Fenomena Modifikasi HellaFlush, Berisiko Kah?

ulinulin.com – Perkembangan dunia modifikasi mobil semakin melesat tajam bagai asteroid yang menghantam tanah bumi. Hantaman itu seakan-akan membuat kegemaran memodifikasi mobil semakin mewabah kepada para pecinta mobil berbagai kalangan. Salah satu asteroid yang menghantam dan–kemudian–mewabah dunia modifikasi di Indonesia adalah asteroid bernama HellaFlush. Wabah ini nyatanya sangat diminati oleh kalangan anak muda pecinta mobil di Indonesia. Alhasil, aliran wabah modifikasi HellaFlush kini menjadi fenomena mobil kekinian di kalangan anak muda yang istilahnya–anak mobil–di Indonesia.

Namun, bukan berarti wabah ini tidak serta merta diterima begitu saja di kalangan pecinta mobil. Banyak pengamat yang beranggapan bahwa asteroid bernama HellaFlush ini dapat berisiko jika meracuni fenomena di kalangan anak muda. Saking mewabahnya–sebut saja, aliran modifikasi HellaFlush–beberapa memiliki karakter modifikasi yang cukup ekstrim. Lantas, berisiko kah jika jenis modifikasi ini dianut oleh para modifikator mobil di Indonesia? Berilkut ulasannya!

Aliran Modifikasi HellaFlush Bukan Untuk Pemakaian Sehari-Hari

Kombinasi antara fitment velg yang maksimal, ruang celah antara fender dan ban yang sangat tipis, serta jarak bodi yang sangat rapat dengan tanah merupakan hal wajib yang dilakukan pada jenis aliran modifikasi HellaFlush. Namun, kombinasi modifikasi pada mobil HellaFlush sejatinya bukan modifikasi mobil yang baik untuk digunakan sehari-hari. Hal ini karena low ground clearance pada mobil akan berdampak pada sulitnya pengemudi dalam bermanuver ketika menemukan kondisi jalanan berlubang. Apalagi, beberapa jalanan di Indonesia seringkali ditemui polisi tidur yang akan semakin menyulitkan pengemudi dalam mengontrol kemudi. Untuk itu, perlu teknik khusus agar mobil tidak mentok dengan kondisi jalanan polisi tidur. Tentu saja, hal ini akan mengganggu kenyamanan pengemudi mobil lain.

Performa Handling Yang Berkurang

Aliran modifikasi HellaFlush memiliki karakter yang sangat mencolok di bagian ban dan velg. Biasanya–modifikator beraliran HellaFlush–akan mengubah bagian shockbreaker dan kaki-kaki sampai batas maksimal. Walaupun terlihat atraktif, nyatanya mobil bergaya HellaFlush memiliki tingkat kenyamanan yang kurang baik. Hal tersebut dikarenakan performa handling pada mobil menjadi berkurang. Jika Anda tertarik memodifikasi mobil bergaya HellaFlush, akan sah-sah saja jika untuk keperluan kontes. Namun, untuk berkendara sehari-hari, rasanya akan sedikit kerepotan dalam menangani mobil bergaya HellaFlush di jalanan Indonesia, terutama di Jakarta.

Aliran HellaFlush di Indonesia Tidak Lazim?

Kenyataannya, banyak yang salah kaprah mengenai modifikasi HellaFlush di Indonesia. Anggapan bahwa HellaFlush haruslah menggunakan velg yang keluar dari batas bodi. Padahal belum tentu benar, karena kalau velg keluar dari bodi beserta tapak bannya, itu bukan lah HellaFlush. Apalagi jika masih ada celah antara ban dan fender. Hal tersebut justru semakin jauh dari definisi HellaFlush sebenarnya. HellaFlush seharusnya tidak memiliki celah sedikitpun antara ban dan fender.

Nah, itu dia sebenarnya sedikit ulasan mengenai aliran modifikasi HellaFlush yang sedang mewabah di kalangan anak muda. Style yang atraktif dan sporty sangat jelas terlihat pada aliran ini. Karena pada dasarnya, aliran modifikasi HellaFlush merupakan adaptasi dari mobil-mobil khusus aktivitas drift, baik drift legal–dilakukan di sirkuit secara resmi–atau drift ilegal–dilakukan di jalanan. Tentu saja, berbagai mobil bekas yang tersedia di Momobil.id bisa saja Anda modifikasi bergaya HellaFlush!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”