Golkar Ajak Parpol Gabung KIB, AHY: Politik Tanah Air Masih Dinamis dan Cair

ulinulin.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang membuka peluang partai lain bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu ( KIB ).

Tak menjawab ajakan Airlangga untuk bergabung ke KIB, AHY hanya menilai ucapan itu sebagai pertanda suasana politik 2024 masih cair.

“Ya artinya politik di tanah air ini masih sangat dinamis, tentu juga semakin menghangat ketika berbicara potensi koalisi,” kata AHY ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

AHY melanjutkan, suasana politik yang cair itu disebut masih akan berlangsung hingga awal 2023.

Meski demikian, tak dipungkirinya belakangan peta politik bakal koalisi mulai mengerucut.

“Hari ini kalau kita baca peta politik di tanah air di akhir tahun 2022 dan menjelang 2023, semakin terbentuk komunikasi di antara partai-partai politik, tetapi saya masih meyakini semua sangat cair,” ucapnya.

Kendati demikian, AHY menyambut baik ajakan Airlangga agar Demokrat gabung KIB.

AHY menilai, ajakan itu sebagai niat baik untuk meniti perjalanan politik setiap partai ke depan.

“Yang jelas Demokrat juga ingin berkomunikasi dengan siapapun. Kami menghormati Golkar dan juga KIB yang sudah terbangun sebelumnya. Komunikasi kami juga cukup baik dengan semua, kami sendiri berkomunikasi yang intensif dengan partai-partai yang ada, sama Nasdem dan PKS,” tutur AHY.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto terang-terangan mengajak partai politik lain untuk bergabung ke KIB yang sudah dihuni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Bahkan, Airlangga memberikan jaminan, partai politik itu bisa langsung bergabung KIB dan melakukan nota penandatanganan pada malam ini, Jumat.

“Untuk teman-teman partai yang lain, Partai Golkar sangat terbuka, inklusif, siapapun boleh bergabung. Yang malam ini siap bergabung, Kita teken,” kata Airlangga dalam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat malam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”