Indonesia berpeluang lolos ke semifinal Kejuaraan Bridge Asia Cup 2022

ulinulin.com – Empat tim Indonesia berpeluang lolos ke babak semifinal seluruh nomor pada kejuaraan bridge tingkat Asia “4th Bridge Championship Asia Cup 2022” yang digelar di Jakarta, setelah menyelesaikan dua hari pertandingan round robbin pertama, Jumat.

Hasil tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) untuk seluruh tim setidaknya mampu lolos ke babak semifinal.

Soal peluang di semifinal, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, tim manager Indonesia Teguh Widodo mengatakan target lebih dibebankan kepada tim campuran dan tim putri.

Sebab, dua tim tersebut telah membuktikan diri di Zone VI Selection Trial yang berlangsung secara daring pada Desember 2021. Ketika itu mereka bahkan mampu mengalahkan tim terkuat, China, yang absen di Kejuaraan Bridge Asia Cup 2022 saat ini.

Namun, menurut Teguh, jika tim sudah lolos ke babak semifinal, maka semua bisa saja terjadi. Sehingga, jika tim putra dan senior lolos, maka mereka juga memiliki peluang yang sama untuk meraih medali emas.

Tim campuran, yang pada hari pertama, Kamis, memimpin di tempat pertama kini tergeser oleh saingan utama mereka China Taipei.

Indonesia, yang diperkuat oleh Lusje Bojoh/Taufik G Asbi, Kristina Wahyu M/Julius A George, Elsya S Ningtias/Robert Parasian dengan kapten Rustam Effendy dan pelatih Syahrial Ali, tergeser ke peringkat kedua akibat dua kekalahan berturut-turut pada session keenam dari India kemudian kalah lagi di session ketujuh.

Akibatnya, China Taipei meninggalkan Indonesia cukup jauh. Mereka berada di peringkat pertama setelah mengumpulkan 108.75 VP. Berbeda cukup jauh dengan Indonesia yang meraih 86.77 VP.

Pada putaran round robbin kedua, Indonesia harus lebih berkonsentrasi agar tidak tergelincir lagi, sebab perbedaan angka dengan peringkat berikutnya semakin tipis.

Terlepas dari hal itu, melihat perbedaan angka yang cukup jauh dengan peringkat kelima, India, maka peluang menggapai target awal untuk lolos ke semifinal sudah di depan mata.

Sementara itu, hasil berbeda diraih tim putri yang juga diunggulkan untuk meraih medali emas.

Setelah menyelesaikan tujuh session babak penyisihan, tim yang diperkuat oleh Fera Damayanti/Riantini, Conny E Sumampouw/Rury Andhany, Roro Joffani TD/Rachma Shaumi dengan kapten Hendra Railis dan Pelatih Kamto akhirnya memperlihatkan kekuatan aslinya.

Pada hari kedua, Jumat, mereka menang tiga kali atas Australia, Singapura dan China Hongkong membuat mereka langsung melejit ke peringkat dua di bawah saingan terkuat mereka China Taipei.

Di nomor putra, Indonesia juga masih membutuhkan perjuangan keras agar bisa lolos ke babak semi final.

Namun, tim putra yang diperkuat oleh Denny Sacul/Franky Karwur, Mario Mambu/Clif Tangkuman, Agus Kustrijanto/Anthony Soebroto dengan kapten WD Karamoy dan pelatih Santje Panelewen sudah mulai lebih mantap penampilannya.

China Hongkong, yang menurunkan pemain muda memimpin ditempat teratas dengan skor 120.70 VP. Di tempat kedua menyusul India dengan 98.25 VP, perbedaan angka yang sangat mencolok.

Indonesia setelah tampil baik hari kedua, Kamis, menyodok ke tempat ketiga dengan skor 96.39 VP, ditempel ketat oleh peringkat keempat Singapura dengan 96.30 VP diikuti China Taipei 95.79 VP.

Di nomor senior tim Indonesia A yang diperkuat oleh Harsudi Supandi/Paulus Halim, Rustam Effendy/Giovani Watulingas, Tanudjan Sugiarto/Bert Toar Polii yang juga merangkap sebagai playing captain naik satu peringkat.

Saat ini tim senior Indonesia berada di peringkat kedua dengan 92,37 VP.

Tempat pertama masih diduduki regu kuda hitam Bangladesh yang baru mulai aktif ikut turnamen bridge beberapa tahun belakangan ini. Bangladesh memimpin ditempat pertama dengan skor 102.49 VP, disusul India B di tempat ketiga dengan 91.63 VP.

Pertandingan akan dilanjutkan, Sabtu, masih dengan babak penyisihan hingga 23 Oktober 2023. Berikutnya, ajang tersebut berlanjut ke semifinal pada 24 Oktober dan final pada 25 Oktober.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”