Harga Tiket Dusun Semilir dan Daftar Wahana Seru yang Bisa Dicoba

ulinulin.com – Kabupaten Semarang merupakan daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata populer. Salah satunya adalah Dusun Semilir yang menawarkan berbagai wahana seru dan menarik.

Bagi yang ingin berkunjung alamat Dusun Semilir ada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“Di Dusun Semilir, pengunjung bisa memilih berbagai aktivitas, mulai dari jual beli, belanja, seni dan budaya, olahraga, permainan outdoor. Bonusnya adalah bisa berwisata,” kata Ajris Sufata, General Manager Dusun Semilir kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2022).

Tempat wisata ini memiliki banyak spot Instagramable dari mulai bangunan utamanya yang mirip Candi Borobudur, hingga perosotan warna-warni yang berukuran raksasa.

“Selain bangunan stupa, area permainan prosotan dengan ketinggian 40 meter dengan panjang lintasan 120 meter juga memberikan keunikan tersendiri yang beberapa dicontoh oleh wisata lain,” ungkap Ajris Sufata.

Fasilitas Dusun Semilir

Dusun Semilir memiliki banyak wahana seru yang bisa dicoba oleh pengunjungnya, ada kereta, trem, gondola, perosotan, dan playground.

Kemudian, ada juga kebun binatang mini, pantai pasir putih, alun-alun eropa, dan jalan kenangan yang semunya punya desain estetik pas buat berswafoto.

Bagi rombongan keluarga atau studi tur, mereka juga tak perlu pusing soal tempat parkir karena di Dusun Semilir lahan pakirnya sangat luas mencapai 3,7 hektar.

Harga tiket Dusun Semilir

Harga tiket masuk Dusun Semilir bervariasi berdasarkan waktu kunjungan.

Pada hari Senin-Jumat, tiket masuknya seharga mulai Rp 30.000, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu harga tiket masuknya mulai Rp 40.000.

Terdapat tarif tambahan untuk sejumlah wahana. Bagi wisatawan yang ingin menjajal perosotan warna-warni, maka tarifnya mulai Rp 15.000.

Ada juga kereta wisata dengan tarif mulai Rp 20.000, trem mulai Rp 20.000, gondola mulai Rp 25.000, dan ATV mulai Rp 20.000 untuk satu putaran.

Sebagai informasi, Dusun Semilir buka setiap hari. Pada hari Senin-Jumat, jam operasionalnya pukul 09.00-18.00 WIB.

Sementara itu, pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional, jam bukanya pukul 08.00-20.00 WIB.

Ketentuan masuk Dusun Semilir

Dusun Semilir menerapkan ketentuan berkunjung, berikut beberapa di antaranya:

1. Semua pengunjung wajib menggunakan masker atau faceshield.

2. Bayi dalam gendongan dan belum bisa berjalan tidak perlu bayar atau gratis.

3. Tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar.

4. Tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan.

5. Merokok di tempat yang sudah disediakan.

6. Tidak merusak instalasi.

7. Menjaga kebersihan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”