Ingin Beli Mobil? Perhatikan 5 Tips Memilih Kredit Mobil Bekas Berikut Ini

ulinulin.com

Dewasa ini, berbagai lembaga penyedia layanan kredit sudah memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memiliki mobil. Mobil bekas kredit pun bisa ditemukan dengan berbagai merek dan model. Masih bingung bagaimana membeli mobil bekas dengan cara kredit? Ada 5 tips memilih kredit mobil bekas yang bisa Anda lakukan.

1. Memilih perusahaan pembiayaan

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas secara kredit, ada dua lembaga penyedia layanan kredit yang bisa Anda pilih, yaitu pihak leasing dan bank. Keduanya bisa memberikan layanan kredit mobil bekas maupun mobil baru. Hanya dengan melengkapi dokumen yang diminta, keinginan Anda untuk mendapatkan kredit semakin mudah.

Ada banyak lembaga perusahaan pembiayaan yang bisa Anda pilih

Beberapa perbedaan terletak pada bunga. Biasanya, bunga yang ditawarkan oleh pihak leasing lebih tinggi dibandingkan bank, bahkan ada yang mencapai 9 persen. Tetapi, pengajuan kredit bank relatif lebih sulit dibandingkan leasing. Jadi, Anda harus mempersiapkan persyaratan yang diminta.

2. Lakukan simulasi awal

Melakukan simulasi awal tentang pembiayaan kredit yang akan Anda lakukan bisa memperhitungkan uang yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Anda juga bisa menemukan simulasi kredit pada laman jual beli Cintamobil.com. Hanya dengan memasukkan harga kendaraan, jenis asuransi serta tenor (tahun), Anda bisa memperkirakan uang muka dan angsuran per bulan.

Ada simulasi kredit yang bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Lakukan simulasi dan sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Simulasi awal yang Anda lakukan bisa membantu Anda dalam menyesuaikan jenis mobil yang bisa Anda dapatkan. Pasalnya, pembayaran kredit bukan hanya tentang uang muka, tetapi juga besaran cicilan per bulan. Sesuaikan cicilan dengan pemasukan Anda setiap bulannya.

3. Pilih bunga terbaik

Lain lubuk lain ilalang. Lain bank/leasing, maka lain pula diskon maupun penawaran yang diberikan. Waktu terbaik untuk kredit mobil bekas adalah di akhir tahun atau mendekati liburan keagamaan. Pada masa itu, berbagai penyedia layanan kredit berlomba-lomba memberikan berbagai penawaran menarik seperti DP (Down Payment) ringan atau bunga murah.

Penyedia layanan kredit memiliki perbedaan dalam memberikan penawaran

Tapi perhatikan pula kelebihan dan kekurangan dari promo yang diberikan. Jika Anda memilih bank yang memberikan DP yang lebih murah, tentu saja akan membuat angsuran per bulan menjadi lebih besar. Sedangkan jika Anda membeli mobil bekas dengan bunga yang rendah mengakibatkan pembayaran pertama akan lebih mahal.

4. Mempertimbangkan biaya lainnya

Selain masalah bunga kredit, persiapkan pula biaya lainnya yang dikenakan oleh pihak leasing atau lembaga pembayaran lainnya. Jangan sampai terkejut dengan biaya tambahan yang datang tanpa disangka-sangka. Mulai dari biaya administrasi, biaya fidusia, asuransi, keterlambatan pembayaran, penalti dan banyak lainnya.

5. Fitur dan layanan

Seperti promo dan penawaran yang diberikan, perhatikan pula fitur maupun layanan yang diberikan oleh bank maupun leasing. Salah satu layanan yang bisa diberikan oleh penyedia layanan kredit seperti kemudahan akses pembayaran.

Ada banyak fitur yang ditawarkan penyedia layanan kredit

Anda bisa memilih leasing maupun bank yang memiliki banyak opsi pembayaran, seperti pembayaran lewat ATM, internet maupun mobile banking, atau e-commerce dan dompet digital lainnya. Kemudahan ini bisa membuat Anda terhindar dari keterlambatan pembayaran.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”