Hanya Butuh 30 menit, Anda Bisa Tewas Jika Tidur di Mobil Sambil Menyalakan AC

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/08/ZXn5Pos1/tidur-di-mobil-sambil-menyalakan-ac-2-e25c.jpg”>

Saat Anda lelah mengemudi, rasa kantuk pun biasanya yang menyerang lebih dulu. Obat paling mujarab ketika rasa kantuk melanda adalah istirahat dan tidur. Namun jangan sampai Anda tidur di mobil sambil menyalakan AC, karena bukan membuat tubuh segar, malah resiko kematian yang mengintai

Sebuah studi di Dubai membeberkan fakta jika Anda cuma butuh waktu tidur 30 menit dengan kondisi AC mobil menyala sebelum akhirnya Anda tertidur untuk selamanya. Babu Shershad dari First Medical Center di Dubai, memberi tahu ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kematian ketika Anda tidur di dalam mobil.

Lemas Kehabisan Oksigen

Akibat kehabisan oksigen seseorang bisa mati lemas di mobil

Apabila ada kebocoran AC atau pipa knalpot sehingga uapnya masuk ke kabin mobil, maka Anda akan tertidur dengan lemas akibat kadar oksigen semakin lama semakin menghilang. Oksigen hilang karena tercampur dengan karbon monoksida dari knalpot yang bocor.

Darah yang membawa kadar karbon monoksida lebih banyak ke seluruh tubuh akan membuat seseorang syok dan meninggal. Dan karena sedang tertidur, orang tersebut tidak sadar jika kabin mulai pengap dan dia butuh udara segar.

Istirahat Keluar Mobil

Sebaiknya istirahat keluar mobil sambil melakukan peregangan

Karena itulah Shershad menyarankan jika pengemudi lelah atau mengantuk sebaiknya keluar dari mobil dan cari lokasi untuk istirahat atau tidur. Jika memang terpaksa untuk tidur di mobil, maka matikan mesin mobil dan buka semua jendela mobil agar udara bersirkulasi dengan baik.

Kalau memang terpaksa sekali harus tidur di mobil sambil menyalakan AC, sebaiknya ada penumpang lain yang tetap terjaga. Penumpang yang terjaga inilah yang harus memberitahu jika kondisi kabin mobil pengap karena ada asap knalpot yang bocor.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”