Harga YouTube Premium di Indonesia Naik

ulinulin.com – Google menaikkan harga berlangganan YouTube Premium untuk beberapa negara, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua paket YouTube Premium mengalami kenaikkan harga.

Perubahan harga YouTube Premium di Indonesia disampaikan Google melalui sebuah pemberitahuan yang diterima oleh seluruh pelanggan YouTube Premium via e-mail, termasuk KompasTekno.

Dalam e-mail tersebut, Google mengatakan bahwa mereka bakal menaikkan harga berlangganan YouTube Premium Family Plan sebesar Rp 10.000.

“Kami akan meningkatkan harga berlangganan YouTube Premium Family Plan dari Rp 89.000 per bulan ke Rp 99.000 per bulan,” tulis Google.

Pantauan KompasTekno, kenaikan harga ini akan berlaku efektif pada 22 November 2022 mendatang atau satu bulan dari sekarang.

Pengguna Family Plan yang sudah lama berlangganan harus membayar ekstra Rp 10.000 ketika tagihan mereka jatuh di 22 November 2022 atau setelah tanggal tersebut.

Jika tagihannya jatuh sebelum 22 November 2022, maka mereka masih akan membayar harga yang sama, yaitu Rp 89.000.

Sementara itu bagi pelanggan YouTube Premium Family Plan baru, mereka harus membayar harga berlangganan yang baru saja diterapkan, yaitu Rp 99.000.

Belum diketahui apakah harga berlangganan paket lainnya, yaitu Invididual Plan dan Student Plan akan ikutan naik pada 22 November 2022 atau tidak.

KompasTekno telah menghubungi pihak Google Indonesia untuk meminta keterangan terkait hal tersebut. Google mengatakan, sejauh ini hanya harga YouTube Premium Family Plan saja yang mengalami perubahan.

Sementara itu, harga YouTube Premium untuk paket Individual Plan dan Student Plan terpantau masih sama dengan harga lama, yaitu Rp 59.000 dan Rp 34.990 per bulan.

Apabila ada perubahan harga, Google mengatakan akan ke pelanggan minimal 30 hari sebelum kenaikan harga berlaku melalui e-mail.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”