Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/02/O1Na1YSZ/checkthumbnail-96cd.jpg”>

Agar dapat merawat kendaraan dengan baik, tentu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya mengenai cara mencuci kendaraan. Banyak orang memilih mencuci kendaraan, termasuk mobilnya dengan menggunakan deterjen cuci piring. Namun, banyak yang beranggapan bahwa deterjen cuci piring berbahaya bila digunakan untuk mencuci mobil. Bagi Anda yang belum banyak mengetahui berikut ini ulasan alasan untuk tidak menggunakan deterjen pencuci piring untuk mencuci mobil:

Mengapa deterjen pencuci piring banyak dipilih?

Pembersih cuci piring lebih murah dan lebih mudah didapat

Banyak pemilik mobil lebih memilih mencuci mobilnya sendiri dengan menggunakan detergen pencuci piring, alasannya tentu karena harganya tergolong murah, apalagi bila dibandingkan dengan harga sabun khusus untuk pencuci mobil. Sebagian besar orang beranggapan bahwa hasil mobil yang dicuci dengan deterjen cuci piring sama – sama bersih seperti halnya mencuci mobil dengan menggunakan sabun khusus cuci mobil, karena sama dapat menghilangkan noda – noda minyak, lumpur hingga oli.

Alasan lainnya adalah deterjen cuci piring dapat dengan mudah didapatkan di warung – warung terdekat di rumah. Berbeda halnya dengan sabun khusus cuci mobil yang untuk memperolehnya Anda perlu membeli di toko otomotif atau toko yang khusus menjual kebutuhan kendaraan.

Alasan deterjen cuci piring berbahaya untuk mencuci mobil

Lalu apa sebenarnya alasan untuk tidak boleh menggunakan deterjen pencuci piring untuk mencuci mobil? Berikut ini beberapa alasannya mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan deterjen pencuci piring untuk mencuci mobil Anda, yaitu :

1. Menyebabkan efek buruk jangka panjang

Deterjen pencuci piring yang notabene memiliki sifat panas dapat menyebabkan efek buruk jangka panjang terhadap mobil Anda. Sifat panas ini dapat berpengaruh pada warna eksterior kendaraan yang berubah menjadi kusam dan tidak berkilau bila Anda tetap memaksakan mencuci mobil Anda dengan deterjen cuci piring. Penggunaan detergen dalam waktu lama juga dapat menyebabkan gores dan warna yang memudar pada mobil Anda.

Kondisi mobil yang banyak goresan hingga warnanya yang pudar akibat seringnya mencuci menggunakan deterjen cuci piring dapat berdampak besar pada Anda. Bukan tidak mungkin nantinya Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengganti bodi mobil yang rusak akibat dari perawatan yang salah tersebut.

Jika tak ingin mencuci mobil sendiri, bawa ke car wash untuk mendapatkan hasil pencucian maksimal

2. Tidak ramah tangan

Hal lainnya adalah produk deterjen pencuci piring tidak ramah tangan. Sifat panas yang disebabkan dapat mengurangi kenyamanan saat Anda mencuci mobil, apalagi bila tanpa menggunakan sarung tangan. Tangan Anda dapat terasa panas, kering, hingga efek lain seperti permukaan telapak tangan yang kasar dan mengelupas.

3. Penggunaan deterjen cuci piring pada saat mencuci mobil

Untuk menghemat pengeluaran perihal sabun cuci mobil, Anda tetap dapat menggunakan deterjen cuci piring. Tetapi detergen hanya boleh digunakan untuk mencuci bagian – bagian tertentu saja. Deterjen cuci piring dapat Anda gunakan untuk mencuci bagian kaki – kaki atau roda – roda saja, dan bagian bodi tetap dicuci dengan sabun khusus pencuci mobil. Dengan mengkombinasikan 2 jenis sabun tersebut, tentu penggunaan sabun khusus pencuci mobil Anda dapat lebih hemat, sehingga pengeluaran terkait perawatan dan pencucian kendaraan dapat lebih ditekan.

Jadi bila Anda menginginkan mobil Anda memiliki tampilan yang prima dalam waktu yang lama, pastikan Anda melakukan perawatan yang tepat untuk mobil Anda. Alasan untuk tidak menggunakan deterjen pencuci piring untuk mencuci mobil di atas dapat menjadi salah satu pengetahuan tambahan untuk Anda.

Deterjen pencuci piring tidak ramah di tangan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”