Hindari Barang-Barang Ini Tertinggal di Dalam Mobil

ulinulin.com

1. Tabir Surya (Sunblock) dan Obat-obatan

Jangan meninggalkan sunscreen atau tabir surya di dalam mobil dengan cuaca sangat panas

Tabir surya atau sunblock yang terlalu lama di dalam mobil saat suhu panas bisa membakar kulit Anda. Selain itu, menyimpan tabir surya atau obat-obatan di dalam suhu yang panas berpotensi mengubah komposisi yang ada didalamnya. Tidak heran beberapa dokter menyarankan obat-obatan dan bahan kimia lainnya untuk disimpan pada suhu kamar yang stabil.

2. Korek Api

Bawa korek api gas saat Anda meninggalkan mobil ditengah cuaca panas

Beberapa kejadian menceritakan tentang korek api yang ditinggalkan di kursi depan mobil menjadi sangat panas dan meledak dan menghantam kaca depan. Kerusakannya sangat buruk sehingga mereka harus mengganti kaca depan mereka. Label peringatan menginstruksikan pemakai pemantik api untuk tidak diletakan pada suhu lebih dari 50 derajat celcius atau sinar matahari yang berkepanjangan. Suhu dalam mobil ketika musim panas bisa menjadi 60 derajat celcius.

3. Barang Elektronik

Meninggalkan kamera di dalam mobil saat cuaca panas bisa merusak barang elektronik tersebut

Barang elektronik seperti kamera dan handphone kerap tertinggal di dalam mobil. Namun, panas yang berlebihan bisa merusak lensa kamera dan kartu memori. Apalagi baterai, jika ditinggalkan akan menjadi barang yang berbahaya karena sifat asam. Jika bocor akan menyebabkan iritasi pernapasan, mata dan kulit.

4. Kacamata

Kacamata ditinggal diatas dasbor bisa merusak bingkai dan lensa

Panas bisa melengkungkan bingkai maupun lensa kacamata Anda. Kacamata hitam sering ditinggalkan di dalam mobil, tapi hal ini bisa meningkatkan resiko pergantian kacamata. Karena itu, jangan pernah meninggalkan kacamata di dalam mobil. Pastikan kamu menghindarkan diri dari masalah dan biaya perbaikan kacamata milikmu.

5. Barang Plastik

Meninggalkan botol plastik di mobil dalam cuaca panas dan waktu lama juga berbahaya

Plastik mudah meleleh jika diletakan pada suhu yang panas. Anda juga seharusnya tidak pernah meminum air dari botol plastik yang tertinggal di dalam mobil. Zat kimia yang digunakan pada botol plastik bisa larut ke minuman milikmu dan mememasukkan racun ke dalam tubuh. Selain itu, cuaca panas bisa membuat kartu kredit melengkung sehingga tidak bisa digunakan.

6. Permen dan Cokelat

Coklat yang tertinggal di mobil bisa meleleh dan mengotori interior seperti jok dan karpet

Karena permen dan coklat mudah mengeras karena suhu dingin, makanan tersebut juga mudah meleleh ketika dihadapkan dengan suhu mobil cuaca panas. Apalagi jika coklat dan permen tersebut dibungkus dengan plastik, seperti yang telah dibicarakan pada poin di atas, tentu saja membuat semuanya menjadi lebih rumit dan berbahaya untuk interior mobil Anda.

7. Krayon

Krayon yang tertinggal di dalam mobil terlalu lama ditengah cuaca panas bisa meleleh

Krayon dan buku mewarnai adalah salah satu cara yang efektif untuk menghibur anak-anak ketika berkendara. Namun, terkadang krayon bisa jatuh dari kotak penyimpanan dan menggelinding ke lantai mobil dan meleleh karena suhu panas. Lelehan krayon bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda ketika membersihkan karpet mobil selain lilin.

8. Lipstik

Untuk pengemudi wanita, jangan meninggalkan lipstik di mobil bila tidak ingin merusak kosmetik tersebut

Komposisi lipstik terdiri dari pigmen, minyak, lilin dan emolen. Lipstik meleleh di suhu yang sedikit lebih panas dibandingkan suhu kamar. Bayangkan jika kamu meninggalkan lipstik milikmu di dalam mobil ketika cuaca panas. Bahkan setelah didinginkan, panas bisa memberi efek kekal pada lipstik, seiring mengubah komposisi dan menciptakan hasil warna yang berbeda dari sebelumnya.

9. Minuman Kaleng / Minuman Soda

Minuman bersoda bisa meledak di dalam mobil yang panas karena cuaca

Salah satu benda yang paling sering ditinggalkan di dalam mobil adalah soda kaleng atau minuman kaleng. Bahkan, soda kaleng yang belum terbuka beresiko meledak di dalam mobil karena suhu yang panas. Minuman berkarbonasi dikompres untuk menahan udara masuk. Karena kaleng soda terbuat dari alumunium dan logam bertambah panas, kenaikan suhu di bagian luar kaleng akan menyebabkan meningkatnya suhu cairan di dalamnya sehingga membuat kaleng soda meledak.

10. Barang Belanjaan

Jangan meninggalkan barang belanjaan terlalu lama karena bisa membuat bau tidak sedap dalam kabin

Barang-barang belanjaan terburuk yang bisa tertingal di dalam mobil adalah daging dan susu. Pemanasan akan membuat kedua bahan makanan ini menghasilkan bau mengerikan yang tertinggal di mobil untuk waktu yang cukup lama. Jadi sudah tahu kan barang-barang apa saja yang harus dihindari untuk tertinggal di dalam mobil?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”