Epson Indonesia Luncurkan SureColor F-130, Printer Tekstil untuk UMKM

ulinulin.com – Bersamaan dengan peluncuran lima printer EcoTank L-series baru, Epson Indonesia juga resmi meluncurkan printer sublimasi pewarna (dye-sublimation) ukuran A4 pertamanya, bernama SureColor F-130 (SC-F130), pada Rabu (10/11/2021).

Printer sublimasi pewarna ini digunakan untuk mencetak (print) gambar digital dengan kertas transfer khusus dan tinta sublimasi khusus. Dengan begitu, gambar digital tersebut dapat dipindahkan ke media lain, biasanya ke bahan tekstil (bahan polyester), plastik, dan keramik.

Menurut Epson, printer baru ini dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha kecil dan menengahyang memproduksi produk tekstil (baju, tas, topi, celemek) dan permukaan rigid/kaku (mug, softcase ponsel, tatakan gelas, dsb) dengan gambar digital.

Sebab selama ini, printer sublimasi pewarna dari Epson hanya tersedia dalam ukuran yang besar, seperti 24 inci, 44 inci, 64 inci, hingga 76 inci.

Karena itu, pelaku UMKM biasanya harus memodifikasi printer “kertas” Epson EcoTank L-series untuk mencetak di medium yang dikehendaki. Caranya dengan mengganti tinta konvensional, dengan tinta sublimasi.

Menurut Senior Manager of Commercial and Industrial Business PT Epson Indonesia, Lina Mariani, modifikasi semacam itu memiliki konsekuensi tersendiri.

Misalnya hasil cetak yang tidak maksimal hingga hilangnya garansi printer L-series karena menggunakan tinta tak sesuai jenisnya.

“Makanya, kami yakin, produk ini dapat menjawab permintaan pasar akan mesin sublimasi ukuran kecil dan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku industri mikro dan kecil di Tanah Air,” kata Lina dalam sebuah acara daring, Rabu (10/11/2021).

Bisa cetak 15.000 lembar ukuran A4

Lina mengungkapkan beberapa keuntungan menggunakan printer dye-sublimation SC-F130 dibandingkan dengan menggunakan printer sublimasi modifikasi.

Dengan menggunakan SC-F130, kata Lina, pengguna bisa mendapatkan printer yang memang didesain khusus untuk mencetak di media tekstil atau permukaan rigid.

“Kelebihan lainnya, printer ini memiliki kapasitas cetak tinggi, dengan target cetak 15.000 lembar ukuran A4, yang tentu saja lebih tinggi dari printer sublimasi hasil modifikasi,” kata dia.

Printer sublimasi pewarna ukuran A4 pertama ini juga memiliki tingkat kepadatan warna setingkat dengan printer sublimasi epson yang lebih besar, yakni model SureColor F-530 (24 inci).

Selain itu, kini, pengguna bisa mencetak dengan tinta sublimasi asli dari Epson, yaitu Epson UltraChrome DS dengan warna Cyan, Magenta, Yellow-Kuning (CMYK) dan warna utama hitam.

Epson SC-F130 juga dijamin dengan garansi 1 tahun atau 6.000 lembar penggunaan. Fitur lain yang disediakan adalah dukungan Wi-Fi, LCD monitor di printer seluas 2,4 inci, dan rak penyimpanan kertas di bagian depan printer.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan Epson Cloud Solution Port, yang memungkinkan pengguna untuk memantau dari jarak jauh informasi soal status printer, sisa tinta, informasi cetak, dan lainnya.

Lina mengatakan, printer dye-sublimation SureColor F130 sebenarnya sudah mulai dipasarkan di Indonesia mulai Oktober 2021 lalu. Harga jualnya adalah sekitar Rp 6,5 juta.

“Namun, untuk stok ketersediaan dalam jumlah yang lebih banyak, kemungkinan, akan tersedia di bulan Desember 2021,” kata Lina.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”