Gunung Gajah, Objek Wisata Alam Hits dengan Spot Foto Keren di Kulon Progo

ulinulin.com – Gunung Gajah menjadi salah satu pilihan yang seru dan menyenangkan di Kulon Progo untuk mengakomodir harsat anda berwisata. Destinasi yang di bangun sekitar tahun 2017 ini tergolong wisata baru. Meski begitu, tempat ini sangat ramai untuk di kunjungi wisatawan, baik dari daerah Kulon Progo maupun dari kota lainnya.

Wisata alam yang berada di ketinggian sekitar 800 mdpl ini menggunakan tebing yang keren sebagai tema wisata alam. Tema tersebut cenderung unik serta memukau para wisatawan yang hadir. Ditempat ini anda bisa menjumpai pemandangan Kota DIY Yogyakarta yang keren., anda juga bisa menikmati kemegahan Waduk Sermo dari atas Gunung Gajah.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Gajah

1. Spot Foto yang Unik dan Instagramable

Daya tarik yang bisa anda temukan ketika menghabiskan liburan di Gunung Gajah adalah spot fotonya yang melimpah. Saat ini memang selain menikmati pemandangan, wisatawan cenderung suka untuk menambah koleksi fotonya. Inilah yang menjadi alasan mengapa pengunjung wisata hits Kulon Progo ini adalah kawula muda.

Spot foto yang ada tidak melulu spot foto buatan, melainkan juga digabungkan dengan alamnya yang memang sudah menawan. Di waktu liburan, anda mungkin harus mengantri untuk bisa mengambil foto. Yang jelas, anda harus membawa kamera terbaik sekaligus memori yang lega saat liburan di ekowisata ini.

2. Wahana Outbond

Selain spot foto, destinasi hits ini juga menawarkan wahana outbond yang seru dan juga lengkap. Pada wahana yang keren tersebut anda bisa menggunakan fasilitas seperti flying fox dan juga treetop. Tentunya wahana ini akan semakin membuat liburan semakin seru. Apalagi jika anda menghabiskan waktunya bersama orang tersayang.

3. Udara yang Sejuk dan Dingin

Mengingat kawasan wisata ini berada di daerah ketinggian, maka objek wisata hits ini memiliki udara yang sangat sejuk dan bahkan cendeung lebih dingin. Membuat kegiatan liburan semakin nyaman dan membuat betah. Perpaduan udara sejuk dan pemandangan yang menawan, menjadikan liburan bersama keluarga makin menyenangkan.

Gunung Gajah menawarkan perpaduan pemandangan yang memukau, sehingga sangat pas dan cocok untuk menghilangkan penat dan healing. Dari atas gunung ada bisa menikmati keindahan area persawahan yang berbentuk terasiring dengan perpaduan jalan raya Kota Yogyakarta yang begitu mempesona.

4. Wisata Susur Gua

Daya tarik lain yang menjadikan alasan anda datang ke kawasa wisata ini yaitu karena adanya wisata susur gua. Wisata Gunung Gajah Kulon Progo juga menyimpan gua menarik. Kehadiran gua alam ini memang menarik, dan mengundang rasa penasaran pengunjung. Sehingga kegiatan susur gua menjadi yang paling banyak diminati.

Bagi anda yang tertarik dengan kegiatan ini, diperlukan keberanian yang kuat karena bagian dalam gua yang cukup menantang. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena disana anda akan menemukan jasa pemandu professional. isediakan juga perelatan yang cukup lengkap untuk keselamatan pada saat susur gua.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata alam Gunung Gajah terletak di sebelah Barat Desa Wisata kalibiru. Atau untuk lebih lengkapnya wisata ini berada di Jalan Sermo Girimulyo, Daerah Keterban, Donorejo, Kokap, Wilayah Kulon Progo, Privinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiba di lokasi gunung, anda bisa mengunakan rute melewati kawasan Jalan Godean.

