Honda Civic Hatchback RS Facelift Resmi Meluncur, Ini Sederet Ubahannya

ulinulin.com – Kabar gembira datang bagi para peminat Honda Civic. Pasalnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia meluncurkan Honda Civic Hatchback RS. Civic terbaru ini merupakan versi penyegaran dari Civic Hatchback yang telah diluncurkan 2017 silam.

Civic yang baru disegarkan ini terlihat lebih garang dan sporty dibanding pendahulunya. Dengan meluncurnya Civic Hatchback RS, Honda juga menghentikan produksi varian S dan E yang sebelumnya dijual di Indonesia.

Melihat dari segi eksterior, desain dari mobil tidak berbeda jauh dibanding pendahulunya. Perubahan yang paling mencolok terletak pada bagian bumper depan dan bumper belakang. Bumper depan tidak lagi menggunakan motif honeycomb, namun sudah menggunakan panel solid dengan sirip menekuk ke atas. Pada bumper bagian belakang, terdapat penambahan aksen sirip seperti pada bumper depan, dan penempatan knalpot ganda pada bagian tengah.

Perubahan pada bagian eksterior juga terlihat pada bagian pelek. Pelek masih berukuran 17 inci, namun warna berubah menjadi silver keabu-abuan. Selain perubahan pada detail eksterior, varian RS juga mendapatkan warna baru, yaitu warna biru, dan emblem RS.

Pada bagian interior, tidak ada perubahan yang signifikan dibanding pendahulunya. Perubahan terlihat pada penggunaan material jok yang sebelumnya memakai kulit hitam polos, sekarang sudah memakai jok kulit dengan jaitan berwarna merah. Bagian seperti lingkar kemudi, tuas transmisi, dan konsol tengah sekarang sudah dilapisi kulit dengan jahitan berwarna merah.

Mesin yang digunakan Civic Hatchback RS masih sama dengan pendahulunya, yaitu mesin turbo berkapasitas 1.500cc VTEC dengan teknologi Earth Dreams. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 173Ps pada 5.000rpm dan torsi sebesar 22,4 kg/m pada putaran rpm yang sama. Dengan performa mesin yang sama, fitur keselamatan yang ditawarkan seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, dan rem ABS + EBD + BA pada Honda pada Civic facelift ini masih sama seperti pendahulunya.

Dengan beragam perubahan yang ditawarkan varian RS, harga yang ditawarkan juga meningkat dari pendahulunya. Civic Hatchback RS dibanderol seharga Rp499 juta on the road Jakarta.

Sumber gambar: Shutterstock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”