GIIAS 2022: Ini Perbedaan Dua Varian Mobil Listrik Wuling Air EV

ulinulin.com – ICE BSD CITY – Kendaraan listrik mungil Wuling Air ev menjadi salah satu bintang GIIAS. Sejak diluncurkan sampai gelaran otomotif akbar di ICE selalu menyita perhatian publik. Apalagi sebagai kendaraan listrik, harganya cukup terjangkau meski bentuknya mini.

Ada berapa varian mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia?

Apa perbedaan antar varian Wuling Air ev?

Wuling sudah mengumumkan harga EVnya tersebut mulai dari Rp 238 juta untuk Air ev Standard Range dan Rp 295 juta untuk varian Long Range. Semua dengan status on the road. Mobil ini pun diproduksi di Cikarang dan telah diumumkan menjadi salah satu kendaraan resmi KTT G20 di Bali bulan November mendatang.

“Kendaraan listrik Wuling buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, kedua varian Air ev dilengkapi inovasi canggih, perangkat keselamatan lengkap hingga deretan fitur modern,” terang Danang Wiratmokoo, Product Planning Wuling Motors saat konferensi pers, Jumat (12/8/2022).

Lantas apa perbedaannya kedua varian Air ev ini? Pertama kita coba bahas persamaannya. Air ev menawarkan dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm. Jarak sumbu roda sejauh 2.010 mm, cukup besar untuk kendaraan dengan kapasitas 4 penumpang. Kaki-kakinya menggunakan suspensi McPherson di depan dan 3-link coil spring di belakang. Peleknya menggunakan ukuran 12 inci dengan ban 145/70 R 12.

Perbedaannya di mulai dari rem. Pada varian standar remnya menggunakan cakram di depan dan tromol di belakang. Long range menggunakan cakram baik di depan dan belakang.

Sisi eksteriornya terlihat berbeda. Long range terlihat futuristik berkat kehadiran lampu LED di depan dan belakang, logo Wuling yang berpendar dan DRL LED memanjang di bagian depan. Standar range terlihat lebih sederhana meski kesan modernya tetap terlihat dari desain yang ditawarkan.

Masuk ke interior, perbedaanya juga mudah terlihat. Pada varian long range terdapat layar berukuran 10,25 inci sebagai head unit dan satu layar meter cluster berkuran sama. Kesannya dasbornya dipenuhi layar besar. Pada mode standar, layarnya lebih kecil yakni 7 inci.

Kesan mewah pada long range hadir dari penggunaan bahan kulit di interior. Ini bisa ditemui pada jok, lingkar kemudi hingga trim. Warnanya gelap karbon dengan soft touch panel di beberapa bagian. Varian standar hadir dengan bahan fabric yang tetap memberikan kenyamanan sedangkan warnanya menggunakan abu-abu terang.

Baterai dan Teknologi Modern Air ev

Berbagai fasilitas modern turut hadir mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port. Wuling menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev.

Soal baterai, kedua varian menggunakan jenis lithium ferro-phosphate. Varian standar hadir dengan kapasitas 17,3 kWh / 115 V yang mampu membawa Air ev sejauh 200 kilometer serta pengisian 8,5jam di arus 2. kW AC.

Varian long range hadir dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh / 115V yang mampu membawa kendaraan sejauh 300 kilometer. Pengisiannya dapat dilakukan dalam 4 jam dengan arus 6,6 kW AC. Kedua varian mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW dan diantarkan melalui transmisi single reduction gear ke roda belakang.

Guna menunjang keselamatan berkendara dengan Air ev, Wuling melengkapi mobil listrik compact ini dengan fitur safety yang lengkap. Terdapat dua airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh. Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX. Khusus Wuling Air ev Long Range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH serta HHC.

“Wuling Air ev hadir menjadi sebagai jawaban tantangan kendaraan ramah lingkungan yang semakin dibutuhkan saat ini yang mampu mengakomodasi kebutuhan berkendara sehari-hari konsumen Indonesia,” ucap Danang. (SETYO ADHI/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”