Hanya Beda Rp 10 Juta, Pilih Toyota Venturer Atau Fortuner?

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/15/6kDubyiR/tips-pilih-fortuner-atau-venturer-2-3394.jpeg”>

Produk MPV memang masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia hingga saat ini. Namun model SUV perlahan tapi pasti mengalami peningkatan seiring tren konsumen yang menyukai mobil berkarakter gagah. Bila Anda mempunyai budget sekitar Rp 450 juta hingga Rp 500 juta, ada dua pilihan menarik dari dua segmen ini dengan harga yang berbeda tipis. Toyota Venturer tipe Q 2.4 Diesel A/T sebagai MPV dibanderol Rp 464,4 juta, sementara pada segmen SUV ada Fortuner tipe G 2.4 Diesel M/T. Satu persamaan dari kedua mobil ini adalah mesin diesel berkode 2GD-FTV 4-silinder berkapasitas 2.400 cc yang sudah menggunakan teknologi VNT Intercooler.

Salah satu kesamaan Toyota Fortuner dengan Venturer adalah mesin diesel berkapasitas 2.400 cc

Penggunaan mesin yang sama ini pun juga diikuti dengan tenaga dan torsi maksimum yang mirip ketika Anda bingung pilih pilih Toyota Venturer atau Fortuner. Keduanya sama-sama mempunyai tenaga maksimum 149 Ps pada 3.400 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, Toyota Fortuner lebih besar dengan 400 Nm di 1.600-2.000 rpm dibandingkan Venturer yang hanya 342,2 Nm di 1.200-2.800 rpm. Selain itu meski harga mirip, dua tipe ini mempunyai perbedaan pada transmisi. Bila Anda lebih mengutamakan kenyamanan melalui transmisi otomatis, maka Toyota Venturer menjadi pilihan paling ideal. Namun bila Anda lebih menginginkan bodi yang gagah khas SUV tanpa peduli dengan transmisi, Toyota Fortuner adalah pilihannya.

Eksterior

Meski model MPV, Toyota Venturer mempunyai tampilan cukup gahar layaknya sebuah SUV

Berbicara soal penampilan untuk pilih Toyota Venturer atau Fortuner, keduanya mempunyai karakter yang maskulin dan elegan. Seperti pada bagian depan yang mempunyai aksen krom pada beberapa sisi dengan lampu utama yang pipih membuatnya tampil elegan. Namun untuk tipe terendah dari Fortuner ini belum menggunakan LED. Lampu kabut yang dibalut dengan cover hitam membuatnya tampil maskulin dan membantu Anda ketika melintasi jalan berkabut di area pegunungan, misalnya. Pada sisi samping kesan gagah diperlihatkan dengan pelek Alloy berukuran 256/60 R18 dengan fender hitam diatas roda. Pijakan kaki untuk masuk ke dalam kabin juga membuat mobil ini semakin kental aura SUV. Lampu belakang yang juga pipih seperti lampu depan membuatnya terlihat semakin elegan seperti mobil-mobil mewah.

Dimensi yang besar dan ground clearance tinggi membuatnya terlihat gagah layaknya sebuah SUV

Sementara untuk Toyota Venturer, meski mempunyai basis sebagai MPV tetapi penampilannya menurut kami cukup maskulin dan elegan. Seperti dark chrome grille serta modern fog lamp yang menunjang dua karakter tersebut. Penymatan fender plastik berwarna hita pada setiap roda juga membuat mobil ini terlihat gagah meski secara dimensi tidak terlalu besar seperti Toyota Fortuner. Dalam data spesifikasi, Toyota Venturer mempunyai total panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Berbeda cukup banyak dibandingkan dengan Toyota Fortuner yang mempunyai dimensi panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm.

Interior

Motif silver serta desain asimetris membuat tampilan interior Toyota Fortuner terlihat maskulin khas SUV

Dalam hal interior, bila Anda bingung pilih Toyota Venturer atau Fortuner sama-sama memiliki aura mewah. Keduanya memiliki audio steering switch untuk memudahkan pengemudi mengoperasionalkan sistem audio pada mobil. Pun kedua mobil ini sudah dilengkapi MID (multi information display) untuk memantau kondisi mobil secara praktis. Sayangnya untuk Fortuner tipe G masih menggunakan bahan fabric bukan kulit pada jok dan door trim. Sehingga sedikit mengurangi aura kemewahannya. Sedangkan Toyota Venturer sudah mengdaopsi material kulit untuk jok sehingga terasa lebih mewah.

Interior Venturer cukup banyak motif kayu yang membuatnya terlihat mewah

Kedua mobil ini sama-sama sudah menggunakan head unit layer sentuh sehingga terlihat modern. Dalam hal akomodasi, sama-sama mampu menampung 7 penumpang. Dengan basis yang sama, baris kedua dan ketiga mempunyai kemiripan dalam hal kenyamanan untuk ruang kaki dan kepala. Soal kapasitas bagasi, keduanya sama-sama cukup luas untuk menampung setidaknya 3 koper berukuran besar. Bila dirasa kurang luas atau membawa banya barang, Anda bisa melipat bangku baris kedua untuk menambah ruang bagasi.

Fitur

Masuk dalam hal fitur, Toyota Fortuner dan Venturer sama-sama memiliki fitur yang lengkap. Seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic-force Braking Distribution), dan VSC (Vehicle Stability Control) sudah menjadi fitur standar untuk keduanya. Untuk Fortuner tipe G sendiri fitur auto window hanya ada pada sisi pengemudi saja.

Fitur steering switch menjadi standar pada kedua model ini untuk akses pengemudi mengopersaikan sistem audio

Pada fitur keselamatan, jumlah airbag pada Toyota Venturer sebanyak 7 buah yang tersebar di kabin. Sementara untuk Toyota Fotuner tipe G yang menjadi tipe terendah hanya bagian depan saja, pengemudi dan penumpang ditambah knee airbag. Pada fitur hiburan, Toyota Fortuner tipe G belum dilengkapi navigasi namun sudah mengadopsi HDMI dan Miracast. Sehingga Anda bisa menggunakan fitur navigasi pada smartphone atau tablet yang dikoneksikan ke head unit. Keduanya sama-sama menggunakan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mudah dioperasikan. Jadi, pilih Toyota Venturer atau Fortuner?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”