Induk Perusahaan DFSK Ganti Nama Jadi Seres Group, Fokus Kembangkan Mobil Listrik Mewah

ulinulin.com – CHONGQING – Kesuksesan Seres sebagai salah satu brand kendaraan EV milik Sokon Group terus meningkat khususnya dalam hal penjualan di Tiongkok. Kepopuleran tersebut akhirnya memutukan untuk mengubah nama Sokon Group menjadi Seres Group dan menaungi sejumlah merk otomotif DFSK dan Seres itu sendiri. Saat ini Seres telah menjalin kerja sama dengan Huawei untuk mengembangkan kendaraan listrik premium di Cina dan beberapa negara lainnya di luar Cina.

Kerja sama antara Seres dan Huawei sebenarnya terjalin sejak tahun lalu saat memperkenalkan mobil listrik pertamanya yakni Seres SF5 di Cina. Selain itu Seres juga mampu menjual kendaraan 7.807 unit di bulan Juli dan meningkat 8.873 persen (year-per-year). Sepanjang tahun ini saja, merek kendaraan Seres telah terjual lebih dari 29.000 unit di Cina.

Setelah sukes dengan Seres SF5, Huawei dan Seres Group kemudian meluncurkan Aito pada Desember yang dilanjutkan dengan merilis Aito M5 yang kemudian membuatnya semakin dikenal oleh konsumen di Cina. SUV bertenaga hybrid ini langsung mendapatkan respons positif dari konsumen, tercatat sebanyak 6 ribu unit Aito M5 terjual dalam lima hari sejak awal dikenalkan. Selain itu, Aito dan Seres juga menghadirkan sejumlah teknologi mutakhir ke dalam M5 di antaranya ialah PETAL Map dan Harmony OS Smart Cockpit Cockpit Navigation Experience.

Pergantian nama grup perusahaan ini juga berimbas pada nama akronim saham perusahaan yang diperdagangkan di Shanghai Stock Exchange (SSE). Nama Sokon akan berubah menjadi Seres demi memfasilitasi pemahaman investor tentang posisi perusahaan dan rencana strategis yang akan dilakukan. Namun perubahan nama Sokon Group menjadi Seres Group ini tidak mempengaruhi merek otomotif yang berada di bawah naungannya salah satunya ialah DFSK.

Perjalanan bisnis kendaraan energi baru sebenarnya sudah dirintis oleh Seres Group sejak 2016 dan masih menggunakan nama Chongqing Sokon Industrial Group Co Ltd. Saat itu, Seres Group memulainya dengan melakukan investasi berkelanjutan dalam penelitian dan pengembangan dalam bidang otomotif. Hasilnya Seres Group mampu meraih prestasi dalam hal teknologi penggerak listrik, konektivitas pintar dan sistem pengendaraan otonom.

Salah satu proyek terbarunya ialah platform kendaraan yang didesain agar mampu menjelajah untuk jarak jauh dengan penggerak listrik murni. Sementara itu, Seres dan Aito telah merilis model terakhirnya yakni M7 pada Juli 2022 lalu dengan menawarkan konsep SUV listrik berdimensi bongsor dan didukung oleh tampilan kabin yang premium. Selain itu terdapat sejumlah teknologi mutakhir baik dari sisi keselamatan hingga layanan hiburan untuk penghuni kabin.

“Pengumuman resmi mengenai pergantian nama resmi Chongqing Sokon menjadi Seres dilakukan pada 31 Juli 2022 lalu. Perubahan nama menjadi Seres Group ini menjadi tekad kuat perusahaan untuk terus mengembangkan kendaraan listrik pintar di pasar mobil mewah,” kata Zhang Xinghai, Chairman of Seres.

Sementara itu, nama Seres SF5 sendiri pernah ramai di pasar otomotif Tanah Air saat PT Sokonindo Automobile, agen pemegang merk DFSK, memboyongnya di ajang IIMS 2022. Terdapat dua motor listrik yang menggerakkan keempat roda dengan daya 35 kWh dan mampu membawanya hingga 1.000 km. Meski belum dijual secara resmi di Indonesia, Seres SF5 cukup mendapatkan respons positif dari konsumen Tanah Air khususnya pecinta mobil listrik.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: CNEV Post

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”