Ingin Menjadi Anggota Koperasi? Ini Dia 6 Manfaatnya

ulinulin.com – Koperasi mungkin terdengar usang di telinga kamu. Padahal, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menjadi anggota koperasi.

Saat ini, merujuk pada data BPS yang dikutip Katadata, hingga tahun 2017 ada 152.172 unit koperasi di Indonesia. Meski demikian, perlu diakui bahwa popularitasnya kian meredup.

Terlepas dari hal itu, bukan berarti tak ada yang keuntungan yang bisa kamu raup dari lembaga keuangan yang identik dengan proklamator Muhammad Hatta itu.

Lalu, apa saja manfaat menjadi anggota koperasi? Berikut rangkumannya.

1. Alternatif tempat penyimpanan uang selain bank

© Pexels.com

Selama ini, kamu mungkin hanya mengenal bank sebagai lembaga penyimpanan uang. Padahal, kamu juga bisa menabung melalui koperasi.

Menabung di koperasi mungkin terdengar kuno. Akan tetapi, ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan menabung di koperasi.

Biasanya, koperasi memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank kepada anggota koperasi.

Selain itu, koperasi juga dikenakan pajak yang lebih rendah. Hal ini membuat koperasi bisa menjadi pilihan alternatif untuk investasi.

2. Kemudahan dalam meminjam uang

© Freepik.com

Salah satu fungsi koperasi adalah memberikan pinjaman kepada anggotanya. Koperasi yang memberikan pinjaman kepada anggotanya ini disebut sebagai koperasi simpan pinjam.

Berbeda dengan bank, koperasi memberikan berbagai kemudahan bagi anggotanya untuk mendapatkan pinjaman. Kamu hanya perlu mengajukan proposal peminjaman beserta identitas diri kepada pengurus koperasi.

Proposal tersebut digunakan untuk menjelaskan tujuan penggunaan dana pinjaman, misalnya untuk modal usaha. Pengurus koperasi kemudian akan memutuskan apakah pengajuan pinjaman disetujui atau tidak.

3. Barang yang dijual di koperasi relatif lebih murah

© Freepik.com

Selain memfasilitasi anggota koperasi untuk menyimpan dan meminjam uang, koperasi juga menjual berbagai barang kebutuhan anggota dan masyarakat sekitar.

Umumnya, barang-barang yang dijual tersebut memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Bahkan, biasanya koperasi juga memberikan diskon khusus kepada anggota koperasi.

Membeli barang di koperasi tentunya akan membuatmu lebih berhemat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan setiap tahun dari hasil penjualan barang-barang tersebut dalam bentuk sisa hasil usaha.

4. Mendapatkan laba usaha setiap tahun

© Freepik.com

Setiap tahunnya, setiap anggota akan menerima sisa hasil usaha (SHU).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, sisa hasil usaha adalah pendapatan Koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan.

Sebagai anggota koperasi, kamu berhak mendapatkan sisa hasil usaha ini. Ketentuan pembagian hasil usaha ini diatur sesuai dengan kesepakatan seluruh anggota melalui rapat anggota.

5. Memperluas jaringan usaha

© Freepik.com

Anggota koperasi tidak hanya berperan sebagai konsumen, namun juga sebagai produsen. Untuk itu, koperasi mendorong anggotanya yang memiliki usaha untuk menjual produk usahanya melalui koperasi.

Jika kamu memiliki usaha, kamu bisa menjual produk usahamu melalui koperasi.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan pelanggan tidak hanya dari anggota koperasi, tetapi juga dari masyarakat yang berada di sekitar koperasi tersebut.

6. Mendapatkan berbagai pelatihan

© Cambridgechinacentre.org

Salah satu tujuan koperasi adalah untuk menyejahterakan anggotanya. Untuk itu, koperasi akan melakukan program-program yang sesuai dengan kebutuhan anggotanya.

Sering kali, koperasi mengadakan berbagai pelatihan untuk anggotanya. Pelatihan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan profesi dari anggotanya.

Misalnya, koperasi petani akan mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan pemeliharaan tanaman.

Sebagai anggota koperasi, tentunya kamu berkesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan ini. Terlebih, biaya operasional untuk melakukan pelatihan ini diambil dari dana koperasi.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu membayar apapun.

Selain manfaat-manfaat yang sudah dijelaskan di atas, masih ada berbagai manfaat lainnya.

Menjadi anggota koperasi akan melatih kemampuan kamu dalam berorganisasi. Kemampuan berorganisasi ini juga penting dalam dunia kerja.

Kalau kamu ingin terus mendapatkan informasi keuangan seperti ini, kamu bisa melakukannya jika berlangganan newsletter blog Glints.

Cukup daftar secara gratis, kamu akan mendapat banyak informasi bermanfaat langsung di dalam inbox-mu.

Tunggu apa lagi? Yuk, sign up!

Sumber

    Berapa Jumlah Koperasi di Indonesia?

    Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”