F1: Drama Lap Terakhir, Verstappen Rebut Gelar Juara Dunia 2021

ulinulin.com – ABU DHABI — Pertarungan memperebutkan gelar juara dunia Formula 1 musim ini panas sampai seri terakhir dan juga drama lap terakhir. Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) memastikan gelar juara dunia pertamanya setelah menang di GP F1 Abu Dhabi. Siteru beratnya, Lewis Hamilton (Mercedes) kalah cepat dalam adu sprint di lap terakhir di Yes Marina Circuit, Abu Dhabi, Minggu (12/12) malam.

“Ini sungguh gila. Saya tak tahu harus berkata apa. Saya sangat senang dengan tim dan semua yang mendukung. Saya menyukai bekerja sama dengan mereka. Akhirnya hari ini saya mendapat keberuntungan. Tim saya tahu saya mencintai mereka. Saya ingin melakukan ini bersama mereka untuk 10 atau 15 tahun ke depan,” kata Verstappen usai balapan.

Kegembiraan itu memang beralasan. Ia menjadi pembalap pertama asal Belanda yang meraih mahkota juara dunia. Verstappen masuk finish dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 17,345 detik. Ia mengungguli Hamilton yang hanya terpaut 2.256 detik di belakang. Sedangkan pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr, naik podium setelah finish ketiga, 5,173 detik setelah Verstappen.

Bagi Hamilton, juara dunia tujuh kali, kekalahan kali ini tidak jadi masalah. Meski hal ini membuat ia gagal melampaui rekor pembalap legendaris Ferrari, Michael Schumacher.

“Pertama, selamat untuk Max dan timya. Tapi saya juga bangga dengan tim saya sendiri, kami melakukan semuanya (untuk menang). Saya merasa sangat nyaman dengan mobil di beberapa bulan terakhir. Kita lihat seperti apa musim depan,” kata pembalap Inggris tersebut.

Balapan terakhir F1 2021 menyajikan perebutan gelar juara dunia antara Max Verstappen dengan Lewis Hamilton. Kedua pebalap memilik nilai sama yaitu 369,5 poin.

Verstappen dan Hamilton start di posisi pertama dan kedua di F1 GP Abu Dhabi. Persaingan keduanya langsung terkadi selepas start. Hamilton mampu menyalip Verstappen. Kedua pembalap kemudian sempat bersenggolan di tikungan. Hamilton yang menyalip dari dalam di tikungan keluar lintasan. Namun, ia tetap melaju di run off arena.

Hamilton memimpin balapan sebelum kemudian melakukan pit stop di lap ke-15. Pemimpin balapan di ambil alih pebalap Red Bull Racing, Sergio Perez. Pada lap ke-21, Hamilton secara luar biasa menyalip Perez untuk kembali ke urutan teratas. Tim order Red Bull Racing lalu mambuat Perez merelakan posisi kedua untuk Verstappen.

Saat balapan tinggal menyisakan tiga lap, safety car harus keluar setelah Nicholas Latifi mengalami kecelakan. Hal ini membuat jarak antara Hamilton dan Verstappen kembali merapat. Inilah yang jadi keuntungan Verstappen.

Drama kemudian terjadi di lap terakhir, Verstappen mampu menyalip Hamilton di tikungan ke-4. Verstappen berhasil memenangi balapan. Hamilton berada di urutan kedua, sedangkan podium ketiga diraih pembalap Ferrari Carlos Sainz Jr.

Kemenangan di Abu Dhabi membawa Verstappen memastikan gelar juara dunia F1 musim 2021. Ia total mengumpulkan 394,5 poin mengungguli Hamilton dengan 388,5 angka.

Sayangnya, gelar konstruktor gagal diraih Red Bull Racing Honda. Pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas, mampu masuk finis di posisi keenam. Sementara rekan Verstappen, Sergio Perez, gagal menyelesaikan lomba. Dengan demikian Mercedes memastikan gelar sekaligus rekor delapan kali berturut-turut sebagai jawara konstruktor.

Hasil di Abu Dhabi membuat Mercedes mengumpulkan nilai 613.5, disusul Red Bull Racing Honda 585.5 poin, dan Ferrari di posisi ketiga dengan 323.5 poin. (RAJU)

Hasil balapan F1 GP Abu Dhabi:

Sumber dan Foto: F1

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”