Ini 6 Manfaat Mendengarkan Podcast untuk Produktivitas

ulinulin.com – Tahukah kamu? Selain membantu melepas penat, mendengarkan podcast memiliki berbagai manfaat untuk produktivitasmu.

Podcast saat ini menjadi salah satu bentuk hiburan yang cukup tenar belakangan ini. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu mendengarkannya ibarat mendengarkan musik.

Apa saja manfaatnya? Simak rangkuman Glints berikut.

Manfaat Mendengarkan Podcast

1. Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku

© Freepik.com

Berdasarkan hasil penelitian Sage Publication yang dikutip dari Entrepreneur, mendengarkan podcast memberikan rangsangan yang sama dengan membaca membaca buku.

Mendengarkan podcast merangsang otak untuk menerima informasi dengan cara yang sama dengan membaca buku.

Selain itu, mendengarkan podcast merangsang otak menghasilkan gambar yang lebih jelas dalam pikiran, jauh lebih cepat dan mudah daripada dalam bentuk buku.

Hal ini membuatmu akan terasa lebih terangsang secara emosional dan tertarik pada cerita atau narasi dari podcast tersebut.

2. Mendapatkan pengetahuan baru

© Pixabay.com

Manfaat podcast tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sumber informasi yang bagus.

Melalui rekaman audio ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang bisa digunakan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak podcast yang memiliki segmen diskusi dengan menghadirkan berbagai ahli. Hal ini membuat informasi yang kamu dapatkan bukanlah sekedar opini.

Ada berbagai genre podcast yang bisa kamu dengarkan. Kamu bisa menemukan podcast tentang keuangan hingga informasi dan tips seputar gaya hidup mindfulness.

3. Membantumu mengembangkan diri

© Freepik.com

Ada banyak podcast pengembangan diri yang saat ini tersedia di berbagai platform dan aplikasi podcast. Podcast-podcast tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan berbagai informasi seputar pengembangan diri.

Kamu juga bisa mengambil manfaat dari podcast untuk mempersiapkan pengembangan karier dengan mendengarkan rekaman yang sesuai dengan pekerjaanmu.

Ada banyak podcast yang dapat mengajarkan kamu mengenai bidang studi dan karier tertentu.

Misalnya, podcast yang berfokus pada produktivitas dan teknologi seperti Supercharged dan Back to Work atau podcast yang berfokus pada UX design.

4. Memberikan inspirasi

© Freepik.com

Huffpost menyebutkan bahwa mendengarkan podcast dapat memberikan inspirasi, terutama jika kamu bekerja di bidang kreatif.

Sebagian besar rekaman audio itu membahas berbagai topik terkini dari sudut pandang yang berbeda-beda. Hal ini membuatmu dapat memahami tersebut dari berbagai perspektif.

Mendengarkan podcast-podcast ini akan merangsang kamu menjadi lebih kritis, kreatif, serta mendapatkan inspirasi-inspirasi yang menarik.

5. Menemani saat bekerja

© Pexels.com

Kamu dapat mendengarkan podcast dalam perjalanan, sambil menunggu dalam antrean atau di pesawat.

Selain itu, kamu juga dapat mendengarkannya saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari yang menghabiskan begitu banyak waktu, seperti mencuci atau memasak.

Kamu juga bisa mendengarkan rekaman ini sambil bekerja. Podcast memiliki manfaat dengan menjadi temanmu ketika mengerjakan tugas jika kamu merasa sedikit kesepian saat bekerja, terutama saat WFH.

6. Membantumu menjadi pendengar yang baik

© Pexels.com

Karena rekaman ini berfokus pada mendengarkan, mendengarkan podcast akan membantumu untuk lebih dari sekadar mendengarkan.

Podcast memungkinkanmu untuk menjadi bagian dari apa yang kamu dengarkan, dan memicu untuk mendengarkan dan memperhatikan.

Kemudian, kamu menggunakan imajinasi untuk membentuk gambar dari cerita tentang apa yang didengarkan.

Podcast merangsang berbagai bagian otak, memaksamu untuk secara aktif mendengarkan, terutama jika itu adalah topik yang benar-benar kamu minati.

Nah, sekarang kamu jadi tahu bukan? Ternyata mendengarkan podcast tidak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang atau menemanimu saat bekerja saja.

Ada banyak sekali manfaat-manfaat mendengarkan podcast yang bisa kamu terapkan untuk pengembangan diri dan karier kamu.

Selain podcast, kamu juga bisa menerapkan berbagai tips pengembangan diri dan karier dari Glints, lho. Caranya dengan mendaftarkan diri kamu untuk mendapatkan newsletter mingguan dari Glints.

Cukup berlangganan secara gratis, kamu akan mendapatkan informasi-informasi tersebut langsung di inbox-mu.

Yuk, sign up!

Sumber

    Five Reasons To Listen To Podcasts

    Listen up! 4 Reasons Why Podcasts are One of the Best Life Hacks Around

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”