Gunung Lembu, Spot Favorit Menikmati Keindahan Sunrise & Sunset di Purwakarta

ulinulin.com – Gunung Lembu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik Anda kunjungi sewaktu berada di Purwakarta, Jawa Barat. Jika Anda memang memiliki hobi untuk mendaki, maka gunung yang memiliki ketinggian sekitar 792 mdpl ini dapat menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda tuju. Tempat satu ini memang memiliki pesona alam yang indah. Segala pikiran penat dan rasa lelah akan hilang sesampainya di puncak.

Gunung Lembu merupakan salah satu gunung yang bisa Anda temukan di kawasan Purwakarta. Di gunung ini, Anda pun bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Bagi Anda yang merupakan pendaki pemula, tak perlu khawatir. Sebab gunung satu ini memang sangat pas bagi Anda yang baru saja mendaki.

Dengan puncaknya yang tidak begitu tinggi, membuat gunung ini pun sangat mudah untuk ditaklukan. Bahkan trek dari gunung satu ini juga sangat pas bagi Anda yang memang jarang mendaki. Bahkan bagi Anda yang sebelumnya belum pernah mendaki, kawasan pegunungan ini juga sangat cocok untuk Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Lembu

Keindahan alam di pegunungan memang menjadi salah satu hal yang tak perlu diragukan lagi. Hal ini pula yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Gunung Lembu yang Anda temukan di Purwakarta. Banyak yang berkata jika keindahan dari gunung ini dapat dinikmati siapa saja.

Bahkan bagi Anda yang baru saja mendaki gunung. Sebab ketika Anda berada disini, Anda tak perlu bersusah payah untuk mendakinya seperti gunung yang lain. Pemandangan indah yang tersaji di gunung ini memang akan membuat siapa saja terpincut. Untuk itu, jika Anda ingin mendaki gunung dan kebetulan berada di Purwakarta, bisa menjelajah gunung satu ini.

Meskipun Gunung Lembu bukan merupakan gunung favorit bagi sebagian besar pendaki, namun ketika Anda mendaki gunung satu ini tentunya tidak akan menyesal. Bagaimana tidak, keindahan yang ada di gunung satu ini pastinya akan membuat Anda takjub dan betah untuk menghabiskan waktu berlama lama disini.

Keindahan pemandangan yang dimiliki oleh puncak gunung ini akan menjadi salah satu kenangan yang tidak akan Anda lupakan saat berada di Purwakarta. Pemandangan yang ada di puncak ini memang tak tertandingi. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pendakian.

Pemandangan Waduk Jatiluhur dari ketinggian akan membuat siapa saja menjadi terpukau. Biru dan jernihnya air di danau tersebut akan menjadi suasana indah tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berada di puncak gunung satu ini. Panorama indah yang ada di lokasi ini akan membius wisatawan dan pendaki yang datang.

Ketika Anda telah sampai di puncak, maka Anda pun akan melihat indahnya Waduk Jatulihur dari ketinggian. Tidak hanya itu, waduk tersebut akan memiliki panorama yang berbeda dari yang biasa Anda lihat. Sebab, gumpalan awan yang ada di lokasi ini menjadi salah satu hal yang sangat eksotik.

Kemudian, Anda juga akan disuguhkan dengan lanskap dari pegunungan Parang yang menjulang tinggi. Tak berhenti disitu saja, pemandangan kota Purwakarta yang gemerlap pun juga menjadi salah satu hal yang bisa Anda saksikan ketika menghabiskan waktu di Gunung Lembu yang ada di Purwakarta ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung Lembu

Apabila Anda memang sudah mantap untuk mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun bisa menempuh perjalanan dari pusat Purwarkarta. Untuk rute yang lebih mudah, Anda bisa memulai perjalanan dari Taman Air Mancur Sri Baduga. Jika Anda berjalan dari ini, jarak yang Anda tempuh hanya sekitar 25 km saja.

Sebenarnya, lokasi dari Gunung Lembu ini sangat berdekatan dengan Waduk Jatiluhur. Untuk alamat lengkapnya sendiri adalah di Dukh Manunggal. Tepatnya di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Selain itu, untuk waktu tempuh dari pusat kota yakni sekitar 1 jam perjalanan hingga sampai di parkiran Kawasan wisata.

Bagi Anda yang ingin datang bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya, ketika Anda telah samapi di kawasan parkiran, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking. Hal ini dilakukan agar Anda bisa sampai di lokasi utama dari gunung ini.

Tertarik untuk mendaki gunung satu ini? jika Anda merupakan salah satunya maka Anda pun akan dikenakan biaya tiket masuk yakni sebesar 10 ribu rupiah saja per orang. Sedangkan untuk tiket parkir yang harus Anda bayarkan saat berwisata di gunung satu ini adalah sekitar 5 ribu rupiah.

Mengenai jam buka dari gunung yang ada di Purwakarta ini yaitu buka selama 24 jam penuh. Anda pun juga bisa datang setiap hari, karena Gunung Lembu buka dari hari Senin hingga hari Minggu. Tentunya akan menjadi salah satu tempat yang cocok bagi Anda untuk berlibur dan melepas penat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Lembu

1. Trekking

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di gunung ini adalah trekking atau mendaki. Kegiatan ini pastinya harus Anda lalui untuk bisa sampai ke puncak gunung yang indah ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena trek untuk bisa sampai ke atas puncak cenderung tidaklah sulit.

