Ingin Tahu Penyebab Kulit Gelap? Baca Selengkapnya Di Sini!

ulinulin.com – Tidak aneh saat orang Indonesia bilang ingin punya kulit yang putih. Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mendapatkan kulit putih bersih. Mulai dari lulur, lotion pemutih, mandi susu, hingga infus vitamin sebagai upaya mendapatkan warna kulit idaman, yaitu yang lebih cerah dan bersih.

Entah kenapa orang Indonesia banyak yang ingin memiliki kulit putih bersih. Walaupun ada yang berkulit putih, berbeda dengan putih bule atau Asia Timur, Indonesia cenderung kuning langsat. Mungkin karena mayoritas kulitnya sawo matang, kali, ya?

Walau bagaimana pun, warna kulit adalah pemberian Tuhan yang seharusnya disyukuri. Akan tetapi, demi menjawab pertanyaan banyak orang kenapa kulit bisa menggelap, Kamini akan membahasnya di bawah ini.

Kenapa Kulit Gelap?

* sumber: www.instagram.com

Dr Nick Lowe dari Klinik Cranley adalah salah satu dokter kulit terkemuka di London. Dr Lowe dan timnya adalah pakar dalam semua kondisi serta perawatan kulit, rambut, dan kuku. Menurut Dr Nick Lowe, kulit menjadi lebih gelap karena pigmentasi. Bagaimana terjadinya pigmentasi? Semua bermula ketika kulit terpapar sinar UVA yang menembus jauh ke dalam kulit dan menyebabkan penuaan.

Sinar UVA menstimulasi sel-sel pigmen yang disebut sebagai melanosit untuk memproduksi pigmen yang bernama melanin. Pigmen ini bertanggung jawab untuk membuat kulit terlihat lebih gelap. Produksi melanin ini sebenarnya merupakan upaya untuk mencegah timbulnya kanker kulit.

Akan tetapi, warna kulit tidak hanya dipengaruhi oleh melanin. Faktor keturunan (genetik), lingkungan, makanan dan minuman (gizi), serta penyakit bisa mempengaruhi warna kulit seseorang. Selengkapnya, mari simak lebih lanjut tentang penyebab-penyebab kulit menjadi gelap.

Penyebab Kulit Gelap

1. Kulit Kering

Salah satu penyebab kulit terlihat gelap adalah karena kulitnya kusam. Jika kulit kusam, berarti kulit Anda dalam kondisi kurang kelembaban alias kering. Cara mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan pelembab saat pagi dan malam hari agar kulit terhidrasi dengan baik.

2. Jarang Eksfoliasi

* sumber: www.nikiaphoenix.com

Pernahkah Anda mendengar tips untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan lulur? Lakukanlah, karena tips ini benar adanya. Walaupun tidak akan membuat kulit Anda langsung kinclong bersinar, jika rutin eksfoliasi atau lulur, maka sel kulit mati dan kotoran akan terangkat dari kulit. Sehingga, kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah.

Anda bisa menggunakan lulur wajah yang baik dengan melihat merk recommendednya di artikel Merk Lulur Wajah yang Bagus. Sedangkan rekomendasi merk lulur badan yang bagus ada di artikel Merk Lulur untuk Memutihkan Wajah.

3. Panas-panasan

Sepertinya semua orang sudah tahu kalau panas-panasan itu otomatis kulit Anda bakal gosong. Kadang kulit Anda jadi “belang” karena ada bagian tubuh yang tertutup pakaian. Lebih menyebalkan lagi ketika muncul bercak-bercak cokelat atau hitam yang terlihat mengganggu.

Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tabir surya. Sunscreen, sunblock, alias tabir surya wajib dimiliki oleh orang-orang yang aktif di luar ruangan. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang merupakan pemicu munculnya pigmentasi.

4. Hormon

* sumber: fitlife.tv

Tahukah Anda, kalau hormon merupakan faktor penyebab kulit gelap yang sangat berpengaruh? Wanita yang sedang menstruasi, mengandung, pemakaian alat kontrasepsi, mengonsumsi pil KB, atau menopause biasanya terganggu keseimbangan hormon estrogen dan progesteronnya. Makanya, ketika waktu-waktu tersebut terjadi, kulit bisa menjadi lebih gelap. Biasanya hal ini terjadi pada area wajah, leher, dan lipatan tubuh.

Hormon juga merupakan penyebab malesma, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan perubahan warna kulit wajah. Perubahannya terletak pada kemunculan bercak cokelat, hitam, atau abu (tergantung skintone).

5. Iritasi

Penyebab lainnya yang membuat kulit jadi gelap adalah iritasi. Jika Anda jerawatan parah, maka sangat mungkin jerawat itu akan meninggalkan bekas. Nah, bekas jerawat tersebutlah yang membuat kulit jadi gelap. Iritasi tidak melulu ketika kulit terluka, bisa saja karena Anda terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung. Makanya, jangan lupa pakai sunblock, ya!

6. Kurang Air Putih

Semua masalah nampaknya dapat diselesaikan dengan air. Kulit Anda kering? Minum air! Ingin langsing? Minum air! Tidak mau kulit menggelap? Ya minum air juga!

Selain menghilangkan dahaga, air memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh Anda, untuk segi kecantikannya yaitu dapat melembabkan dan mengencangkan kulit. Sekurang-kurangnya minumlah 8 gelas air setiap hari, ya!

7. Gizi Tidak Seimbang

Bukan cuma kalau kekurangan air, ternyata jika tubuh diberi asupan gizi yang tidak seimbang, kulit pun bisa terkena dampaknya. Begitu pula orang yang malas makan sampai malnutrisi, kulitnya bisa jadi kusam, kering, dan menghitam, loh!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”