Butuh menempuh jarak sekitar 37 km untuk sampai di lokasi dengan medan yang cukup menantang. Karena butuh keberanian mengingat di beberapa bagian anda akan menemukan jalan yang tidak mudah ditempuh. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun city car.

Nantinya jika anda sudah sampai di tempat parkir, anda hanya perlu berjalan kaki beberapa langkah untuk sampai di gardu pandang Gunung Gajah. Petunjuk jalan menuju sudah memadai, sehingga mudah bagi anda untuk menjangkaunya. Jika mengalami kesulitan anda bisa bertanya pada warga sekitar atau memanfaatkan GPS pada smartphone anda.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Wisata alam yang sangat digemari oleh pendaki ini juga memiliki jam operasional yang sama dengan tempat wisata pada umumnya. Wisata instagramable ini mempunyai jam operasioanal yang dibuka mulai hari senin hingga minggu pada pukul sekitar 09.00 WIB hingga sekitar pukul 17.00 WIB. Pada hari libur nasional, tempat ini tempat buka bahkan semakin banyak pengunjung.

Harga tiket yang di tawarkan jika anda berkunjung di lokasi sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek kurang lebih sekitar 5 ribuan per orang. Sedangkan bagi anda yang kesini membawa kendarakan motor hanya perlu menambahkan uang sekitar 2 ribu saja untuk parkir. Dan untuk mobil sekitar 5 ribu per kendarakan.

Rekomendasi waktu yang tepat jika berkunjung ke sini yaitu ketika hari cerah baik sore atau pagi hari. Sore hari bisa menjadi pilihan, karena anda bisa sekalian menikmati sunsetnya yang indah. Disarankan anda tidak menggunakan sandal japit karena akan menyiksa kaki anda pada saat trekking. Dan pastikan anda menggunakan pakaian yang nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Gajah

1. Menaiki Wahana Flying Fox

Aktifitas menarik yang dapat anda nikmati yang pertama saat berkunjung di wahana wisata Pegunungan Kulon Progo yaitu dengan menaiki flyig fox. Wahana ini dapat anda temukan di sekitar area outbond. Biasanya wisatawan yang memiliki keberanian dengan ketinggian dan suka dengan tantangan, tidak melewatkan meluncur dari atas ketinggian dengan wahana ini.

Tenang saja, anda tak perlu takut akan keamanan mengingat perlengkapannya sudah terjamin. Disana anda juga akan didampingi oleh profesional yang sudah berpengalaman, sehingga wisata anda akan semakin seru dan menyenangkan. Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian sekaligus mencoba sensasi yang menyenangkan.

2. Mencoba Wahana Treetop

Wahana treetop dibuat untuk menambah aktifitas menarik saat anda berkunjung ekowisata Gunung Gajah. Saat di area outbond pasti anda sudah tidak asing dengan treetop karena wahana ini sangat identik dengan kegiatan outbond. Baik yang dilakukan secara individual maupun secara kelompok. Wahana ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 50 ribu.

Treetop sendiri merupakan salah satu wahana yag berbentuk lintasan yang menghubungkan antara satu pohon dengan pohon lainnya. Lintasan ini biasanya berada di ketinggian dan terdiri dari papan kayu dan juga tali. Untuk sampai pada pohon yang di tuju, anda harus menyebrangi sekitar 10 papan kayu yang terpasang, dengan kemiringan sekitar 15 hingga 60 derajat.

3. Susur Gua

Bagia anda yang suka dengan olah raga yang menantang adrenalin, maka aktivitas satu ini sangat cocok untuk anda. Susur gua ini biasanya paling diminati oleh remaja atau orang dewasa yang sangat suka dengan kegiatan outdoor dan tidak takut kotor. Menyusuri goa butuh keberanian mengingat medannya yang menantang juga gelap.

