GIIAS 2022: Belum Dua Tahun, Daihatsu Rocky Facelift Sudah Meluncur

ulinulin.com – TANGERANG – Model SUV (sport utility vehicle) kompak dari Daihatsu, yaitu Rocky hadir dengan sejumlah penyegaran yang meluncur di GIIAS 2022, hari Jumat (12/8/2022). PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan sejumlah pembaruan pada Daihatsu Rocky, meski umurnya belum genap dua tahun sejak pertama kali diluncurkan.

Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani mengatakan, peluncuran Rocky refreshment ini adalah upaya nyata dari pabrikan untuk mendengar dan menghadirkan permintaan dari konsumen. Harapannya Rocky semakin bisa diterima pasar dengan fokus utama konsumen muda yang aktif.

“Meskipun baru April 2021 kita pertama kali meluncurkan Rocky, hari ini kita mendengar suara konsumen yang berjiwa muda dengan menghadirkan kembali Rocky yang modern, aktif, dan sporty. Ada beberapa sektor yang di-touch up agar looks-nya semakin sporty,” kata Agung di konferensi pers new Daihatsu Rocky, di GIIAS, Jumat (12/8/2022).

Secara keseluruhan tak ada ubahan besar yang terjadi pada Rocky, pabrikan hanya mengubah warna dengan kelir hitam pada bagian grille, velg, dan spion. Sementara untuk varian 1.2X kini dilengkapi dengan Gun Metal Skid Plate yang membuatnya tampil lebih tangguh dan sporty.

Lebih lanjut, pada varian Rocky 1.2 X kini mendapat 2 opsi warna spesial baru yakni, Shining Pearl White dan Red Compagno sehingga sekarang konsumen memiliki lebih banyak pilihan warna. Sekadar informasi, sebelumnya opsi kelir tersebut hanya tersedia pada varian 1.0L Turbo saja.

Untuk diketahui, ubahan eksterior minor tadi berfokus pada Rocky 1.2L, 1.0L, serta ADS. Sementara untuk varian Rocky yang dibekali dengan teknologi ASA (Advanced Safety Assist) belum kedapatan ubahan tadi. Meski begitu beberapa detail komponen seperti spion dan dan grille di varian ADS sudah dikelir hitam sejak peluncuran April 2021 lalu.

Selain ubahan yang sudah disebutkan tadi, tak ada revisi lain pada Rocky, termasuk pada sisi interior dan spesifikasi. Dia tetap menggunakan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang kemudian dilengkapi dengan fitur canggih di kelasnya seperti LED headlamp, auto Retractable mirror, dan sistem keyless.

Ada 2 pilihan mesin yang ditawarkan pada konsumen, pertama 1.200 cc naturally aspirated (tanpa turbo) berkode WA-VE dengan konfigurasi 3-silinder. Layout mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 86,7 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Ini adalah mesin terbaru dari Daihatsu dengan konfigurasi 12 katup DOHC Dual VVT-i yang diklaim pabrikan punya efisiensi bahan bakar yang baik dengan hasil konsumsi BBM di 19 km per liter.

Sementara untuk opsi Rocky 1.0L Turbo dijejali mesin berkode 1KR-VET, 998 cc, 3-silinder yang mampu memuncah tenaga maksimal hingga 96,7 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi puncak menyentuh 140 Nm sejak 2.400 hingga 4.000 rpm. Output tersebut kemudian disalurkan ke 2 roda depan lewat 2 pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis dual mode CVT.

Khusus varian ASA, Daihatsu Rocky memiliki memiliki 6 fungsi fitur keselamatan canggih meliputi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Untuk melengkapi ASA, SUV kompak ini turut dibekali dengan SRS Airbag, ABS, Hill Start Assist, Electronic Brakeforce Distribution, Vehicle Stability Control, SRS Airbags, Rear Parking, dan Back Sonar guna membantu visibilitas pengendara ketika bermanuver mundur.

Bicara harga jualnya, Rocky 1.0L turbo dan 1.2L dilepas dengan banderol mulai Rp 205,2 juta hingga Rp 273,6 juta on the road Jakarta. Nah selama pameran GIIAS 2022 berlangsung, konsumen yang meminang Daihatsu Rocky akan mendapatkan promo dan program khusus aftersales.(BANGKIT JAYA / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”