Ingin Minta Naik Jabatan di Tengah Pandemi, Bagaimana?

ulinulin.com – Apakah kamu merasa bahwa sudah waktunya jabatanmu naik? Lantas, tiba-tiba saja, pandemi datang mempersulit keuangan perusahaan. Kamu pun menjadi bingung, apakah bijak untuk minta promosi saat pandemi corona?

Jika memang boleh dilakukan, apakah langkah dan triknya berbeda dengan meminta promosi biasanya?

Artikel dari Glints ini adalah jawaban dari rasa gundahmu. Simak, yuk!

Pertimbangan Sebelumnya

© Nestle.co.th

Addie Swartz, CEO dari reacHIRE, menyampaikan pada The Ladders bahwa minta promosi saat wabah corona boleh saja dilakukan.

Akan tetapi, ada berbagai konteks dan situasi yang wajib kamu pahami.

Jika perusahaan tempatmu bekerja terlihat kesulitan, semua orang sangat sibuk dan pusing, beberapa pekerja mengalami potong gaji bahkan PHK, ini mungkin bukan saat yang tepat.

Sebenarnya, hal ini berlaku untuk minta promosi dalam situasi apa pun, tak hanya saat wabah corona.

Pasalnya, promosi bukan cuma soal berganti jabatan dan tanggung jawab baru, melainkan juga kenaikan gaji dan keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan.

Padahal, banyak industri yang ada di tengah kesulitan keuangan karena kesulitan ekonomi, yang akan dipersulit lagi jika ada pekerjanya yang naik upahnya.

Hal yang menjadi prioritas saat ini mungkin adalah job security.

Apabila yang terjadi adalah sebaliknya, perusahaanmu sukses dan sedang ada di puncak, sah-sah saja meminta promosi meski tengah wabah.

Tips Melakukannya

© Forbes.com

Tentu saja, berbagai tips meminta promosi secara umum sudah menjadi kewajiban untuk kamu terapkan.

Misalnya, memiliki bukti nyata kesiapan, membekali diri dengan skill yang dibutuhkan, punya berbagai gebrakan dan ide, serta berbagai tanda layak naik jabatan lainnya.

Akan tetapi, Addie Swartz juga menambahkan pada The Ladders, untuk mencari aman, karena tengah pandemi corona, kamu bisa minta promosi saat ini secara tidak langsung.

Misalnya, katakan soal kesiapan dan semangatmu untuk dipromosikan, serta tanyakan timeline promosi di tengah wabah, alih-alih langsung meminta promosi.

Penyampaian seperti ini akan tetap membuat keinginanmu tersampaikan, namun kamu tetap terlihat memahami bahwa sekarang adalah situasi yang sulit.

Tenang, bukan tidak mungkin permintaan promosimu dikabulkan saat wabah corona. Tentu saja, kamu juga harus bekerja keras dan mau berusaha untuk meraih hal itu.

Salah satu contohnya adalah Raquel Cona, pekerja perusahaan hubungan masyarakat, yang menyampaikan ceritanya pada Fortune.

Ia tahu sejak awal bahwa, dengan pengalaman, kerja keras, dan durasi kerjanya, pada April lalu, ia seharusnya mendapatkan promosi.

Dengan alasan pandemi, ia tidak yakin janji promosi itu akan ditepati. Namun, ia tetap bekerja keras dan berusaha tetap memberikan yang terbaik, meski harus bekerja dari rumah.

Ternyata, kerja ekstra itu terbayarkan. Ia benar-benar mendapatkan promosi di waktu yang seharusnya.

Bagaimana Jika Ditolak atau Ditunda?

© Freepik.com

Apakah saat ini kamu sudah minta promosi, namun ditolak atau ditunda karena sedang pandemi corona?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima keputusan itu dengan lapang dada. Faktor di luar diri memang tidak bisa dikendalikan.

Dikutip dari The Ladders, ini juga kesempatan besar bagimu untuk menambah lagi nilai plus dirimu di mata perusahaan.

Lempar ide, inisiatif, dan lakukan hal-hal yang bisa membantu tim maju dan tetap bertahan dalam situasi wabah.

Barangkali, setelah pandemi berakhir dan bisnis kembali seperti sediakala, kamu menjadi orang pertama yang mendapatkan kenaikan jabatan.

Selain itu, merangkum CNBC, kamu juga bisa melihat kembali timeline promosi dan melakukan perencanaan ulang berdasarkan timeline tersebut.

Di luar promosi ke jabatan yang kamu inginkan, ada juga alternatif untuk mengubah titel pekerjaanmu dan mendapat kenaikan gaji. Misalnya, menjadi senior dalam jabatanmu.

Selain itu, membuat jabatan baru yang bersifat campuran untuk menjembatani jabatanmu sekarang dan jabatan yang kamu inginkan juga bisa menjadi pilihan.

Itulah informasi dari Glints soal minta promosi saat wabah corona masih ada di sekitar kita.

Meminta kenaikan jabatan bisa menjadi bukti bahwa kamu peduli dengan diri dan kariermu. Akan tetapi, jika kurang tepat membaca situasi, melakukannya malah bisa menjadi bumerang untukmu.

Jadi, selalu berhati-hati, ya!

Selain pertimbangan dan trik di atas, ada banyak hal yang juga bisa kamu lakukan agar mendapat promosi kerja. Apakah kamu masih bingung, apa saja hal itu?

Kamu bisa mengetahui semuanya berdasarkan pengalaman dari para pekerja di Glints Komunitas.

Glints Komunitas adalah wadah pengguna Glints berkumpul untuk berdiskusi soal karier dan pekerjaan.

Tunggu apa lagi, gabung sekarang, yuk!

Sumber

    How to get a promotion while working from home during the Coronavirus pandemic

    How to get promoted while working remotely

    Should you ask for a raise or promotion during the Coronavirus pandemic?

    How to deal with a promotion being put on hold as a result of the pandemic

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”