Ingin Wujudkan Kendaraan Bebas Resiko Tabrakan, Honda Kembangkan Artificial Intelligence

ulinulin.com – TOKYO – Setelah sukses dengan Honda Sensing yang merupakan fitur keselamatan aktif, kini Honda Motor Co., LTD. memperkenalkan teknologi keselamatan untuk masa depan yang diproyeksikan digunakan pada 2050 mendatang. Kehadiran teknologi keselamatan terbaru ini diklaim Honda untuk mewujudkan kendaraan yang bebas dari resiko tabrakan di jalan raya. Kabarnya Honda akan menggunakan dua teknologi utama dalam fitur ini yakni Intelligent Driver-Assistive Technology dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) dan Safe and Sound Network Technology.

Dengan bantuan Intelligent Driver-Assistive Technology dan AI ini fitur yang dibenamkan pada kendaraan Honda nantinya akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara yang lengah. Teknologi ini akan berfokus pada pengemudi dengan menggunakan sensor ADAS (Advanced Driver-Assistance System) dan kamera untuk mengenali potensi risiko di sekitar kendaraan dan memungkinkan AI mendeteksi risiko mengemudi. Pada saat yang sama, AI akan menentukan perilaku mengemudi yang optimal secara real-time dan menawarkan bantuan yang sesuai dengan keadaan kognitif dan situasi lalu lintas dari setiap individu pengemudi.

Selain itu, fitur keselamatan ini juga akan menggunakna teknologi Safe and Sound Network Technology yang menghubungkan semua pengguna jalan, baik individu dan kendaraan melalui telekomunikasi. Secara akan memprediksi secara otomatis potensi kecelakaan dan membantu orang menghindari risiko tersebut sebelum tabrakan benar-benar terjadi.

Honda juga menjelaskan bagaimana teknologi ini bisa bekerja secara maksimal saat nanti diterapkan pada kendaraanya. Teknologi ini akan mengumpulkan data dengan mendeteksi informasi yang diperoleh dari berbagai kamera yang ada di sekitar jalan, mobil dan smartphone dan menyimpannya di suatu server secara virtual. Setelah itu, sistem juga akan memprediksi atau mensimulasikan perilaku pengguna jalan yang berisiko tinggi tabrakan dan membantu pengguna jalan menghindari risiko tabrakan.

“Honda berusaha untuk sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang di berbagai jalan dengan menawarkan teknologi keselamatan yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global oleh 2050. Kami akan semakin mempercepat seluruh industri kami demi mewujudkan tujuan kami untuk menghilangkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global,” kata Keiji Ohtsu, President and Representative Director of Honda R&D Co.

Namun sebelum sampai ke teknologi tersebut, Honda akan memperkenalkan Honda SENSING 360 yang disematkan di seluruh kendaraan Honda pada 2030 mendatang. Teknologi ini menawarkan keamanan omnidirectional dan sistem bantuan pengemudi untuk menghindari terjadinya benturan di jalan raya. Selain itu, Honda akan terus berlanjut bekerja untuk memperluas aplikasi fungsi deteksi sepeda motor dan lebih meningkatkan fungsi ADAS, bantuan pengemudi tingkat lanjut. ALVANDO NOYA / RS

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”