GIIAS 2022: Accelera Rilis Ban Khusus Kendaraan Elektrifikasi

ulinulin.com – TANGERANG – Tren kendaraan elektrifikasi di Tanah Air terus berkembang. Pabrikan otomotif secara menerus menghadirkan produk anyar. Seiring bertumbuhnya segmen tersebut, industri pendukung pun ikut bergerak. Salah satunya produsen ban Accelera, PT Elangperdana Tyre Industry (Eptyres) yang menghadirkan produk barunya saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Adapun produknya yakni Accelera Iota EVT. Sesuai namanya ia ditujukan untuk mobil bertenaga ramah lingkungan mulai dari PHEV, HEV hingga BEV. Diciptakan khusus oleh Tyre Enginer EPTI, ia diklaim telah memenuhi persyaratan ban kendaraan elektrifikasi sehingga dapat diterima di pasar internasional.

Pola Accelera Iota EVT dibuat asimetris dan punya desain dinding unik. Menurut Koko Jatmiko selaku R&D Manager PT Elangperdana Tyre Industry, pengembangannya mampu mencapai output mumpuni. Pertama adalah kadar kebisingan (noise) rendah, daya cengkram optimal dan rolling resistance minim. Dua poin terakhir bertolak belakang, tapi Accelera dapat klaim mengimbanginya dengan baik.

Rolling resistance minim bertujuan memaksimalkan penghematan energi baterai. Sementara daya cengkram maksimal mengizinkan performa tinggi tercapai. Selain itu, durabilitas juga menjadi pertimbangan. Di mana mobil elektrifikasi menghasilkan torsi instan dan besar bakal mempengaruhi ban. Tentunya ini bakal menguji kekuatan ban. Makanya kompon yang digunakan khusus.

“Sebelum menciptakan produk kami sudah melakukan Analisa memakai software. Didapat tidak jauh dari 68 desibel noise-nya. Mengingat mobil elektrifikasi kan tidak ada suaranya, jangan sampai suara roda terdengar kencang,” ucap Koko saat peluncuran di GIIAS 2022, Selasa (16/08/2022).

Iota EVT tersedia dalam dua ukuran, 195/50 ring 16 inci dan 285/35 ring 22 inci. Makin menarik lantaran ban tersebut diproduksi menggunakan teknologi antena. Ia berfungsi mentransfer elektrostatis yang muncul pada tapak ban, sehingga meminimalisir potensi percikan api atau kebakaran.

Walau dibuat untuk kendaraan elektrifikasi, tapi menurut Dicky Mursalie, Managing Director PT Elangperdana Tyre Industry bahwa Iota EVT bisa juga dipakai mobil konvensional. Tentunya dengan banderol yang tak lebih murah dari roda pada umumnya. Ya, meski belum diumumkan harganya, Eptyres sudah memastikan nilainya bakal lebih mahal. Lantaran proses pengembangan, pembuatan dan material pembentuk tidaklah mudah.

Selain mengenalkan Accelera Iota EVT, Eptyres turut memasarkan Otani yaitu ban radial untuk truk dan bus. Barang diimpor dari Thailand, di mana perusahaannya masih satu group. Terdapat dua tipe yang dikenalkan, yaitu OH107 dan OH201.

OH107 memiliki ukuran 10.00-20 PR16 untuk truk dan bus. Tapaknya dibuat lebar dan solid agar traksi mumpuni di jalan basah. Selain itu kompon dioptimalkan sehingga memberikan jarak tempuh jauh dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Selanjutnya casing kuat untuk penggunaan umur panjang dan mengakomodasi vulkanisir.

Khusus Otani OH201 punya setelan 7.50-16 PR14 untuk penggunaan truk ringan. Tatanan ban memiliki lug pada bagian shoulder yang berfungsi menahan benturan dan meningkatkan kerja traksi dalam kondisi apapun. Penampang dibatik zig-zag khusus memberikan ketahanan terhadap chipping dan cutting di medan offroad. Ini masih ditambah jenis tapak lebih dalam sekaligus lebar guna mendapatkan jarak tempuh lebih jauh dan evakuasi efektif.(MUHAMMAD HAFID / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”