GIIAS 2022: Honda Perkenalkan Teknologi e:HEV Lewat Model Accord dan CR-V

ulinulin.com – ICE BSD CITY – Pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Honda memperkenalkan teknologi ramah lingkungan. Teknologi e:HEV pada dua model Accord dan CR-V.

Apa mobil baru berteknologi hybrid yang dipamerkan Honda di GIIAS 2022?

Kapan target Honda mewujudkan mobilitas zero emission?

Pada pembukaan, Honda juga memperlihatkan langkah selanjutnya dari pengembangan SUV RS Concept. Kali ini Honda mengungkapkan mobil SUV kompak tersebut akan melakukan tes jalan dalam waktu dekat.

Kotara Shimizu, Presiden Direktur PT HPM mengungkapkan Honda secara global sudah memiliki target tersendiri untuk mobilitas ramah lingkungan yakni zero emission pada 2040. Selain itu Honda juga menargetkan dua juta unit produk EV akan terjual pada 2030 mendatang. Guna menyambut hal tersebut, Honda akan menghadirkan 30 model kendaraan listrik di seluruh dunia.

Soal e:HEV, ini merupakan pendekatan Honda terhadap produk yang lebih ramah lingkungan. Lewat penggunaan teknologi hybrid, Honda berharap dapat mempercepat target yang mereka sudah tetapkan.

“E pada e: HEV melambangkan tekad Honda membawa semangat dan kebahagiaan dalam kehidupan masyarakat lewat energi listrik,” ucap Shimizu dalam sambutannya.

Dua model e:HEV, Accord dan CR-V dibawa langsung mewakili model yang banyak dilirik masyarakat. Kedua model ini belum bisa dipesan dan hanya menjadi show unit selama pameran. Namun bagi yang penasaran, Honda menyiapkan kesempatan untuk mencoba di area test drive GIIAS 2022.

“Kedua model ini kami datangkan untuk memperkenalkan teknologi hybrid Honda pada masyarakat. Bahwa kami punya teknologi ini. Kapan datangnya? Tunggu tanggal mainnya,” ucap Yusak Billy Business Innovation, Sales and Marketing Director.

Dari spesifikasi model di Thailand, model Accord e:HEV menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16 katup 1.993 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 145 ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi 175 Nm pada putaran 3.500 rpm. Transmisinya menggunakan E-CVT untuk menggerakkan motor listriknya.

Sistem hybridnya hadir dengan penggunaan motor listrik sebagai penggerak dengan tenaga maksimum 184 ps dan torsi 315 Nm. Baterainya menggunakan lithium-ion berkapasitas 1,3 kWh. Gabungan mesin konvensional dan motor listriknya menghasilkan tenaga 213 hp.

Accord hybrid menawarkan dimensi panjang 4.894 mm, lebar 1.863 mm, tinggi 1.450 mm dengan jarak sumbu roda 2.830 mm.

Model CR-V e:HEV yang hadir masih menggunakan desain generasi kelima alias CR-V yang saat ini dipasarkan. Model yang didatangkan dari Jepang ini menggunakan mesin konvensional i-VTEC 1.993 cc yang menghasilkan tenaga 145 ps pada 6.200 rpm dan torsi 175 Nm pada 4.000 rpm. Motor listriknya menghasilkan tenaga 184 ps dan torsi di angka 315 Nm. Ini membuat CR-V hybrid terasa superior dalam sisi tenaga.

Soal dimensi, CR-V e:HEV menawarkan panjang 4.600 mm, lebar 2.117 mm, tinggi 2.663 mm dengan ground clearence 190 mm. Peleknya menggunakan ukuran 18 inci yang menegaskan desain SUV gagahnya.

Kedua model ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing yang canggih. Fitur ini terdiri dari beberapa kegunaan sepert collision mitigation braking system, forward collision warning, lane departure warning, road departure mitigation, lane keeping assist system, adaptive cruise control, traffic sign recognition, intelligent speed limiter, dan intelligent adaptive cruise control. Masih ada fitur blind spot information, cross traffic monitor, kamera dengan berbagai sudut pandang serta vehicle stability assist sebagai standar. (SETYO ADHI/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”