Facebook Uji Coba Fitur Dark Mode Untuk Aplikasi Mobile

ulinulin.com – NESABAMEDIA.COM – Kembali ke bulan Juni lalu, sebuah sumber menyebutkan bahwa Facebook tengah berupaya mengembangkan fitur dark mode untuk perangkat mobile seperti Android hingga iOS. Namun bulan demi bulan terlewati, dan fitur mode gelap Facebook itu tidak pernah ada kabarnya. Sepertinya, kini kabar soal dark mode Facebook itu baru akan terwujud.

Jane Manchun Wong, pengamat teknologi yang kerap merilis bocoran mengenai fitur yang akan hadir pada sebuah aplikasi, memunculkan kembali kabar dark mode Facebook itu. Jane menyebut bahwa tidak lama lagi, aplikasi jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu akan hadir dengan tampilan dark mode.

Dalam sebuah unggahan di jejaring sosial Twitter-nya, Jane menuliskan caption,

“Facebook tengah melakukan uji coba fitur dark mode untuk publik! Kalian yang meminta, dan aku telah mengkonfirmasinya ke Alexvoica mengenai hal itu. Dan ini adalah video kolaborasi sebagai bagian dari promo dark mode itu.”

Jane bahkan mengungkapkan bahwa fitur itu sudah tersedia di kanal beta untuk perangkat Android dan iOS. Tak lama berselang dari apa yang diungkapkan Jane, sebuah iklan yang menampilkan Facebook dalam tampilan gelap muncul di internet. Banyak pihak pun kemudian sepakat jika fitur itu benar-benar ada, dan bakal segera hadir. Bahkan, sejumlah pengguna iOS mengaku telah mendapatkan pembaruan dark mode di perangkat mereka.

Sebelumnya fitur dark mode ini telah lebih dulu dihadirkan untuk pengguna web browser, pada awal tahun ini. Namun sayangnya Facebook rupanya butuh waktu lebih lama untuk menghadirkannya di perangkat mobile.

Pada versi web, pengguna tidak secara otomatis mendapatkan pembaruan untuk menjadikan tampilan Facebook mereka menjadi dark mode. Pengguna diharuskan melakukan pengaturan terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Yakni dengan mengakses halaman Settings & Privacy, lalu kemudian memilih opsi dark mode.

Jika tidak ada perubahan cukup besar nantinya, maka akan sangat mungkin untuk versi aplikasi mobile, fitur dark mode harus diaktifkan terlebih dahulu seperti pada versi web, yakni melalui halaman Settings & Privacy. Tentunya, aplikasi itu harus diperbarui terlebih dahulu melalui halaman Google Play Store atau Apple App Store.

Sejauh ini, tidak diketahui secara pasti kapan Facebook akan merilis fitur dark mode ke publik dalam versi stabil. Namun pihak Facebook menyebutkan bahwa waktunya tidak lama lagi, karena permintaan pengguna yang sangat besar akan fitur itu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.