Ingin Meja Kerja Lebih Menarik? Cobalah Merawat 5 Tanaman Ini

ulinulin.com – Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan mengubah suasana kerjamu menjadi lebih menyenangkan. Kamu bisa melakukannya dengan meletakkan tanaman-tanaman mungil di meja kerja.

Meletakkan tanaman di meja kerja akan membuatmu menjadi lebih tenang dalam bekerja. Berbagai praktisi meditasi juga menyarankan untuk menggunakan tanaman sebagai sarana meditasi menggunakan alam.

Tanaman mungil apa saja yang bisa menjadi teman kerjamu? Berikut lima rekomendasi tanaman untuk meja kerjamu.

1. Kaktus Mini

© Pexels.com

Kaktus berukuran mini merupakan pilihan tanaman yang paling populer untuk meja kerja. Ukurannya yang kecil dapat dengan mudah diletakkan di sudut meja tanpa mengganggu pekerjaan.

Seperti tanaman pada umumnya, kaktus dapat membuat udara lebih segar. Dilansir dari Concrete Unicorn, kaktus juga merupakan salah satu tanaman yang dapat meningkatkan produktivitasmu.

Kaktus dapat diletakkan dalam sebuah pot kecil di sudut meja kerjamu. Untuk merawatnya, kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari.

Kamu hanya perlu menyiramnya sesekali karena kaktus memiliki kemampuan menyimpan air. Selain itu, jangan letakkan kaktus dekat dengan sinar matahari agar kaktus tidak cepat membusuk.

2. Bambu Rejeki

© Indorplants.io

Bambu rejeki atau lucky bamboo adalah salah satu tanaman hias yang banyak dipelihara. Kamu juga bisa memelihara tanaman ini di meja kerjamu.

Untuk merawatnya, kamu bisa menggunakan media tanam air maupun tanah. Bambu rejeki sebenarnya tidak membutuhkan air yang banyak. Kamu hanya cukup memastikan tanamanmu tetap lembab.

Jika kamu ingin merawat bambu rejeki di meja kerjamu, gunakanlah hidrogel. Media tanam hidrogel tidak akan mengotori meja kerjamu.

Kamu hanya perlu menyemprot tanaman apabila daunnya terlihat kurang segar.

Jika hidrogel mulai menyusut, kamu dapat menambahkan air hangat selama kurang lebih 30 menit hingga hidrogelnya mengembang kembali. Selain itu, gantilah hidrogel secara berkala agar bambu rejeki tidak membusuk.

3. Kalanchoe

© Pexels.com

Jika kamu ingin memberi suasana yang ceria di meja kerjamu, kalanchoe adalah tanaman yang cocok. Kalanchoe memiliki warna yang cerah sehingga dapat memberikan nuansa yang berbeda di meja kerjamu.

Kalanchoe termasuk tanaman succulent, sehingga kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari. Kamu hanya perlu menyiramnya secara berkala. Biarkan media tanamnya mengering sebelum kamu menyiramnya kembali.

Selain itu, hindari sinar matahari langsung. Letakkan kalanchoe milikmu di tempat yang teduh atau jauh dari sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari langsung akan membakar ujung daun kalanchoe.

4. Tanaman Giok

© Spacestock.com

Tanaman giok atau jade plant adalah tanaman succulent lainnya yang bisa kamu simpan di meja kerjamu. Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Seperti succulent lainnya, kamu tidak perlu menyiram tanaman giok setiap hari. Siramlah sesekali dan biarkan tanah yang menjadi media tanamnya mengering sebelum disiram kembali.

Tanaman giok membutuhkan sinar matahari langsung sekurangnya selama empat jam. Jadi, kamu bisa meletakkan tanaman giok milikmu di dekat jendela selama beberapa waktu.

5. Tillandsia

Tillandsia adalah tanaman mungil yang unik. Tillandsia dapat hidup meskipun di media tanam yang minim.

Hal ini dikarenakan tillandsia mendapatkan sebagian nutrisi yang dibutuhkan melalui udara. Itulah sebabnya tanaman ini dikenal sebagai air plant.

Menurut Hemleva, merawat tillandsia tidaklah sulit. Kamu hanya perlu merendamnya dalam air selama 15-30 menit setiap minggu.

Setelah itu, kamu harus menunggu tanaman itu kering terlebih dahulu sebelum meletakkannya kembali dalam pot atau terrarium.

Tillandsia tidak perlu ditanam dengan media tanam tanah. Kamu hanya perlu meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar cahaya langsung.

Tillandsia cocok menjadi tanaman untuk meja kerjamu karena tanaman ini menyukai sinar lampu yang terang.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tanaman untuk meja kerjamu. Kamu bisa mendapatkan berbagai tips mempercantik tempat kerjamu melalui newsletter blog Glints. Yuk, daftar sekarang!

Sumber

    4 Health Benefits of Having Succulents & Cacti In Your Home

    Airplants

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”