Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/10/ZXn5Pos1/membeli-mobil-tua-1-7c6b.jpg”>

Populasi mobil bekas memang jauh lebih besar dibanding mobil baru, karena mobil bekas datang dari berbagai tahun produksi. Dan biasanya untuk konsumen dengan dana terbatas, memilih untuk membeli mobil tua.

Mobil dengan tahu produksi yang sudah di atas 5 tahun memang memiliki harga jual jauh lebih murah dibanding mobil baru. Belum lagi, harga mobil ini masih bisa di nego kepada para penjualnya, sesuai dengan kondisi mobil dan kebutuhan perbaikan dari mobil tersebut.

Hal itu tentu sangat cocok untuk Anda yang mau membeli mobil sesuai dengan dana yang tersimpan tanpa membutuhkan fasilitas kredit. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun kondisi dan tingkat orisinalnya masih seperti mobil baru.

Tetapi tentu saja Anda harus mengetahui hal-hal yang patut diperhitungkan saat membeli mobil tua. Berikut saran dari tim Cintamobil:

1. Harga

Sebaiknya harga yang tercantum dinego lagi

Keuntungan paling utama dari membeli mobil tua adalah harganya yang jauh lebih murah dari mobil baru. Tentunya ini akan mengurangi pengeluaran bulanan Anda karena mobil lebih terjangkau untuk dibeli secara tunai tanpa kredit. Sebaiknya Anda melakukan negosiasi harga sebelum membawa mobil yang Anda incar, guna memperhitungkan berapa biaya perbaikan mobil tersebut setelah Anda miliki.

2. Bahan Bakar

Mobil tua lebih boros dari mobil baru

Biasanya mobil dengan usia lebih dari 5 tahun memiliki teknologi sistem pembakaran pada mesin yang sudah tidak lagi digunakan pada mobil-mobil baru. Terutama dalam hal efisiensi pemakaian bahan bakar. Jangan sampai pengeluaran harian Anda jadi berlipat ganda hanya untuk isi bahan bakar mobil tua Anda.

3. Teknologi

Anda harus paham dengan teknologi di mobil tua

Dalam memilih mobil tua, sebaiknya Anda juga memahami teknologi dari mobil tersebut termasuk sistem tekniknya. Hal itu agar Anda mengetahui jika mobil sedang mengalami masalah, karena terkadang bengkel tidak paham dengan sistem mekanis mobil yang sudah terlalu tua.

4. Suku Cadang

Jangan sampai suku cadangnya langka

Dengan usia lebih dari 5 tahun tentunya suku cadang dan aksesoris dari mobil sudah harus mengalami peremajaan. Saat akan memutuskan membeli mobil tua sebaiknya Anda pastikan ketersediaan suku cadangnya tetap ada dan berlimpah. Jangan sampai karena suku cadangnya sudah tak lagi tersedia, mobil tidak bisa lagi digunakan saat ada komponen yang rusak.

5. Harga Jual Kembali

Anda bisa pilih mobil dengan kategori collector item

Untuk memutuskan membeli mobil tua, sebaiknya pikirkan juga harga jual kembalinya. Karena sejatinya setiap mobil memiliki depresiasi harga jual kembali hingga Rp5 juta per tahun. Kecuali untuk mobi-mobil dengan kategori collector item.

Demikian hal-hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli mobil tua. Selamat berburu mobil tua!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”