B"/> Euro 4 Siap Digunakan, Pemilik Kendaraan Euro 2 Tak Perlu Modifikasi Mesin

Euro 4 Siap Digunakan, Pemilik Kendaraan Euro 2 Tak Perlu Modifikasi Mesin

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/24/Ay6TmsFs/suara-2df5.jpg”>

Beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan pengurangan emisi bahan bakar dengan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P20/MENLHK/SEKJEN/KUM.1/3 2017 tentang Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, atau dikenal dengan Standar Emisi Euro IV. Kendaraan akan menggunakan bahan bakar Euro 4, tapi pemilik kendaraan berbahan Euro 2 tidak perlu khawatir.

Kendaraan Euro 2 bisa menggunakan bahan bakar Euro 4 (Foto: Suara)

Peraturan yang baru memang mengharuskan pabrikan menggunakan mesin untuk pembakaran Euro 4. Tetapi pemilik kendaraan bermesin Euro 2 tidak perlu melakukan perubahan apapun. Begitu yang disampaikan oleh pemerhati otomotif, Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

Tri yang juga menjadi Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan bahwa kendaraan yang menggunakan mesin emisi Euro 2 tidak perlu takut. Karena mesin berstandar emisi Euro 4 juga bisa digunakan untuk standar Euro 2.

“Saat mesin Euro 2 menggunakan bahan bakar Euro 4 dari sisi performa kendaraan akan lebih baik dimana proses pembakaran menjadi lebih baik. Karena oktan bahan bakar Euro 4 lebih tinggi dan sulfurnya lebih rendah sehingga emisinya juga rendah,” ungkap Tri.

Seiring dengan peraturan baru dari pemerintah, Pertama akan mengurangi pasokan BBM dengan RON di bawah 92 guna mendukung efektivitas pencapaian penurunan emisi gas buang. Malahan jika kendaraan bermesin Euro 2 menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, proses pembakaran menjadi lebih maksimal dan kinerja mesin akan lebih baik.

Peraturan tentang Euro 4 sebenarnya sudah diresmikan tahun lalu (Foto: Kompas)

Berdasarkan Peraturan Menteri LHK No.P 20 tahun 2017, Pemerintah memberikan waktu penyesuaian pada proses produksi kendaraan. Untuk kendaraan berbahan bakar bensin akan diberikan waktu tenggang 1 tahun enam bulan sejak peraturan ini dikeluarkan. Karena peraturan ini keluar sejak Maret 2017, maka masa efektif peraturan ini jatuh pada Oktober mendatang.

Sedangkan kendaraan diesel mendapatkan masa tenggang yang lebih lama, yaitu 4 tahun sejak keluarnya peraturan tersebut. Maka, produksi kendaraan diesel untuk bahan bakar Euro 4 akan diberlakukan Maret 2021 mendatang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”