Enam Fitur Baru Voice Message di WhatsApp, Begini Cara Menggunakannya

ulinulin.com – Akhir Maret lalu, WhatsApp (WA) mengumumkan sederet fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam berkirim pesan suara (voice messaging). Apa saja fitur-fitur baru WA tersebut?

Menurut catatan Statista, layanan perpesanan instan antarplatform WhatsApp adalah mobile messenger global terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai sekitar 2 miliar setiap bulannya. Dengan pencapaian ini, WhatsApp mengungguli Facebook Messenger dengan 1,3 miliar pengguna aktif dan WeChat dengan 1,2 miliar pengguna aktif. WhatsApp juga menjadi jejaring sosial terpopuler ketiga di dunia setelah Facebook dan YouTube.

Sementara layanan pesan suara di WhatsApp diluncurkan pertama kali pada tahun 2013. Menurut data WhatsApp, saat ini, rata-rata tujuh miliar pesan suara telah dikirimkan pengguna WA di seluruh dunia setiap hari.

Menurut WhatsApp, voice messaging diluncurkan karena layanan ini diyakini dapat mengubah cara orang berkomunikasi. Pada kenyataannya, pesan suara disukai karena ada elemen personal dalam berkomunikasi yang tidak bisa diberikan oleh pesan teks.

Selain itu, voice messaging juga memungkinkan pengguna yang memiliki masalah dengan mengetik atau pengelihatan dapat tetap berkomunikasi menggunakan WA.

Nah, inilah enam fitur baru yang disematkan WhatsApp pada layanan voice messaging-nya agar pengguna memperoleh pengalaman berkomunikasi yang lebih mumpuni.

Pemutaran di Luar Chat

Fitur ini disajikan agar pengguna dapat mendengarkan pesan suara di luar jendela chat. Dengan begitu, pengguna bisa mendengarkan pesan sambil melakukan kegiatan lain dan menjawab pesan chat lainnya.

Caranya, setelah Anda mengeklik tombol Play pada pesan suara dari salah satu kontak Anda, klik tombol back dan voice message yang sedang Anda dengarkan akan muncul di bagian atas homescreen WhatsApp. Klik lagi tombol Play untuk terus mendengarkan.

Untuk kembali ke jendela chat kontak tersebut, klik saja pesan suara yang ada di bagian atas homescreen WhatsApp.

Jeda/Lanjutkan Perekaman

Ketika sedang merekam pesan suara, pengguna dapat berhenti sejenak atau menjeda (pause) dan melanjutkan merekam. Fitur ini bermanfaat saat ada interupsi atau perlu menyusun kalimat yang ingin disampaikan lewat pesan suara.

Untuk menggunakan fitur ini, tekan, tahan, dan geser ke atas tombol mikrofon pada kolom chat kontak yang ingin Anda kirimkan pesan suara. Silakan merekam pesan dan Anda bisa menjeda, menghapus, atau mengirim pesan tersebut.

Visualisasi Pesan Suara Berbentuk Gelombang

Fitur ini akan memvisualisasikan suara pengguna di voice message dalam bentuk gelombang suara sehingga memudahkan penerima pesan saat mendengarkan pesan.

Pratinjau Draf

Dengan fitur ini, pengguna dapat meninjau dulu (pratinjau/preview) pesan suara sebelum dikirim.

Langkah-langkah menggunakan fitur ini sama seperti pause/resume recording. Selesai merekam pesan, Anda cukup menekan tombol Play untuk meninjau dulu pesan sebelum Anda kirim.

Penanda Pemutaran

Fitur ini memungkinkan penerima pesan berhenti sejenak saat mendengarkan pesan suara, keluar dari chat, lalu melanjutkan mendengarkan pesan di posisi yang sama dengan posisi terakhir Anda memutar pesan.

Caranya, saat sedang mendengarkan pesan suara dan ingin pindah ke aplikasi lain, klik tombol recent app untuk pindah ke aplikasi lain yang sedang aktif atau klik tombol homescreen smartphone Anda jika ingin membuka aplikasi baru sambil terus mendengarkan pesan suara.

Pemutaran Cepat di Pesan yang Diteruskan

Pengguna dapat memutar pesan suara dengan kecepatan playback,1,5x atau 2x lebih cepat, baik pada pesan suara biasa maupun pada pesan yang diteruskan oleh pengguna.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”