Hyundai Siapkan Supercar “Rahasia” Bertenaga Hydorgen, Calon Lawan NSX?

ulinulin.com – SEOUL – Setelah Hyundai merilis mobil konsep N Vision 74 dengan tampilan yang menjadi perbincangan, tersiar kabar bahwa pabrikan siap untuk memproduksi supercar. Apalagi, divisi N (divisi balap Hyundai) tengah gencar-gencarnya memproduksi varian balap di beberapa modelnya seperti i10N, i20N dan i30N yang memiliki performa super di kelas hatchback. Bahkan tebakan tersebut disambut baik oleh Albert Biermann, Mantan Head of R&D Hyundai sekaligus pendiri divisi N.

Dikutip dari Top Gear, Albert pernah berbisik mengenai rencana Hyundai untuk membangun sebuah supercar namun ia tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana wujudnya. Ia hanya memastikan bahwa supercar yang akan diproduksi Hyundai tidak akan membosankan dan benar-benar menggiurkan untuk dikendarai.

“Kami sedang mengerjakan supercar dengan emblem N dan kami menyebutnya sebagai The Chairman’s Car. Salah satu bagian yang paling penting ialah struktur dan material yang akan digunakan oleh supercar Hyundai tersebut. Rencananya akan dibangun dengan chassis bermaterial serat karbon serta konfigurasi mesin tengah,” kata Albert.

Ide tersebut sebenarnya pernah tercetus saat Albert masih berada di bawah divisi M miliki BMW. Namun sayangnya saat itu konsep mesin tengah hanya bisa diaplikasikan pada BMW i8. Sementara ide tersebut belum terwujud, Albert akhirnya mencetuskan saat ia bergabung dengan Hyundai dan menangani divisi performa yakni Hyundai N dan sepertinya akan direalisasikan pada calon supercar Hyundai ini.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kendaraan tersebut dirancang untuk dapat menampung berbagai jenis mesin. Menurutnya pabrikan belum memutuskan apakah Hyundai akan menggunakan mesin bensin, hybrid atau malah bahan bakar hidrogen. Namun tenaga yang dihasilkan oleh Hyundai N Vision 74 ini mampu mencapai 665 hp dengan motor listrik dan pembangkit tenaga hidrogen on-board.

Albert juga memprediksi bahwa supercar tersebut akan dibanderol dengan harga lebih dari US$ 150.000 dengan proses pemesanan dulu sebelum diproduksi. Sangat sulit untuk Hyundai memasarkan kendaraan dengan harga semahal itu, namun kini pabrikan telah memiliki market baru di segmen N, yakni pecinta performa.

Begitu ditanya mengenai siapa yang akan menjadi lawannya, rasanya Albert belum mau menjelaskan kendaraan ini akan berada di segmen mana. Sejumlah pihak menyatakan supercar Hyundai akan beradu gengsi bersama Honda NSX, tetapi ada juga menyandingkannya dengan Audi R8 dan McLaren Artura. Kita harus menunggu sampai proyek rahasia ini benar-benar terwujud. Yang pasti Supercar Hyundai yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp 2 miliar ini akan diproduksi secara terbatas, kata Albert Biermann.

Hyundai N Vision 74 Concept yang belum lama ini diuji di sirkuit dan melibatkan sejumlah pihak ini memang merupakan laboratorium berjalan untuk pabrikan. Kendaraan dengan sumber daya FCZ dan motor listrik ini didesain sebagai kendaraan berperforma tinggi meski desainnya tidak terlalu mencolok. Namun N 74 concept mengambil inspirasi dari desain Pony Concept yang populer di tahun 1974 dan didesain oleh Giorgetto Giugaro.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Top Gear

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”