GIIAS 2022: Bekal Subaru BRZ Generasi Baru Bikin Seru Dikendarai di Sirkuit & Jalan Raya

ulinulin.com – TANGERANG – Subaru Indonesia merilis dua model terbarunya yakni Subaru XV dan Subaru BRZ di GIIAS 2022. Menariknya, setelah satu jam diluncurkan, Subaru BRZ langsung ludes terjual sebanyak 10 unit dan terus bertambah di hari berikutnya.

Tersedia dua pilihan varian yang dipasarkan di Indonesia yakni Subaru BRZ transmisi manual dengan banderol Rp 825 Juta dan varian bertransmisi otomatis yang dijual seharga Rp 850 juta.

Animo masyarakat terhadap Subaru BRZ sekaligus membuktikan kekuatan brand Subaru sekembalinya ke Tanah Air setelah absen selama tujuh tahun. Apalagi Subaru BRZ dikenal sebagai kendaraan dengan DNA motorsport yang kuat dan kini hadir lewat beberapa penyempurnaan di dalamnya. Berikut ini sejumlah penyempurnaan yang dilakukan pada Subaru BRZ generasi kedua yang kini dipasarkan juga di Indonesia.

“Tujuan partisipasi perdana kami di ajang GIIAS 2022 ini adalah untuk memperkuat pesan kembalinya brand Subaru ke Indonesia dengan dukungan langsung dari Subaru Corporation Jepang. Kami juga sangat mengapresiasi respons positif masyarakat di GIIAS 2022 yang dilihat dari jumlah pengunjung dan antusiasme pemesanan untuk Subaru BRZ dan XV,” kata Arie Christhoper, COO Subaru Indonesia.

Subaru BRZ menghadirkan desain yang sarat akan nilai motorsport pada eksteriornya, salah satunya ialah garis-garis atletis yang membentang hampir di seluruh bodinya. Belum lagi penggunaan side sill spoiler dan air intake yang terletak di belakang roda depan demi tingkat aerodinamika yang lebih maksimal. Pada bagian belakangnya terdapat ducktail yang menyatu dengan pintu bagasi, tentu ini juga memberikan sumbangan besar terhadap jalur angin saat berakselerasi.

Di samping itu, Subaru BRZ generasi kedua ini berdiri di atas chassis yang dikembangkan secara khusus demi menghasilkan center of gravity yang maksimal. Bahkan jarak wheelbase yang dibuat 101,4 inci ini diklaim membuat distribusi bobot kendaraan yang nyaris sempurna dan mudah dikendalikan baik di jalan raya maupun sirkuit.

Terdapat penyempurnaan pada struktur chassis bagian depan yang telah ditingkatkan kekakuannya hingga 60 persen, hal tersebut demi menghasilkan pengendalian yang stabil saat berbelok dan kemudi yang responsif. Di sisi lain, terdapat peningkatan pada kerja suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih ideal untuk meladeni pengendaraan yang agresif seperti di sirkuit.

Pada generasi kedua ini, Subaru BRZ masih menggunakan mesin boxer 4-silinder 2.4 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 235 hp dengan torsi 250 Nm. Di Indonesia tersedia dua pilihan varian yakni bertransmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Yang membuatnya menarik adalah fitur yang terdapat pada Subaru BRZ ini, salah satunya ialah mode berkendara dengan lima pengaturan yang berbeda.

Pada varian bertransmisi manual, Subaru BRZ dapat menggunakan track mode yang mematikan intervensi komputer agar kerja suspensi, traksi dan akselerasi sesuai dengan kemauan pengendara. Selain itu, pabrikan juga menyematkan sistem suara mesin boxer di dalam kabin yang aktif saat speedometer berada di atas 5.000 rpm. Diklaim oleh Subaru Indonesia, suara tersebut jauh lebih agresif dibandingkan dengan Subaru BRZ generasi sebelumnya.

Beralih ke varian dengan transmisi otomatis, pengendara akan dimanjakan dengan sejumlah fitur tambahan salah satunya ialah Eyesight. Peranti keselamatan ini terdiri dari sejumlah menu mulai dari Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning dan Lead Vehicle Start Alert.

Sementara pada layanan hiburannya, seluruh varian Subaru BRZ telah dibekali layar berukuran 8-inci yang lengkap dengan sistem multimedia dan konektivitas Apple CarPlay serta Android Auto. Layar tersebut juga berfungsi sebagai tampilan dari Reverse Camera saat kendaraan mundur atau berada di area tertentu.

Sebagai salah satu sedan sport yang sangat digemari, Subaru BRZ juga tidak lupa menyematkan nuansa sporty hingga ke bagain kabin. Memiliki konfigurasi 2+2 yang seluruh joknya sudah mengadopsi desain bucket seat dengan material kulit, Subaru BRZ juga memberikan posisi duduk yang cukup nyaman untuk pengendara. Meski demikian, jok baris keduanya juga dapat dilipat rata untuk memberikan ruang yang luas pada area bagasi dan bisa mengakomodasi sebuah golf bag berukuran besar.

Sementara itu, pada cluster meternya sudah menggunakan tampilan digital dengan titik fokus berbentuk tachometer dan speedometer digital. Selain itu tersedia pula layar yang menampilkan menu lain seperti G-Force meter, Power Display, Lap Timer Battery & Temperature Meter serta Trip Meter. Salah satu yang menarik adalah, saat pengendara menggunakan track mode, tachometer secara otomatis akan bergeser ke grafik linear dengan tampilan warna yang mudah dibaca agar pengemudi dapat lebih fokus berkendara.

Secara umum, apa yang ditampilkan dan disajikan oleh Subaru BRZ generasi kedua ini memang sangat fokus pada performa di arena sirkuit atau trek. Meskipun sejumlah fitur fitur keselamatan juga disematkan untuk mengakomodasi pengendara saat berada di jalan raya. Setelah BRZ, Subaru Indonesia juga berjanji akan menghadirkan model ikonik lainnya dalam waktu dekat ke Tanah Air.(ALVANDO NOYA / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”