Hasil Uji Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite, Ini Kata Pertamina

ulinulin.com – Nilai oktan Revvo 89 ternyata lebih tinggi dari Pertalite. Hal ini berdasarkan unggahan hasil uji oleh Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto.

Dalam unggahannya, diketahui Revvo 89 punya nilai oktan 90,7. Sementara nilai oktan Pertalite adalah 90,4. Adapun uji oktan ini dilakukan oleh Sucofindo dan Lemigas.

Terkait hal ini, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan tidak ada perubahan spesifikasi pada produk Pertalite.

“Tidak ada perubahan spesifikasi pada produk Pertalite. Dan hal ini juga sudah dibuktikan melalui pengecekan langsung oleh regulator bahwa hasilnya semua sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan,” kata Irto kepada, Rabu (2/11/2022).

Irto pun sempat bertanya balik soal jenis BBM mana yang sebenarnya tidak sesuai oktan. “Pagi, yang nggak benar yang mana?” ujarnya.

Menurutnya kalaupun ada perbedaan hasil uji oktan dari yang diklaim dengan yang diuji, Irto menyarankan untuk menghubungi perusahaan terkait.

“Kalau memang benar hasil uji oktan tersebut bahwa ada perbedaan nilai oktan antara hasil uji dengan yang diklaim, mungkin bisa dijelaskan oleh regulator atau dari badan usaha yang bersangkutan,” jelas Irto.

Sebelumnya hasil uji oktan Revvo 89 dan Pertalite diunggah di akun twitter Mulyanto @pakmul63. Anggapan kalau oktan Revvo 89 lebih rendah dari Pertalite ternyata kurang tepat.

“Cukup menarik, RON Revvo 89 ini yang angka hasil ujinya sedikit lebih baik dari Pertalite,” tulis Mulyanto.

Lihat juga Video: RON 89, RON 90, Sebenarnya Apa Sih RON dan Octane Number pada Bensin?