Saat melakukan susur gua, anda juga akan dilengkapi dengan pengaman yang lengkap. Jika anda tidak memiliki, disana sudah disediakan tempat penyewaan alat keamanan untuk susur gua. Selain itu saat anda susur gua, anda akan ditemani oleh profesional terbaik yang sudah berpengalaman. Untuk harga tiket menikmati kegiatan susur gua ini anda hanya menambah sekitar 25 ribu saja.

4. Berfoto di Area Instagramable

Anda juga bisa mengambil foto-foto hits yang instagramable di Gunung Gajah. Biasanya wisatawan akan mengabadikan momennya di area berfoto area bunga. Akan tetapi area bulan sabit menjadi salah satu ikon spot foto yang paling banyak di gandrungi oleh pengunjung, terutama remaja. Karena memiliki latar belakang yang begitu pas di kamera.

Anda juga dapat menambah koleksi foto anda di instagram dengan berpose foto di area tebing. Tidak hanya pengunjung saja yang bisa mengabadikan momen di area tebing ini, akan tetapi pada beberapa kesempatan, anda juga bisa melihat sepasang muda mudi melakukan foto preweading di area yang cantik ini.

Spot lainnya yang tak kalah menarik adalah spot foto gembok cinta, top bunga, dan juga spot sky bar. Diatas gunung yang gagah tersebut anda juga bisa memotret panorama alam Kota Yogjakarta dari kejauhan. Kehadiran spot spot ini akan memudahkan pengunjung untuk menambah koleksi foto kekiniannya.

5. Menikmati Pemandangan

Saat anda sudah berada di puncak Gunung Gajah, maka anda akan menikmati pemandangan Kota Yogyakarta yang sangat cantik. Bila sudah memasuki sore hari Kota Yogyakarta akan terselimuti kabut yang tidak begitu tebal, yang akan menambah pesona dan daya tarik wisata ini. Pemandangan dari ketinggian ini dijamin akan memanjakan penglihatan anda.

Kawasan wisata hits ini juga berdekatan dengan wisata lain yang tidak kalah populer yaitu mulai dari Pule Payung dan juga Kedung Pedut. Sehingga saat anda menaiki gunung keren ini anda akan mendapatkan nilai plus karena bisa menikmati keindahan wisata alam lainnya di kawasan Kulon Progo.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Ekowisata

Saat anda berkunjung ke tempat wisata, salah satu hal yang pasti sangat anda perhatikan adalah fasilitas yang ditawarkan. Gunung Gajah termasuk destinasi yang menawarkan fasilitas memadai dan lengkap. Begitu anda tiba, anda sudah bisa menemukan area parkir luas juga aman. Meskipun masih dikelola oleh warga sekitar sendiri.

Setelah perjalanan dari tempat parkir, anda dapat beristirahat di beberapa pos yang di sedikana untuk menikmati bekal yang and bawa. Jika anda tidak membawa bekal, anda bisa langsung menunju kafeteria untuk menyantap makanan berat atau gorengan hangat. Istirahat serasa nikmat sambil menikmati pemandangan sambil beberaapa kali memotretnya.

Anda juga bisa tetap eksis di media sosial karena tersedia fasilitas WIFI gratis.Tidak ketinggalan fasilitas seperti toilet yang bersih dan mushola untuk beribadah. Untuk fasilitas penginapan, anda dan keluarga anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 menit dari lokasi. Apabila anda menginginkan penginapan dengan fasilitas lebih lengkap, anda bisa langsung ke pusat Kota Yogyakarta.

Ekowisata Gunung Gajah bisa anda jadikan sebagai pilihan liburan ketika berada di Kulon Progo. Menawarkan panorama indah sekaligus berbagai kegiatan menarik, liburan anda pasti akan menyenangkan. Belum lagi udaranya yang sejuk juga fasilitas yang lengkap, dijamin anda tidak akan menyesal untuk berkunjung ke wisata hits Kulon Progo ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”