Heboh Mobil Tiba-Tiba Terbakar, Apa Yang Harus Dilakukan?

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/02/02/O1Na1YSZ/checkthumbnail-e3c8.jpg”>

Beberapa waktu lalu satu unit Mitsubishi Xpander di Pekanbaru mengalami masalah langka: mobil tiba-tiba terbakar ketika baru saja dikeluarkan dari diler. Meskipun kejadian ini sangat langka terjadi di Indonesia, tidak ada salahnya jika kita mempelajari langkah yang harus dilakukan ketika kejadian ini menimpa kita.

Mitsubishi Xpander yang tiba-tiba terbakar di Pekanbaru

Dilansir dari Kompas, praktisi dan instruktur keselamatan berkendara Rudy Novianto menjelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan ketika mobil mulai menunjukan tanda-tanda bermasalah. “Biasanya tanda-tanda ketidakberesan muncul seperti asap dari kap mesin atau tanda-tanda lain.”

Rudy melanjutkan, “Pengemudi harus awas dengan hal ini. Sebelum api mulai membesar ada baiknya membawa mobil ke pinggir jalan untuk kemudian melakukan tindakan pertolongan atau mendapat pertolongan dari orang lain.”

Mobil biasanya memberikan tanda-tanda, seperti asap dari kabin

Namun bila kendaraan mulai berasap akibat overheat dan mogok di tengah jalan, tidak perlu panik. Pastikan penumpang keluar terlebih dahulu dan biarkan mereka ke tempat yang lebih aman di pinggir jalan. Jika mobil masih bisa bergerak, pindahkan mobil ke tepi atau ke tempat aman. Lalu coba padamkan api. Akan lebih baik jika Anda memiliki alat pemadam api ringan (APAR) yang disiapkan di dalam mobil.

Sumber kebakaran dari mobil, jelas Rudy, biasanya terjadi pada mesin dan sistem kelistrikan mobil. Hal ini akan membuat proses pemadaman menjadi lebih sulit apabila dilakukan sendirian. “Jangan lupa untuk segera meminta bantuan melaporkan kejadian ke pemadam kebakaran atau petugas kepolisian terdekat. Ini untuk mendapat penanganan lebih lanjut dari peristiwa kebakaran tersebut.”

Jika tidak bisa dipadamkan sendiri, minta bantuan masyarakat sekitar

Intinya, ketika mobil terbakar tiba-tiba, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan Anda dan penumpang terlebih dahulu. Selain itu, sebelum mobil terbakar biasanya ada tanda-tanda yang diberikan oleh mobil Anda. Jangan lupa melakukan perawatan berkala dalam mengetahui kondisi mobil untuk mengantisipasi masalah yang akan terjadi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”