Ingin Membuat Video CV? Ikuti 6 Langkah Berikut

ulinulin.com – Belakangan ini muncul istilah video CV yang umumnya digunakan sebagai sarana perkenalan diri saat melamar kerja. Membuat video CV tidaklah sama dengan membuat riwayat pengalaman pada umumnya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan saat kamu ingin menampilkan diri dan kemampuanmu melalui rekaman tersebut. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ketika membuatnya.

Langkah Membuat Video CV

1. Siapkan naskah sebelum membuat video CV

© Pexels.com

Seperti membuat video pada umumnya, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah naskah. Kamu bisa memulainya dengan menentukan seperti apa konsep video CV yang akan kamu buat.

Kamu bisa membuat video ala vlog, atau menggunakan berbagai teknik editing untuk menampilkan kemampuan dan pengalaman.

Menurut Indeed, gunakan kalimat aktif saat menulis naskah agar memberikan kesan yang kuat pada video CV-mu.

2. Siapkan tempat untuk merekam video

© Freepik.com

Hal penting lainnya yang harus kamu siapkan adalah tempat untuk merekam video. Memilih tempat yang nyaman ketika membuat video sangat penting untuk kualitas rekaman CV.

Menurut The Balance Careers, carilah tempat atau ruangan dengan latar dan pencahayaan yang bagus. Sebaiknya, gunakanlah latar yang polos sehingga tidak ada potensi distraksi dalam video.

Latar yang polos juga memberikan kesan yang profesional pada video CV yang kamu buat.

Baca Juga: Tips Menulis dan Contoh CV Sederhana yang Tetap Memukau

3. Siapkan alat rekaman

© Pexels.com

Pilih alat rekaman yang dapat menangkap gambar dan audio berkualitas tinggi. Hal ini diperlukan untuk memastikan wajah tampak jelas dan suara terdengar dengan baik.

Kamu bisa memilih berbagai alat seperti kamera smartphone, tablet, atau kamera profesional.

Atur kamera cukup tinggi dan cukup jauh untuk menangkap wajah serta bahu sehingga seluruh profilmu terekam dalam bingkai kamera.

Jika kamera tidak cukup mampu menangkap suara dengan baik, gunakanlah alat perekam suara atau mikrofon eksternal yang bisa disambungkan ke kamera.

Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan hasil rekaman yang maksimal untuk membuat video CV yang berkualitas.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Situs yang Bisa Bantu Review CV-mu Berikut Ini!

4. Ambil beberapa rekaman

© freepik.com

Agar bisa membuat video CV yang berkualitas, cobalah mengambil rekaman beberapa kali. Kamu bisa menggunakan berbagai sudut ketika mengambil video atau menggunakan naskah yang berbeda.

Dengan cara ini, kamu bisa memilih rekaman mana yang paling sesuai dan efektif untuk video CV. Hal ini membuatmu tidak perlu melakukan perekaman berulang kali setelah melakukan proses editing.

5. Tambahkan beberapa foto atau video lainnya yang menunjang video CV

© Unsplash.com

Bergantung pada konten video CV yang dibuat, kamu dapat mempertimbangkan untuk memasukkan berbagai elemen penunjang seperti slide informasi, infografis, hingga portofolio.

Sebelum atau di awal proses pengeditan, kumpulkanlah semua bahan yang mungkin ingin kamu sertakan selain rekaman yang sudah kamu ambil.

Elemen-elemen ini dapat memberikan informasi tambahan secara dinamis dan menarik.

6. Edit video semenarik mungkin

© Unsplash.com

Setelah mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat video CV, langkah selanjutnya adalah mengeditnya agar terlihat menarik.

Lihat kembali semua rekaman yang kamu ambil, dan pilihlah footage terbaik. Kamu bisa menggunakan naskah untuk memudahkan mengedit video agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kamu juga dapat menambahkan visual tambahan, seperti potongan portofolio atau ilustrasi, untuk menunjukkan secara visual apa yang ingin disampaikan.

Untuk mengompilasi video, kamu dapat menggunakan berbagai software video editor yang memungkinkan kamu memotong, mengatur, dan menyimpan video.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi edit video jika kamu lebih nyaman melakukan pengeditan dari smartphone.

Baca Juga: 9 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Kamu Coba di Smartphone

Setelah selesai membuat video CV tersebut, luangkanlah waktu untuk melihat kembali apakah hasil akhirnya sesuai dengan keinginanmu.

Apabila telah sesuai dengan keinginan, kamu bisa menggunakan video CV tersebut untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa memulainya dengan melamar lowongan pekerjaan yang ada di Glints.

Glints menawarkan berbagai lowongan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian kamu.

Yuk, segera sign up dan segera lamar pekerjaanmu melalui Glints.

Sumber

    How to Make a Video Resume: Tips and Examples

    Tips for Creating a Video Resume (and When You Need One)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”