Harga PS5 Terkini di Indonesia Makin Murah, Sudah Menuju Normal?

ulinulin.com – Sony resmi meluncurkan konsol game terbarunya, PlayStation 5 (PS5) di Indonesia pada Januari 2021 lalu.

Harga PS5 eceran resmi (SRP) yang dipatok untuk pasar Indonesia adalah Rp 7,3 juta untuk PS5 Digital Version dan Rp 8,8 juta untuk PS5 Disc Version.

Namun, harga PS5 di sejumlah marketplace di Indonesia pada saat itu melambung tinggi bahkan mencapai harga di atas Rp 10 juta.

Selisih besar dengan harga eceran resmi tersebut konon disebabkan karena jumlah permintaan yang besar tetapi tidak diimbangi dengan ketersedian stok PS5 di pasar.

Bahkan, beberapa mitra penjual resmi PS5 di Indonesia seperti PSEnterprise, Multigame, GSShop, hingga Terminal Game menggunakan metode pengundian alias raffle untuk memilih pembeli PS5 yang berhak mendapatkan konsol game tersebut dengan harga normal.

Lantas, bagaimana dengan harganya di pertengahan tahun 2022 ini?

Stok dan harga PS5 menuju normal?

Pasalnya, sudah banyak toko game yang menjual PS5 dengan garansi resmi dari Sony Indonesia dan mendekati harga eceran resmi.

Alih-alih di atas Rp 10 juta, beragam toko game tersebut kini menjual PS5 Digital Version dengan kisaran harga Rp 8 juta – 8,5 juta, selisih sekitar Rp 700.000 – Rp 1,2 juta dari harga SRP.

Sementara itu untuk PS5 Disc Version, harganya kini berkisar Rp 9 juta – Rp 9,5 juta, selisih Rp 200.000-700.000 dari harga SRP, sebagaimana bisa dilihat pada gambar screenshot berikut ini.

Bagaimana dengan stok dan harga di toko resmi?

Untuk harga PS5 di toko resmi yang bermitra dengan Sony Indonesia seperti PSEnterprise, GSSHop, Multigame, hingga Terminal Game, harga PS5 sendiri masih sama dengan harga SRP.

Namun, sejumlah toko ini masih menerapkan mekanisme penjualan yang berbeda-beda hingga sekarang.

PSEnterprise, misalnya, masih mengusung metode raffle untuk para peminat PS5 yang ingin membeli konsol game tersebut dengan harga eceran resmi.

“Setiap bulan kami (masih) ada raffle untuk peminat PS5 yang ingin harga normal,” ujar pihak PSEnterprise ketika dihubungi KompasTekno, Jumat (1/7/2022).

Belum diketahui bagaimana mekanisme di GS Shop. Namun, untuk toko game Multigame dan Terminal Game, mereka sudah menyediakan stok bagi peminat PS5 yang ingin membelinya secara langsung, baik itu offline maupun online.

Kedua toko ini tetap menerapkan syarat khusus bagi para peminat PS5. Bagi mereka yang ingin membeli PS5 Disc Version, maka mereka wajib membeli dua game PS5 dan satu aksesori PS5.

Aksesori PS5 tersebut bisa berupa Controller DualSense White (Rp 1,27 juta), Controller DualSense Black/Red/Pink/Blue/Purple (Rp 1,37 juta), atau Headset 3D Pulse Black (Rp 1,7 juta).

Sementara itu pembeli PS5 Digital Version wajib membeli dua buah aksesori PS5 yang bisa berupa dua dari ketiga aksesori yang tercantum di atas.

Bagi pengguna yang ingin membeli langsung di toko, maka mereka harus bertanya lebih dahulu kepada sejumlah admin media sosial toko resmi tersebut. Pasalnya, stok PS5 di toko biasanya terbatas.

“Kalau mau beli di toko mohon diinfokan, khawatir stok PS5 di sini habis,” ujar pihak Terminal Game ketika dihubungi KompasTekno di kesempatan terpisah.

Nah, peminat yang ingin membeli PS5 langsung di toko resmi, atau bertanya mengenai stok konsol game tersebut, mereka bisa melihat alamat dan nomor telepon toko-toko tersebut di tautan berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”