Hyundai Antusias Sambut Inpres Pemerintah Ganti Mobil Dinas Listrik

ulinulin.com – JAKARTA – Pergeseran tren kendaraan yang lebih ramah lingkungan oleh pemerintah semakin digalakan. Belakangan ini Presiden RI Joko Widodo meminta jajaran pemerintah untuk mengganti mobil dinas yang dipakai saat ini menjadi mobil bertenaga listrik.

Bahkan hal ini langsung tertuang dalam Ipres (Instruksi Presiden) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kehadiran Inpres ini tentu disambut baik beragam pihak. Salah satunya PT Hyundai Motors Indonesia (HMI). Makmur, Chief Operating Officer PT HMI menyambut baik inisiatif aturan pemerintah ini. Terlebih dilakukan untuk pertumbuhkan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami tentunya menyambut baik inisiatif dari Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan elektrifikasi di Indonesia. Dan kami, di Hyundai sudah siap untuk mendukung program-program yang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia,” ucap Makmur saat dihubungi, hari Jumat (16/9/2022).

Presiden juga memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, monitoring, evaluasi, hingga pengendalian atas pelaksanaan penggantian kendaraan dinas berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik. Nantinya, Kemenkomarves melaporkan pelaksanaan Instruksi Presiden ini kepada Presiden secara berkala setiap enam bulan sekali atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.

Meski tidak mengungkapkan detail apa saja yang akan dilakukan Hyundai dalam menjalankan program tersebut, Hyundai sendiri menjadi salah satu pemain kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle di Indonesia. Merek asal Korea Selatan ini terhitung menawarkan beragam model EV seperti Kona EV, Ioniq EV dan yang terbaru Ioniq 5 yang dirakit di pabrik Hyundai di Cikarang.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan wholesale seluruh kendaraan listrik Hyundai hingga Agustus 2022 sebanyak 761 unit. Ioniq 5 mendominasi dengan capaian penjualan lebih dari 50 persen. Menariknya, dari daftar kendaraan elektrik Hyundai terdapat Genesis G80 EV sebanyak 10 unit yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi G20 beberapa waktu ke depan.

Lebih lengkapnya, dalam ajang internasional tersebut, Hyundai akan menghadirkan beberapa model kendaraan listrik. Terdiri dari Ioniq 5 sebanyak 236 unit serta Genesis G80 EV akan hadir sebanyak 80-an unit. Ajang KTT G20 mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan sebagai bagian dari keseriusan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik serta mencapai target zero emission.

“Jadi di sini supportnya kita untuk bangsa. Di mana pemerintah fokus bagaimana membuat udara jadi lebih bersih. Jadi itu adalah kontribusi Hyundai support Indonesia maupun dunia,” ucap Makmur.

Dikesempatan berbeda, Makmur pernah mengungkapkan, untuk mewujudkan mobilitas bersih dan gaya hidup berkelanjutan, diperlukan adanya sinergi oleh banyak pihak baik secara lokal maupun global. HMI terus membawa inovasi dalam mendukung konsep clean mobility lewat beragam fasilitas dan infrastruktur yang dibangun di Indonesia.

Sejak 2019, Hyundai telah memberikan beragam terobosan lewat citra brand game changer dalam industri otomotif Tanah Air. Di antaranya memperkenalkan lini kendaraan listrik terlengkap. Selain itu, komitmen Hyundai mewujudkan elektrifikasi sejalan dengan visi pemerintah terhadap zero carbon dengan menjadi market leader di segmen kendaraan listrik. Soal infrastruktur, Hyundai juga membangun stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) yang telah tersebar di 200 titik, pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik di Karawang bekerja sama dengan LG Energy Solution yang ke depannya akan memulai produksi pada 2024 mendatang.

Daftar harga kendaraan listrik Hyundai

Ioniq 5Prime Standard Range Rp 748.000.000Prime Long Range Rp 789.000.000Signature Standard Range Rp 809.000.000Signature Long Range Rp 859.000.000

Kona EVSignature Rp 742.000.000

Ioniq EVPrime Rp 682.000.000Signature Rp 723.000.000(SETYO ADI / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”