Girls, Ini Dia 10 Cara Melancarkan Haid yang Mudah dan Aman

ulinulin.com – Kedatangan ‘tamu’ bulanan bisa membuat sebagian wanita merasa bad mood dan uring-uringan. Akan tetapi, jika si ‘tamu’ ini tak kunjung datang tentu saja bakal membuatmu was-was. Tidak rutin mendapat haid setiap bulan bukan berarti hamil. Ada sejumlah faktor penyebab yang bisa menyebabkan haid tidak rutin terjadi setiap bulan.

Ketidaklancaran haid tentu saja membuat wanita yang mengalaminya jadi khawatir. Pasalnya, haid yang tidak lancar ini juga mempengaruhi kesuburan wanita. Sebelum berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mencoba 10 cara melancarkan haid yang mudah dan aman dari Kamini berikut.

1. Jaga Berat Badan Normal

Kelebihan berat badan alias obesitas merupakan salah satu faktor penyebab haid yang tidak lancar. Kondisi ini disebabkan oleh sel lemak dalam tubuh yang menghambat laju hormon dan insulin. Tak hanya menyebabkan siklus menstruasi yang tidak lancar, obesitas juga menimbulkan rasa nyeri atau kram yang akut ketika kamu mendapatkan datang bulan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk menjaga berat badannya tetap ideal. Bukan semata hanya untuk penampilan saja, tetapi juga untuk kelancaran haid. So, mulailah usaha untuk diet sehat jika saat ini berat badanmu melebihi angka normal.

2. Istirahat yang Cukup

Sebagai wanita muda yang aktif kamu mungkin memiliki segudang aktivitas yang padat. Banyaknya aktivitas ini terkadang membuatmu tidak memperoleh istirahat yang cukup. Bahkan mungkin waktu tidurmu setiap hari kurang dari 6 jam.

Ketahuilah bahwa kurang beristirahat bisa membuat haidmu tidak lancar. Apabila tubuhmu tidak memperoleh istirahat yang cukup, hormon kortisol akan diproduksi secara berlebihan. Terlalu banyak hormon kortisol di dalam tubuh dapat mempengaruhi Hypothalamus, hormon yang berkontribusi dalam mengatur siklus menstruasi.

3. Kelola Stres

Stres adalah kondisi yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun, jangan jadikan stres sebagai penyebab haidmu tidak lancar. Stres fisik maupun psikis ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menghambat siklus menstruasi.

Sama seperti ketika kamu tidak memperoleh istirahat yang cukup, stres juga mempengaruhi produksi hormon Hypothalamus. Ketika tubuh gagal memproduksi hormon pengatur siklus menstruasi tersebut, maka haidmu jadi tidak lancar.

4. Konsumsi Makanan Pelancar Haid

Apa yang kamu makan sehari-hari ternyata dapat mempengaruhi kelancaran haid, lho. Untuk melancarkan tamu bulananmu, cobalah mengkonsumsi makanan sehat yang memang dapat membuat siklus menstruasi jadi lancar. Adapun makanan sehat yang dapat melancarkan haid adalah:

    Wortel

Wortel yang diolah menjadi jus akan memberikan asupan Vitamin A, Vitamin C, kalsium, dan iron yang mampu memperbaiki produksi hormon penentu siklus menstruasi. Cobalah untuk meminum jus wortel tanpa gula segelas setiap hari untuk mendapatkan kembali siklus haid yang lancar.

    Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga masuk dalam daftar makanan pelancar haid karena kandungan zat besinya yang tinggi. Konsumsi brokoli setiap hari dapat membuat siklus haidmu yang tadinya tidak lancar menjadi lebih lancar secara bertahap.

    Minyak Ikan

Dengan mengkonsumsi minyak ikan asli, asam lemak omega-3 di dalamnya akan bekerja melindungi ovarium dari kerusakan yang dapat menunda siklus haidmu.

Masih banyak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kelancaran haid. Yang paling penting, perbanyak konsumsi buah dan sayur dan batasi konsumsi makanan berlemak jika kamu ingin melancarkan menstruasimu.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuhmu, salah satunya untuk melancarkan siklus haid. Bila saat ini kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar, introspeksi diri sendiri apakah selama ini kamu sudah rutin berolahraga. Jika belum rutin, inilah saat yang tepat untuk konsisten dalam melakukan olahraga setiap hari.

Olahraga terbukti dapat melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui, peredaran darah yang kurang lancar juga menjadi penyebab haid yang tidak rutin datang setiap bulan. Mulailah berolahraga sejak saat ini. Tak perlu melakukan olahraga berat karena olahraga seperti jogging saja sudah cukup membuat tubuh terasa lebih bugar.

6. Konsumsi Bahan Alami untuk Melancarkan Haid

Mencari obat untuk melancarkan haid tidak semudah kamu mencari obat sakit kepala. Mengapa tak mencoba pengobatan dari bahan alami saja? Selain harganya lebih terjangkau, obat pelancar haid dari bahan alami juga minim efek samping. Berikut ini adalah bahan alami yang bisa dipakai untuk melancarkan datang bulan:

    Kayu Manis

Selain dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh, ternyata kayu manis juga dijadikan sebagai obat alami untuk melancarkan haid. Yang kamu butuhkan hanyalah segelas susu hangat dan 1 sdt bubuk kayu manis. Campurkan bubuk kayu manis ke dalam susu, lalu minumlah selagi hangat.

    Jahe

Siapa bilang air jahe hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh? Air rebusan jahe ternyata sudah dikonsumsi sejak dulu sebagai pelancar haid alami. Rutin mengkonsumsi air jahe setiap hari dapat membuat siklus haidmu jadi lebih lancar.

    Jintan Putih

Satu lagi jenis rempah yang mampu mengembalikan kelancaran siklus haid wanita, yakni jintan putih. Rendam 2 sdm jintan putih di dalam air minum selama semalam suntuk. Pagi harinya, minum air rendaman jintan putih ini saat perut masih dalam kondisi kosong.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”