Harus Kerja di Coworking Space saat Pandemi? Ini 5 Tips untuk Kurangi Risiko

ulinulin.com – Meskipun kasus aktif terus meningkat, pemerintah masih mengizinkan beberapa sektor bisnis untuk kembali work from office (WFO). Lalu, bagaimana jadinya kalau harus kerja di coworking space saat pandemi seperti ini dan bukan kantor biasa?

Untuk kamu yang belum terlalu familier, coworking space adalah kantor besar yang disewakan untuk banyak perusahaan.

Survei yang dilakukan oleh Coworker menunjukkan penurunan pengunjung coworking space sebesar 71.67%, pembaruan membership turun 40.8%, dan pendaftaran member baru juga turun sebesar 67%.

Semua itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan kekhawatiran dari segi kesehatan.

Apakah Boleh Bekerja di Coworking Space saat Pandemi?

Memang, mayoritas kantor menerapkan kebijakan work from home (WFH) dan ini sangat disarankan agar mengurangi risiko penularan virus.

Namun, bagaimana jika kondisi di rumah tidak mendukung atau mungkin koneksi di rumah tak bisa diandalkan untuk melakukan meeting terus-menerus?

Kalau mencari tempat yang kondusif, koneksi internet pasti cepat, dan keamanan terjaga, tentu coworking space jadi jawabannya.

Meskipun tidak begitu disarankan, kalau memang terpaksa harus kerja di coworking space saat pandemi setidaknya ikuti tips di bawah ini, ya.

Tips Kerja di Coworking Space saat Pandemi

1. Jangan copot masker

© Freepik.com

Tips pertama adalah jangan mencopot masker, kecuali saat sedang minum atau makan.

Bahkan, New York Times menyebutkan bahwa double-masking adalah salah satu trik mengurangi risiko kalau kamu harus berada di tempat ramai dalam waktu yang cukup lama.

Kalau perlu, setelah beberapa jam penggunaan kamu juga bisa mengganti masker agar yang digunakan terus dalam keadaan bersih.

2. Selalu jaga jarak

© Freepik.com

Salah satu kekurangan kerja di coworking space saat pandemi adalah ruangan indoor dan diisi oleh cukup banyak orang.

Maka dari itu, penting bagimu untuk terus menjaga jarak.

Dilansir dari The Jakarta Post, hasil penelitian di The Lancet menyarankan social distancing sejauh 2 meter agar usaha meminimalisasi transmisi virus Covid-19 bisa lebih efektif.

3. Pastikan kamu sering mencuci tangan

© Freepik.com

Menurut headspace group, penting bagimu untuk selalu mencuci tangan dan mengikuti semua protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah.

Pasalnya, ketika bekerja di coworking space, kamu akan berbagi ruang dengan orang lain.

Maka dari itu, pastikan kamu sering cuci tangan dengan hand sanitizer dan juga air mengalir, ya. Kalau bisa, bawa sabun sendiri dalam kemasan kecil untuk lebih mengurangi risiko.

4. Sterilkan permukaan yang dipakai bersama

© Freepik.com

Dikutip dari World Economic Forum, sebelum bekerja di kantor, kamu perlu memastikan bahwa ruangan yang digunakan terjaga kebersihannya.

Pastikan apakah didisinfektan secara rutin, apakah sirkulasi udara terjaga, dan detail lainnya.

Pasalnya, bisa saja ada virus yang mengontaminasi sebuah permukaan atau aerosol dan bertahan di dalam ruangan selama berjam-jam.

Kalau harus bekerja di coworking space saat pandemi, pastikan kamu rutin menyemprotkan disinfektan ke permukaan meja dan kursi, toilet, dan gagang pintu yang harus dibuka.

Kamu juga bisa menggunakan disinfektan khusus untuk melawan virus yang disebarkan melalui partikel aerosol sebelum masuk ruangan.

5. Sampai rumah, langsung bersih-bersih

© Freepik.com

Setelah kerja di coworking space atau pergi ke mana pun itu, saat pandemi seperti ini wajib bagimu untuk langsung bersih-bersih di rumah.

Lepas sepatu di luar, semprot tas dan barang lain yang dibawa menggunakan disinfektan, buang masker sekali pakai di tempat sampah tertutup, lalu bergegaslah ke kamar mandi.

Baju dan masker (kain) yang tadi digunakan pun harus langsung dicuci terpisah, menggunakan cairan disinfektan agar benar-benar steril. Cairan ini juga bisa dipakai untuk mandi, lho.

Setiap pulang kerja dan dari tempat ramai, usahakan untuk keramas juga, ya.

Itu dia tips kerja di coworking space saat pandemi yang bisa diikuti.

Ingat untuk terus menjaga kesehatan. Kalau merasa sedang kurang fit, jangan paksakan diri masuk ke kantor.

Kamu sendiri bagaimana, apakah sudah pernah ke coworking space atau mungkin kembali ke kantor biasa untuk bekerja selama pandemi ini?

Bagikan pengalamanmu di kanal Covid-19 Glints Komunitas, yuk.

Di sana, terdapat sesama pengguna dan profesional dari berbagai macam bidang yang bisa diajak diskusi terkait dengan dunia kerja di masa pandemi.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulai diskusi sekarang juga!

Sumber

    SURVEY: How Coworking Spaces are Navigating COVID-19

    Two Masks Are the New Masks

    Explainer: One meter or two? How social distancing affects COVID-19 risk

    CORONAVIRUS: HOW TO STAY SAFE IN A COWORKING ENVIRONMENT

    Is it safe? And three other questions to ask before you go back to the office

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”