Fakta Menarik Waves “Ethereum Rusia”, Coba Hempaskan Shiba Inu?

ulinulin.com – Waves (WAVES) dijuluki sebagai Ethereum Rusia dikarenakan keterkaitan dengan Rusia. Aset kripto ini melambung selama bulan terakhir di kala Shiba Inu (SHIB) merosot.

Minat terhadap Waves meningkat setelah Rusia menyerang Ukraina dan bursa kripto Binance menambahkan koin tersebut ke platform peminjaman. Selain itu, Waves berencana memasuki metaverse.

SHIB merupakan pemenang besar pada tahun 2021 tetapi kini telah terjerembab hampir 30 persen dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Pada saat yang sama, WAVES melambung lebih dari 140 persen.

Waves disebut sebagai Ethereum Rusia sebab pendirinya, Alexander Ivanov terlahir di Ukraina tetapi mendapat gelar sarjana dari Universitas Negeri Moskow di Rusia.

Perusahaan Waves terdaftar di Swiss dan memiliki kantor di negara tersebut tetapi bermarkas di Moskow. Ivanov berkata Waves tidak dapat dipisahkan dari akar Rusia sekalipun bisnis tersebut sedikit terhambat.

“Saya pikir kami bisa menjadi pendukung blockchain terbesar di Rusia,” jelas Ivanov.

Pada awalnya, Waves tidak dibangun di atas blockchain Ethereum. Tetapi rencana Waves mencakup dukungan bagi Ethereum Virtual Machine (EVM).

Waves dibandingkan dengan Ethereum dikarenakan fungsi blockchainnya yang mendukung smart contract dan aplikasi desentralistik, seperti Ethereum.

Fool.com melaporkan, ada tiga alasan utama yang mendukung keberhasilan Waves. Pertama, serangan Rusia terhadap Ukraina menjadikan Waves disoroti oleh banyak investor.

Hubungan Ivanov dengan kedua negara menjadi penyebabnya. Spekulasi bahwa Rusia akan beralih ke aset kripto setelah nilai rubel ambruk turut mendukung.

Kedua, Binance mengumumkan telah menambahkan sejumlah aset kripto sebagai agunan pada platform peminjamannya. WAVES termasuk salah satu koin yang didukung.

Ketiga, Waves mengumumkan dukungan bagi EVM. Tim Waves juga berencana meluncurkan DAO dengan pengaturan baru tahun ini. Waves membangun jembatan ke semua blockchain EVM dan antara dunia metaverse.

Waves Coba Bangkit Masuk Metaverse

Waves menerapkan pembaruan, salah satunya adalah Meta, yakni fungsi khusus untuk mentautkan blockchain dengan metaverse.

Kelak pengembang manapun yang ingin membuat produk metaverse seperti Decentraland dan The Sandbox, blockchain Waves memastikan sistemnya sudah siap pakai.

Tentu saja ini terkait langsung dengan proses penerbitan dan penjualan NFT (non-fungible token), yang disematkan di metaverse itu. [ed]