Hentikan Kebiasaan Mencuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

ulinulin.com

Biar mobil tampil menarik, kebersihan adalah nomor satu. Dan mencuci mobil menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan. Bisa dilakukan sendiri, bisa juga dibawa ke tukang cuci mobil atau car wash. Untuk pilihan yang kedua ini sudah tentu ada harga yang harus dibayar, sebab Anda tinggal enak-enakan menunggu mobil akan bersih sendiri.

Mau tampil keren, mobil harus dicuci tiap kali kotor

Mencuci mobil sendiri

Kalau mau sedikit berhemat, Anda bisa mencuci sendiri di rumah. Tapi harus diperhatikan, perkakas yang digunakan untuk mencuci seperti sikat, spon atau kainnya harus yang baik dan halus. Lalu untuk efek busa gunakan shampo khusus mobil yang banyak dijual di pasaran, bukan sabun cuci piring. Memang harganya lebih murah, tapi sangat tidak direkomendasikan.

Menurut Chocky, pemilik Autodeptsideworks, Meguiars Indraprasta Bogor, seperti dikutip dari Kompas, (27/12/2019) mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring secara berulang-ulang bisa merusak cat bodi mobil hingga akhirnya mobil jadi berkarat.

“Jangan pakai sabun cuci piring untuk cuci mobil, itu keras sekali bahannya,” tutur Chocky. “Memang pas pertama kali cuci mobil pakai sabun cuci piring hasilnya bersih, tapi kalau sudah pakai wax, langsung luntur semua wax yang ada di mobil,” tambahnya.

Kandungan sabun cuci piring hanya cocok digunakan untuk mencuci piring, gelas, mangkuk serta peralatan masak di rumah yang lain yang warnanya asli, bukan cat. Kalau untuk mobil yang paling tepat adalah menggunakan shampo khusus mobil.

Jangan gunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil

Shampo mobil terbaik

Memilih shampo mobil terbaik bukan soal merek, tapi kandungan pH dan Silikon yang terdapat dalam shampo tersebut. Minimal kandungan pH-nya 7 dan silikon 60 persen. Paling mudah untuk mengetahui, shampo mobil dengan silikon tinggi kalau sehabis dibilas akan terasa licin, bukan keset. Berbeda dengan sabun cuci piring yang langsung terasa keset saat habis dibilas.

“Kalau shampoo yang bagus untuk mobil itu yang kadar pH nya di atas 7 dan kandungan silikonnya minimal 60 persen, kalau di bawah itu biasanya kurang bagus,” ucap Chocky. “Shampoo yang keset ketika dibasuh, itu yang berbahaya, bahannya keras dan bisa merusak bodi,” tambahnya.

Mencari shampo khusus untuk mencuci mobil juga tidak terlalu susah karena sudah banyak dijual di pasaran. Jika ragu membeli di toko umum, Anda bisa membelinya di toko aksesoris dan perlengkapan mobil. Anda bisa juga membelinya secara online dari marketplace terpercaya.

Berikut beberapa merek shampo mobil yang bisa Anda pilih:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”