPhone 14 dirilis, hal tersebut harus dibatalkan Apple, karena perusahaan ingin mengantisipasi jumlah permintaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Permintaan model iPhone 14 Pro, yang harganya paling mahal, ternyata lebih tinggi dibanding dua model iPhone 14 lainnya, yaitu reguler dan Plus. Sementara permintaan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus berada di bawah iPhone SE generasi 3 dan iPhone 13 Mini.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menyumbang 45 persen dari total pengiriman iPhone 14 series. Selebihnya, atau 55 persennya, berasal dari iPhone 14 Pro.

Pabrik penyuplai komponen Apple bahkan dilaporkan mengubah produksi komponen dari semula untuk iPhone 14 reguler dan Plus, menjadi komponen untuk iPhone 14 Pro. Pabrik perakit iPhone Foxconn juga dikabarkan meningkatkan produksi model Pro sebesar 10 persen.

Analis Anurag Rana mengaku tidak terkejut oleh laporan pengurangan jumlah produksi iPhone 14 ini, dan mengatakan permintaan yang sedikit dari Eropa dan China bisa memengaruhi penjualan keseluruhan iPhone pada tahun fiskal 2023, dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (29/9/2022).

China sebagai pasar ponsel terbesar di dunia, mengalami kemerosotan ekonomi sehingga memengaruhi penjualan iPhone. Pembelian iPhone 14 series selama tiga hari pertama di China turun 11 persen dari pendahulunya tahun sebelumnya.

Permintaan global untuk perangkat elektronik pribadi juga menurun akibat lonjakan inflasi, kekhawatiran resesi, dan gangguan dari perang di Ukraina. IDC memprediksi pasar smartphone diperkirakan menyusut 6,5 persen tahun ini menjadi 1,27 miliar unit.

Apple merilis iPhone 14 seriesnya pada awal September 2022. iPhone 14 yang diperkenalkan terdiri dari empat model, yaitu iPhone 14 “reguler”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Banderol harga iPhone 14 dimulai dari 799 dollar AS (Rp 12,1 juta), iPhone 14 Plus 899 dollar AS (Rp 13,7 juta), iPhone 14 Pro 999 dollar AS (Rp 15,2 juta), dan iPhone 14 Pro Max 1.099 dollar AS (Rp 16,7 juta).

iPhone 14 versi “Pro” membawa sejumlah keunggulan seperti memiliki kamera belakang 48 MP, mengandalkan chipset teranyar dari A16 Bionic, dan memiliki layar depan yang dihiasi punch hole bernama “Dynamic Islands”.

Untuk lebih jelasnya terkait spesifikasi dari iPhone 14 series, bisa dibaca di tautan berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”