Imigrasi Kembali Aktifkan Autogate di Harbour Bay Batam

ulinulin.com – >

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengaktifkan kembali pintu perlintasan keimigrasian otomatis (autogate) di Pelabuhan Internasional Harbour Bay Batam , Kepulauan Riau, pada Jumat (21/10/2022).

“Selain WNI (warga negara Indonesia), khusus WNA (warga negara asing) pemegang ITAS (izin tinggal terbatas) dan ITAP (izin tinggal tetap) juga bisa memanfaatkan autogate,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Subki Miuldi, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat.

Hadirnya autogate dinilai menawarkan sejumlah manfaat, salah satunya adalah masyarakat tidak perlu kontak dengan petugas imigrasi atau mengantre di konter pemeriksaan imigrasi.

Menurut Subki, fasilitas autogate digunakan untuk mengurai antrean penumpang yang mulai ramai.

“Sesuai dengan salah satu fungsi keimigrasian, yaitu fasilitator pembangunan, kami ingin memberikan pelayanan dan pemeriksaan lebih cepat agar masyarakat lebih nyaman dalam bepergian lintas negara,” terangnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”