Sebab, puncaknya yang tidak terlalu tinggi akan membuat Anda lebih mudah mendakinya. Selain itu, sepanjang perjalanan Anda pun juga akan menikmati pemandangan alam yang indah. Pohon pohon menjulang dan hijau yang bisa Anda temui selama pendakian akan menjadi hal yang bisa Anda dapatkan.

Gunung Lembu ini memang terkenal sebagai salah satu gunung yang memiliki ciri khas trek pendakian yakni cukup landai. Tak heran, banyak orang mendaki gunung ini sebagai tempat untuk latihan mendaki gunung yang lebih tinggi. Ada juga beberapa orang yang mendakinya sebagai ajang uji coba.

Untuk jalur pendakiannya terbilang cukup pendek, sehingga Anda pun bisa melewatinya hingga sampai puncak dalam waktu yang tidak lama. Disini, Anda akan melakukan pendakian dengan melewati tiga pos hingga sampai ke puncak. Waktu yang bisa Anda tempuh adalah kurang lebih 3 jam perjalanan.

Jalur yang Anda tempuh adalah melewati tanah merah setapak terlebih dahulu. Kemudian berlanjut melewati hutan bambu dan sampai di saung yang bisa Anda gunakan untuk rehat. Disini pun menjadi tempat untuk membeli perbekalan. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai ke puncak.

2. Berkemah

Di tempat satu ini juga menjadi kawasan yang pas untuk berkemah. Untuk itu, jika Anda mendaki gunung satu ini, maka tak ada salahnya untuk sekalian camping atau melakukan aktivitas berkemah. Jika Anda memang ingin sekaligus berkemah disini, ada baiknya Anda membawa perlengkapan secara lengkap.

Sebut saja seperti tenda, sleeping bag hingga peralatan untuk memasak. Hal ini dikarenakan jika Anda ingin berkemah, di lokasi satu ini tidak menyediakan fasilitas penyewaan. Oleh karena itu, Anda pun bisa sekaligus membawanya ketika melakukan pendakian ke kawasan wisata satu ini.

3. Menikmati Pesona Sunrise dan Sunset di Gunung Lembu

Salah satu keistimewaan dari gunung ini adalah pemandangan sunrise dan sunsetnya. Jika kebanyakan pendaki melakukan perjalanan satu kali saja, yakni berangkat di pagi hari untuk mendaki, biasanya akan turun ketika menjelang sore. Namun, pendaki tersebut justru melewatkan momen yang indah di lokasi ini yakni sunrise dan sunsetnya.

Pasalnya pesona matahari terbit maupun tenggelamnya akan membuat siapa saja menjadk takjub. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk mendaki gunung satu ini, ada baiknya Anda menginap atau camping semalam disini. Sebab, Anda pun akan bisa disuguhkan dengan keindahan yang luar biasa apiknya ini.

Ketika pagi tiba, adalah waktu yang sangat pas untuk menghapus rasa lelah akibat seharian penuh mendaki gunung ini. Dengan melihat indahnya matahari terbit, tentu saja akan menjadi salah satu hal yang sangat mengagumkan. Ditambah lagi, Anda pun akan disuguhkan dengan keindahan Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang dalam waktu yang bersamaan.

Latar belakang pemandangan sunrise di tempat satu ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga menyaksikan momen matahari terbit di pagi hari menjadi salah satu kegiatan sempurna yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di lokasi Gunung Lembu ini.

Namun, tidak hanya itu saja sebab pesona matahari terbenam yang Anda saksikan di sini memang akan membuat siapa saja menjadi takjub. Untuk itu, Anda pun tak boleh melewatkan kesempatan satu ini ketika berada di gunung ini. Pendaki yang melakukan perjalanan kesini, pastinya akan mengejar momen sunset.

Pemandangan matahari yang terbenam tentu saja menjadi salah satu daya tarik yang dicari wisatawan saat berada disini. Tak hanya melihat indahnya sunset, ketika senja tiba Anda pun akan disuguhkan dengan berubahnya langit Purwakarta menjadi gelap dan gemerlapnya bintang serta lampu lampu kota yang sangat cantik.

Suasana tenang dan damai yang Anda temukan di tempat satu ini akan menjadi keindahan tersendiri. Apabila Anda mencari lokasi yang pas untuk melepas penat atau relaksasi, Gunung Lembu dapat menjadi salah satu jawaban yang pas. Sebab pesona alamnya memang akan menenangkan hati dan pikiran Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Gunung Lembu Purwakarta

Adapun berbagai fasilitas yang bisa Anda temui di Gunung Lembu antara lain adalah area parkir yang terbilang cukup luas. Selain itu, juga telah tersedia toilet untuk kebutuhan Anda. Disini, juga tersedia tim pemandu agar nantinya perjalanan Anda tidak tersesat saat mendaki gunung satu ini.

Akan tetapi, apabila Anda ingin bermalam dan menginap di sini tidak terdapat fasilitas seperti villa maupun tempat penginapan. Oleh karena itu, jika Anda memang berencana untuk menghabiskan malam di lokasi satu ini, ada baiknya Anda membawa peralatan camping dan berkemah disini.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sewaktu berada di Gunung Lembu. Berwisata ke gunung satu ini memang menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk melepas penat. Tak hanya itu saja, pemandangan yang ada disini pun sangat memukau dan pastinya akan membuat Anda betah berlama lama menghabiskan waktu disini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”